Apple sudah mengakui bahwa beberapa seri iPhone seperti iPhone 6, 6S, SE, serta iPhone 7 dan seluruh versi plus nya sengaja diperlambat jika kondisi baterai dirasa tidak optimal lagi. Bahkan mereka juga meminta maaf karena tidak transparan atas hal ini. Lalu adakah cara untuk mengetahui apakah iPhone kamu diperlambat atau tidak?

Berikut ini MacPoin bagikan bagaimana cara memastikan apakah iphone kamu termasuk dalam golongan yang diperlambat ataukah tidak.

Cara cek iPhone diperlambat atau tidak: 

  1. Pertama buka app store, dan install aplikasi yang bernama Lirum Device Info Lite, aplikasi ini gratis.
  2. Setelah itu buka, akses menu, kemudian pilih This Device
  3. Nah, sekarang tinggal pilih CPU, lalu scroll ke bawah sampai ketemu CPU actual clock dan CPU maximum clock
  4. Jika Actual clock jauh lebih kecil dari maximum clock, maka iPhone kamu sudah diperlambat oleh Apple. Tapi jika actual clock sama seperti maximum clock, maka iPhone kamu belum diperlambat oleh Apple.

Kenapa saya bilang belum? Karena cepat atau lambat, ketika kondisi baterai iPhone kamu sudah dianggap tidak optimal lagi, maka iPhone kamu bakal otomatis diperlambat. Nah, kalau sudah diperlambat, solusinya adalah ganti baterai iPhone kamu dengan yang baru dan iOS akan kembali berjalan dengan performa penuh. (Baca:  Apple Siap Ganti Baterai iPhone Lawas Apapun Kondisinya )

Nah itulah dia cara mengetahui apakah iPhone kamu sudah diperlambat atau belum. Suka atau tidak, inilah keputusan Apple, jadi sebagai pengguna iPhone kita hanya bisa menerima fenomena ini.

Apple sendiri menyatakan bahwa hal ini mereka lakukan bukan untuk membuat pengguna iPhone lawas merasa tidak nyaman, melainkan untuk memastikan bahwa iPhone mereka tetap awet dan berjalan lancar. Teknik perlambatan CPU ini diakui Apple bisa mencegah iPhone dari mati mendadak akibat kekurangan asupan daya karena baterai yang sudah melemah.

Namun demikian belasan tuntutan hukum dari konsumen harus dihadapi Apple gara-gara masalah ini.

Nah bagaimana dengan kamu, apakah iPhone kamu termasuk dalam yang sudah diperlambat oleh Apple? Bagikan hasil uji iPhone milikmu disini.