Home Mac Apa Itu Repair Disk Permissions di Mac dan Bagaimana Cara Melakukannya?

Apa Itu Repair Disk Permissions di Mac dan Bagaimana Cara Melakukannya?

Cara Repair Disk Permissions di Mac dan MacBook

Mungkin buat kamu pengguna Mac atau MacBook, pernah mendengar Repair Disk Permissions kan? Jika kamu searching tentang perawatan atau cara merawat OS X untuk pemula, kamu pasti akan menemukan cara repair disk permission Mac.

Masalahnya adalah, kemungkinan besar kamu tidak akan bisa mempraktikkannya. Mengapa? Karena praktik repair disk permissions Mac tersebut hanya benar-benar optimal untuk pengguna OS X lawas. Lalu, sebenarnya apa itu repair disk permissions di OS X?

Baca Juga:

Apa Itu Repair Disk Permissions Mac OS X?

Salah satu ritual wajib pengguna OS X zaman dulu adalah melakukan repair disk permission secara berkala. Ya, beberapa waktu sekali, kamu harus melakukan proses memperbaiki izin disk tersebut.

Cara Repair Disk Permissions di Mac dan MacBook

Repair Disk Permissions adalah suatu proses memperbaiki pengaturan permission pada disk yang ada di Mac. Disk Permissions yang dimaksud di sini adalah pengaturan file yang bisa mempengaruhi kemampuan read, write, dan run file di Mac atau MacBook kamu.

Membingungkan? Untungnya mulai dari OS X El Capitan, proses repair disk permissions konvensional ini sudah dihilangkan Apple. Disk Permissions sudah dilindungi secara otomatis. Jadi kamu tidak perlu lagi melakukan repair disk permissions secara manual.

 

Apakah Ada Cara Repair Disk Permissions macOS Terbaru?

Jika kamu mengalami masalah disk di Mac, maka sekarang satu-satunya cara adalah dengan melakukan First Aid. Cara First Aid di Mac OS X atau macOS terbaru ini juga terbilang lebih singkat dan lebih mudah.

Cara Repair Disk Permissions di Mac dan MacBook

Cukup masuk ke Disk Utility dan kamu akan menemukan tombol atau button First Aid (Pertolongan Pertama). Pilih dulu startup disk yang kamu gunakan dan klik tombol First Aid. Proses perbaikan disk akan berjalan secara otomatis, termasuk memperbaiki disk permissions.

 

Cara Repair Disk Permissions dengan CleanMyMac

Namun kamu masih bisa melakukan repair disk permissions seperti layaknya OS X lawas, namun dengan bantuan software pihak ketiga yang bernama CleanMyMac. Ya, aplikasi pembersih Mac ini juga memiliki fungsi maintenance dan perawatan Mac.

Salah satu perawatan yang ditawarkan oleh CleanMyMac adalah Repair Disk Permissions seperti Mac OS X lawas pada umumnya. Saya tidak tahu apakah ini merupakan metode yang sama dengan repair disk permissions di OS X lawas, namun tidak ada salahnya dicoba.

Dalam artikel ini, kita fokus saja pada repair disk permissions, jadi klik check box Repair Disk Permission di samping kiri ya.

Cukup masuk ke menu pilihan Maintenance, maka kamu akan menemukan beragam pilihan Maintenance yang ditawarkan. Klik Run untuk menjalankan proses tersebut.

Cara Repair Disk Permissions di Mac dan MacBook

Proses repair disk permission akan berjalan secara otomatis. Kamu cukup tunggu saja proses tersebut hingga selesai. Jika sudah selesai, maka aplikasi CleanMyMac akan menampilkan notifikasi bahwa proses sudah selesai dan berhasil.

Cara Repair Disk Permissions di Mac dan MacBook

Repair Disk Permissions di CleanMyMac ini bisa kamu lakukan di OS X El Capitan dan juga macOS Sierra terbaru. Mungkin kamu yang dulu sering menjalankan ritual ini bisa sedikit nostalgia hehehe 😀

Bagaimana? Sudah berhasil?

Share pengalaman kamu di kolom komentar ya, dan jangan lupa follow Twitter kita 😀