Home Mac Cara Install Ubuntu di Mac dan MacBook via Parallels

Cara Install Ubuntu di Mac dan MacBook via Parallels

Cara Download dan Install Ubuntu di Mac dan MacBook

Ubuntu adalah salah satu distro linux yang paling populer di dunia. Salah satu kelebihan Ubuntu adalah bersifat Open Source, sehingga bebas dikembangkan dan digunakan oleh siapa saja, dan tentu saja gratis.

Ubuntu juga terkenal cukup ringan dijalankan di mesin virtual seperti VirtualBox, VMWare, dan lain sebagainya. Kali ini, kita akan belajar bagaimana cara install Ubuntu di Mac atau MacBook dengan menggunakan software virtualisasi Parallels Desktop for Mac.

Karena menggunakan mesin virtual, maka kamu tidak perlu proses dual boot Ubuntu dan Mac. Proses dual boot hanya bisa dilakukan di real machine saja, sehingga lebih praktis di mesin virtual saja tanpa perlu dual boot.

Mengapa saya menggunakan Parallels? Karena kamu bisa install Ubuntu secara otomatis menggunakan Parallels. Kamu tidak perlu pergi ke situs Ubuntu untuk download ISO Ubuntu secara manual lalu melakukan proses install Ubuntu ke Mac secara manual.

Dengan Parallels, yang perlu kamu siapkan hanya koneksi internet saja. Parallels akan download ISO Ubuntu dan melakukan install Ubuntu ke Mac dan MacBook secara otomatis. Kamu bisa langsung menggunakan Ubuntu tanpa perlu repot.

Untuk melakukannya, tentu saja kamu perlu software Parallels ini. Parallels ini kompatibel untuk OS X lawas atau macOS terbaru sekalipun. Kamu bisa lihat tutorial install Parallels di sini. Baca: Cara Install Parallels Desktop for Mac.

Setelah berhasil install Parallels Desktop for Mac, kamu akan masuk ke halaman Parallels Wizard. Jika belum, cukup klik menu File – New dan kamu akan masuk ke tampilan Parallels Wizard.

Di tampilan Parallels Wizard, pilih Ubuntu di bagian Free Systems. Lalu klik Continue.Cara Download dan Install Ubuntu di Mac dan MacBook

Informasi Ubuntu yang akan diinstall di Mac dan Macbook akan bisa terlihat di sini. Klik Download untuk memulai proses download Ubuntu.

Cara Download dan Install Ubuntu di Mac dan MacBook

Proses download dan install Ubuntu akan berjalan otomatis. Yang perlu kamu lakukan hanya menunggu hingga semua selesai. Berdoa saja tidak ada masalah di sistem Ubuntu kamu 😀

Cara Download dan Install Ubuntu di Mac dan MacBook

Setelah proses install selesai, kamu akan melihat Ubuntu sudah terinstal dengan baik. proses terakhir adalah menginstal Parallels Tools Installation Agent. Instalasi ini otomatis, jadi kamu tunggu saja hingga selesai.

Cara Download dan Install Ubuntu di Mac dan MacBook

Setelah proses install Parallels Tools Installation Agent selesai, maka Ubuntu siap kamu gunakan. Selamat! Kamu sudah berhasil install Ubuntu di Mac dan MacBook kamu.

Tentu saja kamu bisa upgrade Ubuntu kamu ke versi terbaru, seperti 16.10 atau 16.04 LTS. Kamu bisa upgrade Ubuntu kapan saja dan di mana saja.

Bagaimana? Sudah berhasil install Ubuntu di Mac atau MacBook kamu? Lebih bagus Ubuntu apa Mac OS X / macOS menurutmu?

Share pengalaman kamu di kolom komentar ya, dan jangan lupa follow akun Twitter kita 😀