Home Review Pengalaman Menjalankan Windows 10 Dengan VMWare Fusion 8

Pengalaman Menjalankan Windows 10 Dengan VMWare Fusion 8

Pengalaman Menjalankan Windows 10 Dengan VMWare Fusion 8

VMWare Fusion merupakan salah satu aplikasi OS X yang berfungsi untuk menjalankan berbagai sistem operasi lain secara virtual. Aplikasi ini banyak sekali direkomendasikan buat yang ingin menjalankan Windows di OS X dengan mesin virtual. Nah sebenarnya sebagus apa sih kinerja Windows 10 di Fusion 8 ini?

Saya menggunakan MacBook Pro Retina Display 13” Early 2015 dengan spesifikasi intel Core i5 2.7Ghz, 8GB Memori, 256GB Penyimpanan flash, dan grafis intel Iris Graphic. Saya menggunakan Windows 10 Pro 64-bit dan dengan pengaturan prosesor 2 core dan memori 3GB.

Performa Windows Lumayan

Pertama kali menjalankan Windows di Fusion, Windows terasa agak lambat. Namun setelah saya ubah pengaturan dengan menggunakan 2 core prosesor dan memori 3096 MB, semuanya berjalan lebih baik. Membuka program bawaan seperti settings, control panel, dan program-program lainnya terasa cukup bagus. Saya mencoba meningkatkan core menjadi 4 malah terasa lebih berat. Jadi lebih baik gunakan saja 2 core jika kamu menggunakan Windows melalui Fusion.

OS X Tetap Stabil

Meskipun Windows terasa agak berat, ternyata kinerja OS X tidak mengalami masalah sama sekali. saya masih bisa menjalankan pekerjaan ringan seperti membuat dokumen Microsoft Word hingga pekerjaan yang cukup berat seperti mengerjakan proyek Xcode sembari menjalankan Windows. Artinya, Windows yang lemot tersebut terjadi karena mesin virtualnya, bukan karena OS X yang lambat.

Pengembangan .NET Berjalan Cukup Bagus

Saya mencoba menjalankan Visual Studio di Windows yang berjalan di Fusion 8. Ternyata, Windows mampu menjalankan Visual Studio dengan cukup baik. Tidak ada peningkatan tingkat kelemotan saat menjalankan Visual Studio. Memori terpakai sekitar 70% saat dilihat di task manager. Hal ini semakin menguatkan dugaan bahwa memang mesin virtualnya yang lambat, bukan OS X nya apalagi MacBook nya.

Boros Baterai

MacBook menjadi jauh lebih boros baterainya saat menjalankan Windows di mesin virtual. Kamu hanya akan mendapatkan waktu sekitar 6 jam jika kamu hanya mengerjakan pekerjaan ringan saja. Kalau kamu mengerjakan pekerjaan pengembangan .NET, sekitar 3-4 jam saja yang bisa kamu dapatkan. Berbeda saat menjalankan Windows di Boot Camp yang bisa 6 jam saat mengerjakan pengembangan .NET.

Apa kamu juga menggunakan mesin virtual untuk menjalankan Windows?

  Video: Unboxing iPhone 7 Black  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong