Home Mac Cara Melihat Jumlah Cycle Count Baterai MacBook

Cara Melihat Jumlah Cycle Count Baterai MacBook

Cara Mengetahui Jumlah Cycle Count Baterai MacBook

Jumlah cycle Count pada baterai sering dianggap sebagai salah satu indikator apakah baterai masih bagus dan sehat atau sudah harus diganti. Salah satu pertimbangan dalam membeli laptop atau MacBook bekas adalah mengetahui jumlah cycle count baterai.

Setiap satu kali penggunaan 100% baterai, akan dihitung satu cycle count. Misalnya saja kamu menggunakan baterai dari 100% hingga 25%, maka kamu baru menggunakan 75% saja. kamu isi lagi sampai 100% lalu kamu gunakan hingga 75%, maka kamu sudah menggunakan 75% + 25% = 100%.

Jadi jumlah cycle count ini adalah jumlah dari penggunaan baterai 100%, bukan jumlah charge baterai. Tidak masalah kok sering melakukan charging baterai, asalkan kamu tidak berlebihan dalam menggunakan baterai.

Nah buat kamu yang ingin beli laptop bekas, khususnya MacBook bekas pasti ingin tahu kondisi baterai tersebut. Tentu saja, produk seken atau second hand berarti produk bekas tersebut sudah pernah digunakan oleh pengguna sebelumnya.

Bisa saja yang dijual adalah produk yang sudah tidak layak pakai karena cycle count sudah terlalu banyak. Oleh karena itu selain cek kondisi hardware dan software secara umum, kamu perlu melihat dan mengetahui cycle count baterai MacBook tersebut.

Kamu bisa mengecek jumlah cycle count baterai MacBook tanpa aplikasi Mac OS X atau macOS, dari Menu Apple – About Mac. Kamu akan melihat tombol System Report di bawah informasi nomor serial MacBook. Klik tombol tersebut.

Cara Mengetahui Jumlah Cycle Count Baterai MacBook

Dalam tampilan System Report, kamu akan melihat banyak sekali pilihan yang bisa kamu klik di bagian kiri jendela. Kamu klik saja pilihan Power. Kamu akan bisa melihat Cycle Count baterai MacBook di sana.

Cara Mengetahui Jumlah Cycle Count Baterai MacBook

Kamu juga bisa melihat cycle count dengan aplikasi iStat Menus dengan sangat mudah. Baca: Cara Install iStat Menus di Mac dan MacBook.

Cara Mengetahui Jumlah Cycle Count Baterai MacBook

Sekedar informasi, jumlah cycle count normal MacBook biasanya sudah 1000 cycle count dalam dua tahun. Apple masih menjamin kualitas baterai masih mampu menampung daya kapasitas baterai hingga 80% setelah 1000 pengisian baterai.

Sekarang kamu sudah bisa melihat jumlah cycle count baterai MacBook. Jadi kamu bisa cek kondisi MacBook bekas yang akan kamu beli.

Bagaimana? Sudah tahu cara cek dan mengetahui cycle count baterai MacBook?

Share pengalaman kamu di kolom komentar ya, dan jangan lupa untuk follow akun Twitter kita 😀

  Buka Bungkus Kartu Perdana Jaman Old!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Bukan Fanboy :v | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode