Home Tutorial Cara Agar Harddisk Eksternal Bisa Digunakan di Mac dan Windows

Cara Agar Harddisk Eksternal Bisa Digunakan di Mac dan Windows

Cara agar Harddisk Eksternal bisa digunakan di Mac dan Windows

Punya Harddisk Eksternal? Atau baru beli Harddisk Eksternal? Punya komputer Mac dan Windows? Tidak tahu mengapa Harddisk eksternalnya tidak bisa dipakai di Mac? Tulisan ini cocok untuk kamu.

Kemarin saya juga baru saja beli Harddisk Eksternal karena penyimpanan Macbook saya cuma 256GB. Itu pun saya bagi masing-masing 128 GB untuk Mac dan Windows via Boot Camp.  Sehingga mau tidak mau saya harus punya penyimpanan eksternal. Flashdisk sangat ringkas namun kurang besar kapasitasnya. Solusinya adalah harddisk eksternal karena ukurannya cukup ringkas, penyimpanan besar, dan harganya yang masuk akal.

Namun pertama kali punya Harddisk Eksternal, saya tidak bisa menggunakannya untuk memindahkan data-data di Mac. Saya pikir Harddisk nya rusak. Saya coba booting ke Windows melalui Boot Camp, dan hasilnya bisa. Saya bisa memindahkan semua data-data saya di Windows ke Harddisk.

Setelah saya yakin bahwa Harddisknya tidak bermasalah, saya coba colokkan ke Mac lagi. Data dari Windows bisa dilihat dan dibuka, namun saya tidak bisa melakukan Copy Paste dari dan ke Mac. Setelah melakukan pencarian ke beberapa situs, ini dia penyebabnya.

 

Mengapa Mac Tidak Bisa Copy-Paste Data Dari dan Ke Mac?

Setelah saya mencari-cari, ternyata penyebabnya adalah format dari penyimpanan tersebut. Maksudnya? Secara default, semua Harddisk Eksternal yang dijual di pasaran berformat NTFS. NTFS adalah format penyimpanan default dari Windows. NTFS bisa dibaca di Mac namun tidak bisa digunakan untuk memindahkan data. Umumnya Windows terbaru sudah mengandalkan format ini. Sedangkan Mac menggunakan format khusus OS X.

 

Solusinya?

Sebenarnya ada format yang bisa dibaca dan ditulis di Windows dan Mac. Format itu adalah ExFAT. Tetapi di kebanyakan situs dan forum, format ini sebaiknya dihindari. Saya memang masih belum tahu apa yang sebenarnya terjadi, namun saya lebih menyarankan untuk menggunakan format yang memang disarankan digunakan di masing-masing sistem operasi.

Jika kamu ingin menggunakan Harddisk tersebut, kamu harus memformatnya ke format yang sesuai. Jika kamu format ke format OS X, maka kamu tidak bisa membukanya di Windows. Sebaliknya, jika ingin kamu gunakan di Windows, kamu harus tetap mempertahankannya ke format NTFS.

Solusi lain yaitu buat partisi khusus untuk masing-masing sistem operasi. Contohnya adalah Harddisk saya 1TB, saya buat 3 partisi untuk OS X, Windows, dan satu partisi khusus Time Machine.

Cara agar Harddisk Eksternal bisa digunakan di Mac dan Windows

Untuk membuat partisi dari OS X, lakukan beberapa langkah berikut ini.

  1. Colokkan harddisk tersebut lalu buka tool yang bernama Disk Utility. Disk Utility bisa kita gunakan untuk membuat partisi disk dengan mudah.
  2. Setelah tercolok, segera format harddisk ke format OS X. Tunggu hingga format selesai.
  3. Klik pilihan “Partisi”. Di sini kita bisa membuat partisi baru, termasuk Nama partisi, Format, hingga Ukuran penyimpanan.
  4. Buatlah partisi sesuai keinginan. Saya membuat 3 buah partisi untuk OS X, Windows, dan Time Machine. Atur nama dan ukuran sesuai keinginan. Untuk OS X dan Time Machine gunakan format OS X. Untuk Windows pilih saja ExFAT.
  5. Tunggu proses partisi hingga selesai.
  6. Tambahan : Untuk partisi Windows, setelah proses partisi selesai, langsung diformat ke NTFS melalui windows. Bisa masuk ke Windows melalui Boot Camp atau lepaskan harddisk dan lakukan format partisi ke laptop Windows lain. NTFS lebih disarankan ketimbang ExFAT.

Nah setelah semua selesai, coba buka Finder di OS X. Kamu akan menemukan 3 buah partisi. Kamu bisa melakukan baca dan tulis di partisi berformat OS X, namun hanya baca saja di format NTFS.

Bagaimana? Mudah bukan?

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong