Home Mac Yuk Verify Startup Disk di macOS Sierra Dengan CleanMyMac

Yuk Verify Startup Disk di macOS Sierra Dengan CleanMyMac

Cara Verify Startup Disk Mac di macOS Sierra

Selain repair disk permissions, ritual lain yang cukup sering dilakukan oleh pengguna Mac OS X lawas adalah melakukan verify startup disk. Ya, kamu harus melakukan verifikasi terhadap startup disk Mac dan MacBook yang kamu miliki.

Verify Startup Disk ini cukup penting untuk pengguna Mac OS X karena proses ini akan memverifikasikan file sistem dalam sistem disk utama dan memastikan bahwa semua data tersebut solid dan aman.

Baca Juga:

Jadi jika sekiranya ada beberapa data atau file sistem yang mengalami kerusakan atau kesalahan maka proses verify startup disk ini akan cukup membantu kamu memperbaiki beberapa masalah tersebut.

Namun, hal tersebut sudah tidak berlaku lagi di sistem operasi Mac dan MacBook terbaru seperti macOS Sierra. Sudah tidak ada lagi opsi manual untuk melakukan verify startup disk seperti layaknya OS X zaman dulu.

Sekarang semua perbaikan disk, termasuk repair disk permissions sudah menjadi satu dengan First Aid di dalam Disk Utility Mac. Tentu saja hal ini akan jauh lebih mudah daripada harus melakukan dua hal secara terpisah.

Namun dengan CleanMyMac, kamu bisa melakukan verify startup disk dan juga repair disk permissions secara manual dan terpisah. Untuk cara repair disk permissions macOS Sierra bisa kamu baca di sini. Baca: Cara Repair Disk Permissions di macOS Sierra.

Untuk melakukan verify startup disk macOS Sierra, kamu bisa menggunakan CleanMyMac. Kamu bisa download CleanMyMac langsung di MacPaw atau download gratis dari Setapp. Baca: Setapp, Layanan Berlangganan Aplikasi Mac

Setelah itu, masuk ke menu Maintenance. Di sana kamu akan menemukan beberapa pilihan untuk maintenance Mac. Pilih Verify Startup Disk dengan cara klik check box bagian kiri.

Cara Verify Startup Disk Mac di macOS Sierra

Jika sudah, langsung saja klik Run untuk menjalankan script maintenance. Tunggu hingga proses selesai.

Cara Verify Startup Disk Mac di macOS Sierra

Saat proses verify startup disk nanti, Mac kamu jangan kamu gunakan dulu ya karena akan mengganggu proses tersebut.

Bagaimana? Sudah coba?

Share pengalaman kamu ke kolom komentar ya, dan jangan luap follow akun Twitter kita 😀

  Cara Format Flashdisk / Hardisk di Mac  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong