Home Mac Tips Jitu Agar Mac dan MacBook Kamu Tidak Cepat Panas

Tips Jitu Agar Mac dan MacBook Kamu Tidak Cepat Panas

Cara Mengatasi Mac dan MacBook yang Cepat Panas

Mac dan MacBook kamu cepat sekali panas atau bahkan overheat? Mac dan MacBook yang terlalu panas jelas bisa membuat beberapa komponen di dalam Mac atau MacBook tersebut menjadi rusak.

Memang isu overheat seperti itu kadang sering terjadi terhadap pengguna Mac dan MacBook. Mac akan menjadi lebih cepat panas dan overheating akan menyebabkan Mac cepat rusak.

Baca Juga:

Oleh karena itu, jangan sampai Mac dan MacBook menjadi terlalu panas. Kamu bisa mencegah agar Mac tidak cepat panas dengan beberapa tips dan trik berikut ini, sekaligus memperbaiki isu overheat di Mac OS X atau macOS.

 

Cek Suhu dan Temperatur Mac atau MacBook

Meskipun kamu bisa merasakan sendiri suhu dan temperatur Mac atau MacBook kamu, namun kamu tetap butuh alat untuk mengetahui berapa derajat panas tersebut. Siapa tahu meskipun terasa tidak terlalu panas ternyata memiliki suhu yang tinggi di dalam sistem?

Kamu bisa dengan mudah melihat dan mengetahui suhu dan temperatur di dalam Mac atau MacBook kamu dengan cek via aplikasi iStat Menus. Baca: Cara Cek Suhu dan Temperatur Mac dan MacBook Menggunakan iStat Menus.

 

Lihat Aplikasi Boros Baterai dan Aplikasi Penyebab Panas

Salah satu penyebab Mac cepat panas adalah karena adanya aktivitas software di dalam sistem operasi OS X atau macOS tersebut. Karena menggunakan proses yang sangat besar, tentu selain membuat Mac cepat panas juga membuat Mac menjadi lebih boros baterai.

Kamu bisa melihat aplikasi apa saja yang menggunakan daya baterai paling besar dengan klik ikon baterai di bagian Menubar. Kamu bisa langsung menutup aplikasi tersebut.

 

Jangan Lupa Pendingin

Mac dan MacBook akan menjadi cepat panas jika kamu berada di ruangan yang memiliki suhu dan temperatur yang tinggi. Sebaiknya kamu segera pindah ke tempat yang lebih dingin untuk mencegah Mac atau MacBook menjadi overheat.

Kamu bisa menggunakan pendingin ruang atau AC untuk membuat ruangan menjadi lebih dingin. Minimal kamu bisa menggunakan cooling pad jika kamu menggunakan MacBook. Dengan cooling pad akan membantu mendinginkan MacBook yang sedang kamu gunakan.

 

Restart Mac atau MacBook

Melakukan restart Mac dan MacBook akan membuat sistem operasi OS X atau macOS menjadi lebih segar. Beberapa error dan kesalahan kecil juga bisa teratasi dengan sendirinya.

Mungkin ada beberapa proses atau program yang mengalami error di background sehingga perlu mendapatkan penyegaran. Tidak ada salahnya melakukan restart Mac atau MacBook untuk mengatasi masalah cepat panas tersebut.

 

Install Ulang Mac dan MacBook

Jika masalah Mac cepat panas adalah masalah software, seharusnya melakukan install ulang Mac akan menyelesaikan masalah. Hal ini akan membuat Mac dan MacBook kamu seperti baru saat pertama kali beli. Baca: Cara Install Ulang Mac dan MacBook.

Sebelum install ulang Mac OS X atau macOS, pastikan kamu sudah melakukan backup data Mac dulu ya agar tidak ada data di Mac kamu yang hilang. Baca: Cara Backup Data Mac dan MacBook.

 

Ada kerusakan Hardware? Bawa ke Service Center

Mac dan MacBook kamu masih mengalami overheat? Jangan-jangan ada masalah di hardware. Lebih baik segera bawa ke tempat service center terdekat untuk mendapatkan perbaikan. Baca: Cara Mencari Tempat Service Center Apple Terbaik di Indonesia.

Pihak service center akan memperbaiki Mac kamu. Jika masih dalam masa garansi, kamu bisa mengajukan klaim. Siapa tahu kamu bisa klaim garansi dan pihak service center akan memperbaiki Mac atau MacBook kamu secara gratis.

Bagaimana? Apakah masalah Mac dan MacBook yang cepat panas tersebut sudah teratasi?

Yuk share pengalaman kamu di kolom komentar ya, dan jangan lupa follow akun Twitter kita ya 😀

  Video: Fitur Night Shift di macOS Sierra Terbaru  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong