Home Tutorial Cara Backup Mac dan MacBook Dengan Time Machine

Cara Backup Mac dan MacBook Dengan Time Machine

Backup Mac Kamu dengan Time Machine

Salah satu karakteristik dari OS X atau macOS adalah lebih sedikit mengalami crash. OS X dan macOS juga lebih stabil dalam penggunaannya. Sehingga, pengguna merasa sangat nyaman karena komputer mereka bisa diajak bekerja dengan sangat baik.

Namun, OS X dan macOS tentu tetaplah sesuatu yang tidak sempurna. Sebagus-bagusnya macOS, suatu saat pasti juga akan kena masalah. Syukur syukur deh jika selama bertahun-tahun tidak pernah kena masalah. Namun, tidak sedikit juga yang kena masalah, bahkan hingga macOS nya harus dipasang ulang.

Baca Juga: 

Menginstall ulang OS X atau macOS sebenarnya gampang kok. Yang harus kita miliki adalah internet dan kesabaran, karena proses install ulang harus melewati proses pengunduhan langsung dari server Apple.

Jika koneksi kamu bukanlah koneksi yang cepat, ya tentu kamu harus punya kesabaran. Itu baru download saja. Belum termasuk proses instalasi. Untuk mencegah hal itu terjadi, kita bisa menggunakan tool backup bawaan yang bernama Time Machine.

 

Apa Itu Time Machine?

Time Machine adalah tool bawaan dari Apple yang sudah dimasukkan ke dalam paket OS X atau macOS. Tool ini berbentuk aplikasi biasa, yang bisa diakses melalui spotlight, launch pad, atau preferensi sistem.

Time Machine akan mencadangkan semua data, di antaranya adalah file-file lokal hingga cadangan seluruh sistem. Fungsi ini mirip dengan Restore Point di Windows. Bedanya, Time Machine benar-benar mencadangkan semuanya, bukan cuma titik-titik pemulihan saja seperti restore point di Windows.

 

Bagaimana Cara Menggunakannya?

Mau tahu bagaimana cara backup data Mac dan MacBook kamu? Berikut ini adalah tutorial cara backup Mac OS X atau macOS dengan Time Machine.

  1. Siapkan harddisk eksternal. Sambungkan ke Mac melalui USB. Setelah itu, akan muncul peringatan pada komputer bahwa Time Machine ingin menggunakan keseluruhan harddisk ini.
  2. Jika kamu tidak ingin membuat seluruh harddisk sebagai tempat Time Machine, kita bisa buat partisi khusus Time Machine.
    Backup Mac Kamu dengan Time Machine
  3. Buatlah partisi khusus untuk Time Machine. Membuat partisinya juga dari Disk Utility.
  4. Terserah berapa pun ukurannya. Namun biar aman dan muat banyak, siapkan saja 200GB. Beri nama partisinya sesuai keinginan. Beri nama “TIME MACHINE” saja biar tidak bingung.
  5. Nyalakan Time Machine. Buka Time Machine lalu nyalakan. Pilih partisi disk yang diinginkan. Biarkan proses pencadangan.

Proses pencadangan pertama kali biasanya sangat lama. Jika ragu prosesnya terlalu lama, colokkan saja ke sumber daya sambil dicharge.

Nah, jika Mac kamu suatu saat punya masalah dan sampai harus diinstall ulang, tidak usah khawatir karena Time Machine sudah menyimpan semuanya. Cukup colokkan ke Mac, pilih back-up yang kamu inginkan, lalu biarkan Time Machine bekerja.

Bagaimana? Mudah bukan cara backup data Mac dan Macbook?

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong