Home Tutorial Tips Menjalankan Windows di Mesin Virtual

Tips Menjalankan Windows di Mesin Virtual

Tips Menjalankan Windows di Mesin Virtual

Menjalankan Windows dengan menggunakan mesin virtual memberikan keuntungan tersendiri. Kamu bisa menjalankan Mac dan Windows dalam satu waktu. Berbeda dengan saat kamu menggunakan Boot Camp di mana kamu harus mematikan Mac untuk masuk ke Windows, begitu juga sebaliknya.

Meskipun secara performa tentu saja mesin virtual lebih lambat dan menguras tenaga karena harus menjalankan lebih dari satu sistem operasi dalam satu waktu, menjalankan Windows di mesin virtual lebih disukai oleh sebagian orang. Namun tentunya mereka harus menanggung risiko yaitu Windows jadi lebih lambat. Nah, bagaimana agar bisa menjalankan Windows dengan mesin virtual namun tetap dengan performa yang maksimal?

Pastikan Pengaturan Yang Disarankan

Meskipun kamu memiliki kemampuan untuk meningkatkan core prosesor dan memori untuk mesin virtual, namun sangat disarankan untuk menggunakan pengaturan default atau yang disarankan saja. Misalnya Windows 10 dengan menggunakan aplikasi VMWare Fusion menyarankan core prosesor 2 dan memori 2GB.

Tips Menjalankan Windows di Mesin Virtual

Meningkatkan core prosesor akan membuat aplikasi Fusion menampikan pesan peringatan. Begitu juga jika kamu terlalu banyak meningkatkan memori. Kamu harus ingat, bahwa OS X juga membutuhkan prosesor dan memori untuk menjalankan mesin virtual. Jika OS X kekurangan memori atau tidak cukup mendapatkan kinerja prosesor, maka seluruh sistem juga akan terganggu.

Jika memang kamu membutuhkan Windows untuk performa yang lebih tinggi sebaiknya tingkatkan memori terlebih dahulu. Hal ini karena OS X biasanya masih memiliki cukup memori untuk menjalankan mesin virtual. Lagi pula, jika mesin virtual tidak benar-benar membutuhkan tambahan memori maka sebaiknya jangan meningkatkan apalagi mengurangi memori dari pengaturan yang disarankan karena hal ini sangat sia-sia dan cenderung merugikan.

Gunakan Wallpaper Bawaan

Menggunakan wallpaper bawaan artinya kamu memerintahkan komputer untuk menggunakan sesuatu yang ada di dalam sistem. Dengan demikian, komputer tidak akan terlalu terbebani dengan memuat wallpaper dari sistem lain selain dari sistem internal Windows. Mungkin hal ini tidak ada pengaruhnya jika kamu tidak menggunakan mesin virtual. Namun cukup bermanfaat jika kamu menggunakan mesin virtual.

Kurangi Animasi Windows

Animasi dan efek visual di Windows sebenarnya cukup membebani kinerja sistem. Kalau kamu pengguna laptop atau komputer berspesifikasi tinggi tentu saja tidak akan ada pengaruhnya. Yakin deh, kalau kamu menggunakan mesin virtual, kamu bakal merasakan manfaatnya mengurangi efek visual dan animasi-animasi di Windows yang sebenarnya tidak terlalu penting. Intinya, fokus saja sama pekerjaanmu dan tujuanmu menggunakan Windows

Tips Menjalankan Windows di Mesin Virtual

Jangan Multitasking Terlalu Banyak

Menggunakan multitasking secara sadar atau tidak sadar tentu membebani sistem. Bukan cuma beban mesin virtual, namun juga beban OS X yang menjadi sistem operasi host. Fokus saja sama pekerjaanmu. Kalau pekerjaan saya bersama Windows sih paling cuma untuk berurusan dengan Visual Studio dan SQL Server. Selebihnya, saya kerjakan di OS X.

Nah bagaimana? Kamu punya tips lain?

 

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong