Home Editorial 8 Tips dan Persiapan Penting Sebelum Update iOS 11

8 Tips dan Persiapan Penting Sebelum Update iOS 11

8 Tips dan Persiapan Penting Sebelum Update iOS 11

Peluncuran iOS 11 semakin dekat. Jadi siapa saja ini yang sudah tidak sabar untuk update iPhone atau iPad ke iOS 11 terbaru? Sebelum update iOS 11, kamu perlu melakukan beberapa persiapan penting dulu agar proses update hingga selesai bisa berjalan lancar.

Seperti yang kita ketahui, iOS 11 membawa banyak sekali perubahan dan fitur baru untuk iPhone dan iPad yang mendukung. Kamu akan merasakan sistem operasi yang benar-benar baru.

Baca Juga:

Namun jangan lupa untuk menyiapkan beberapa hal terlebih dahulu sebelum update iPhone ke iOS 11 ya. Kamu bisa membaca beberapa tips berikut ini.

 

Sabar, Jangan Buru-Buru Update

Hal pertama yang harus kamu tahu adalah kamu tidak perlu buru-buru untuk segera update iPhone dan iPad kamu ke iOS 11. Jika kamu tidak update di hari-H, bukan berarti kamu tidak akan mendapatkan update iOS 11.

Ketika update iOS 11 dirilis pertama kali, tentu banyak yang langsung download. Bukan cuma pengguna di Indonesia, namun mayoritas pengguna iPhone dan iPad yang mendukung akan langsung download.

Akibatnya, kadang server Apple down dan proses download kadang melambat. Masih mending jika cuma lambat, bahkan kadang ada yang sering mengalami notifikasi gagal. Dalam beberapa kasus juga saat update pertama kali dirilis akan ada beberapa minor bugs, yang kemudian segera diperbaiki oleh Apple. Meskipun hal ini sangat jarang terjadi, tetapi tidak ada salahnya untuk sedikit bersabar.

Baca: Kapan Apple Akan Rilis iOS 11 Secara Resmi?

 

Baca Review Dulu Bila Perlu

Selagi kita menunggu ketika iOS 11 sudah dirilis, kita bisa baca beragam review terlebih dahulu mengenai iOS 11 di berbagai sumber. Biasanya di hari-H sudah cukup banyak bertebaran video di Youtube tentang review iOS 11.

Biasanya banyak yang mengulas hal-hal seperti fitur baru hingga perangkat yang mengalami bug dan beragam masalah. Jika kebanyakan review mengatakan bahwa iOS 11 saat ini sudah cukup bagus, kamu bisa download sesegera mungkin. Jika banyak review yang buruk, lebih baik tunda dulu saja sembari menunggu Apple merilis perbaikannya.

 

Backup Data Penting

Meskipun jarang, namun update iOS tidak menjamin akan selalu lancar.  Jadi tidak ada salahnya untuk melakukan suatu usaha pencegahan. Salah satu hal yang paling umum dilakukan adalah membuat backup data iPhone.

8 Tips dan Persiapan Penting Sebelum Update iOS 11

Jika misal proses update mengalami masalah, kamu masih bisa melakukan reset iOS atau melakukan restore.

Untuk proses backup data iPhone atau iPad, kamu bisa baca selengkapnya di dalam artikel ini. Baca: Tutorial Lengkap Cara Backup Data iPhone dan iPad.

 

Pastikan Memori Storage Cukup

Proses update dan install iOS 11 membutuhkan ruang penyimpanan yang memadai. Oleh karena itu, pastikan kamu memiliki cukup memori storage di dalam iPhone kamu. Lalu berapa storage minimal untuk download iOS 11?

Biasanya update iOS membutuhkan memori penyimpanan hingga 1GB. Namun untuk amannya, kamu sisakan saja 2GB hingga 3GB agar tidak perlu lagi repot-repot memikirkan masalah memori storage.

 

Reset Dulu Bila Perlu

Meskipun sebenarnya tidak perlu, namun sebelum update iPhone atau iPad ke iOS 11 kamu bisa reset dulu perangkat kamu. Dengan reset, maka perangkat akan berada dalam kondisi yang benar-benar fresh sebelum menerima pembaruan iOS.

8 Tips dan Persiapan Penting Sebelum Update iOS 11

Sekali lagi, kamu tidak perlu reset dulu sebelum update iOS 11. Namun jika kamu ingin melakukannya, kamu bisa ikuti tutorial cara reset iPhone di artikel ini. Baca: Cara Reset iPhone dan iPad.

 

Siapkan Koneksi Internet untuk Download Update

Proses update iOS 11 tentu saja membutuhkan koneksi internet. Pastikan kamu memiliki koneksi internet yang cukup cepat, serta kuota yang cukup untuk mencegah masalah download terputus karena kuota yang terbatas.

Namun perlu kamu tahu, Apple tidak mengizinkan pengguna untuk update iPhone dan iPad mereka menggunakan jaringan paket data seluler. Itu artinya, kamu harus menggunakan Wi-Fi.

 

Pastikan Baterai Penuh ketika install Update

Satu hal lagi yang perlu kamu perhatikan adalah proses update iOS memerlukan power yang cukup. Oleh karena itu, kamu harus memastikan iPhone dan iPad memiliki daya baterai yang cukup ketika proses install iOS 11.

Berapa kapasitas baterai minimal untuk update iOS 11? Sebaiknya charge saja baterai iPhone / iPad hingga penuh. Meskipun tidak disarankan, tetapi kamu juga bisa membiarkan iPhone / iPad dalam kondisi tetap ter-charge ketika proses update iOS 11 berlangsung.

 

Berdoa Agar Update Berjalan Lancar

Nah ini tidak kalah penting. Ketika proses update iOS sudah berlangsung, tidak ada yang bisa kamu lakukan selain menunggu dan berdoa. Berdoa semoga tidak ada masalah serius yang terjadi selama proses install iOS 11.

Bagaimana? Ada tips lain yang bisa ditambahkan?

Bagikan pendapatmu di kolom komentar ya, dan jangan lupa follow akun MacPoin 😀

  Video: Unboxing iPhone 7 Black  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong