Home Mac Tutorial Cara Install Windows 10 di Mac via Parallels

Tutorial Cara Install Windows 10 di Mac via Parallels

Tutorial Cara Install Windows 10 di Mac via Parallels

Semua pasti sudah tahu ketika kamu beli Mac atau MacBook, tidak ada Windows di dalamnya. Untung Apple sudah menyertakan OS X atau macOS di dalam Mac dan MacBook sebagai sistem operasi bawaan. Jadi kamu tidak perlu lagi membeli sistem operasi terpisah.

Meskipun demikian, harus diakui bahwa saat ini sistem operasi Windows 10 masih populer. Jumlah aplikasi dan software Windows 10 jauh lebih banyak daripada Mac. Oleh karena itulah, kamu mungkin tidak akan menemukan software dan aplikasi Windows di Mac.

Dengan demikian, kamu mau tidak mau harus install Windows untuk bisa download dan install software Windows tersebut ke Mac. Untungnya kamu bisa install Windows ke Mac, termasuk Windows 10 yang paling baru sekalipun.

Baca Juga:

Pilihan terbaik tentu saja dual boot Windows dan Mac. Dengan melakukan dual boot, Windows dan Mac akan berjalan sendiri-sendiri. Efeknya adalah, Windows bisa menggunakan semua hardware Mac dan MacBook kamu dengan kemampuan penuh.

Kekurangannya adalah, kamu tidak bisa beralih dari Windows ke Mac dalam waktu yang bersamaan. Kamu harus mematikan Windows atau shut down Windows untuk menggunakan Mac, dan juga sebaliknya.

Solusi terbaik adalah menggunakan mesin virtual. Software untuk install Windows di mesin virtual kali ini adalah Parallels Desktop for Mac atau yang cukup dikenal dengan nama Parallels saja. Versi terbaru adalah Parallels 12 yang merupakan versi terbaik yang pernah ada.

Parallels ini sudah cukup terkenal dalam masalah virtualisasi Windows ke Mac atau MacBook yang menggunakan sistem operasi OS X atau macOS terbaru. Bahkan hingga kini, Parallels hanya tersedia eksklusif di Mac OS X dan macOS saja.

Hal ini seakan menunjukkan bahwa memang spesialisasi Parallels ini adalah membuat mesin virtual Windows terbaik untuk Mac. Bahkan ketika Windows 10 dirilis, Parallels begitu gencar promosi tentang software milik mereka ini.

Setelah saya coba, ternyata Parallels memang memiliki kemampuan lebih dari sekedar membuat mesin virtual Windows. Kemampuan unik seperti coherence membuat Parallels ini beda dari software sejenis seperti VMWare Fusion.

Nah sekarang, bagaimana cara install Windows 10 ke Mac dengan menggunakan Parallels Desktop for Mac ini? Berikut ini adalah tutorial cara install Windows 10 di Mac dengan Parallels.

  1. Pertama adalah Install dulu Paralles Desktop for Mac. Kamu bisa download gratis Parallels di situs resmi Parallels lalu install Parallels Desktop for Mac ke Mac atau MacBook kamu.
    Tutorial Cara Install Windows 10 di Mac via Parallels
  2. Siapkan file ISO Windows 10 yang kamu inginkan. Kamu bisa download gratis Windows 10 di situs resmi Microsoft ini. Letakkan file ISO tersebut di direktori yang bisa kamu jangkau.
  3. Setelah kamu sudah install Parallels dan juga sudah punya file ISO, langsung saja kamu buka Parallels.
  4. Jika kamu belum pernah menggunakan Parallels, kamu akan masuk ke tampilan Parallels Wizard seperti pada gambar di bawah ini.
  5. Pilih Install Windows or Another OS From a DVD or Image Files untuk melakukan install Windows 10 ke Mac melalui file ISO. Klik Continue.Tutorial Cara Install Windows 10 di Mac via Parallels
  6. Langkah berikutnya adalah memilih file ISO yang kamu mau. Pastikan kamu ingat kamu meletakan file tersebut di mana.
    Tutorial Cara Install Windows 10 di Mac via Parallels
  7. Langkah berikutnya adalah memasukkan serial key Kamu bisa beli lisensi Windows langsung ke Microsoft dan kamu akan mendapatkan lisensi Windows beserta serial key Windows 10. Klik Continue.
    Tutorial Cara Install Windows 10 di Mac via Parallels
  8. Pilih pengaturan otomatis Windows dengan memilih sesuai kebutuhan kamu dalam menggunakan Windows. Pilih saja terserah yang kamu mau karena pada akhirnya kamu bisa mengganti lagi pengaturan tersebut secara manual setelah Windows 10 berhasil terinstal.
    Tutorial Cara Install Windows 10 di Mac via Parallels
  9. Kamu tinggal memilih direktori di mana meskin virtual Parallels akan disimpan. Klik Continue.
    Tutorial Cara Install Windows 10 di Mac via Parallels
  10. Tunggu hingga proses install Windows 10 dimulai dengan munculnya kotak dialog install Windows 10 seperti di bawah ini.
    Tutorial Cara Install Windows 10 di Mac via Parallels
  11. Ikuti semua langkah-langkah sama seperti kamu install Windows pada umumnya dan kamu sudah berhasil masuk ke desktop Windows 10.
    Tutorial Cara Install Windows 10 di Mac via Parallels
  12. Ketika kamu masuk ke desktop Windows 10, kamu akan melihat ada instalasi aneh yang tidak kamu ketahui. Itu adalah instalasi driver dan komponen dari Parallels agar Windows bisa bekerja dengan baik menggunakan semua hardware Mac dan MacBook kamu.
    Tutorial Cara Install Windows 10 di Mac via Parallels
  13. Setelah selesai, langsung kamu aktifkan saja Windows ke menu Setting – Update & Security – Activation. Jangan lupa koneksi internet ya. Tunggu hingga aktivasi selesai.
    Tutorial Cara Install Windows 10 di Mac via Parallels
  14. Kamu sudah berhasil install Windows 10 di Mac via Parallels.

Kinerja Windows di Parallels ini tidak berat dan juga tidak lambat. Kamu bisa membuka dan menutup aplikasi dan software Windows dengan sangat cepat dan lancar. Sejauh ini masih belum ada lag yang berarti.

Mungkin karena saya masih install aplikasi Windows 10 dari Windows Store dan juga menggunakan aplikasi bawaan. Menjalankan software yang berat mungkin saja juga akan membuat Windows terasa berat, lambat dan lemot.

Namun kamu tidak perlu khawatir, karena kamu bisa mencegah agar Windows 10 tidak berat dan lambat ketika dijalankan di mesin virtual seperti Parallels Desktop for Mac ini. Baca: Tips Menjalankan Windows di Mesin Virtual.

Dengan install Windows 10 di Parallels Desktop for Mac, kamu bisa menjalankan Windows 10 dan Mac OS X atau macOS bersama-sama tanpa harus mematikan salah satu OS untuk menggunakan OS lain.

Bagaimana? Sudah coba install Windows 10 ke Mac dengan Parallels Desktop for Mac?

Share pengalaman kamu ke kolom komentar ya, dan jangan lupa follow akun Twitter kita 😀

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong