Home Editorial 3 Alasan Mengapa iPhone 5 Tidak Support iOS 11

3 Alasan Mengapa iPhone 5 Tidak Support iOS 11

3 Alasan Mengapa iPhone 5 Tidak Support iOS 11

iPhone 5 tidak akan kebagian iOS 11 terbaru? Ucapkan selamat tinggal dan waktunya move on. Apple secara resmi tidak akan memberikan update iOS 11 ke iPhone 5. Versi terendah untuk bisa menggunakan iOS 11 adalah iPhone 5S yang lebih baru.

Pengguna iPhone 5 di Indonesia masih sangat banyak. Itu artinya, adopsi iOS 11 di Indonesia kemungkinan tidak akan sebesar iOS 10. Lalu, apa alasan Apple tidak memberikan update tersebut?

Baca Juga:

Sebenarnya tidak ada alasan resmi kenapa Apple memutuskan untuk tidak memberi support iOS 11 ke iPhone 5. Namun ada beberapa kemungkinan yang mungkin menjadi alasan dari keputusan Apple tersebut.

 

Prosesor 32-bit

Kemungkinan terbesar yang menjadikan Apple tidak lagi memberikan support iOS 11 ke iPhone 5 adalah prosesor yang masih menggunakan arsitektur 32-bit. Lalu apa masalahnya dengan prosesor 32-bit?

Semua aplikasi iOS 11 sudah harus mendukung software dengan arsitektur 64-bit. Nah untuk menjalankan software 64-bit dibutuhkan sistem operasi 64-bit juga. Lalu untuk menjalankan sistem operasi 64-bit, dibutuhkan prosesor 64-bit.

Sudah sangat jelas jika iPhone 5 tidak akan bisa menjalankan software 64-bit karena prosesor yang digunakan masih menggunakan arsitektur 32-bit. Karena perangkat mobile, tidak ada cara upgrade prosesor dari 32-bit ke 64-bit.

 

Spesifikasi Lawas

Bisa saja Apple bertahan di keputusan sebelumnya yang tetap membolehkan aplikasi iOS 11 berjalan di sistem operasi 32-bit dan 64-bit, namun mungkin memang sudah saatnya mematikan iPhone 5 karena sudah tidak sesuai dengan perkembangan zaman.

3 Alasan Mengapa iPhone 5 Tidak Support iOS 11
via CNET

Ya, teknologi iPhone 5 sudah sangat tertinggal jika dibandingkan dengan smartphone lain saat ini. Daripada mengambil risiko untuk terus mempertahankannya dan malah akan semakin dimaki-maki kompetitor, lebih baik menyudahi saja.

 

Masa Support Terlalu Lama

Usia iPhone 5 ini bisa dibilang sudah terlalu tua. Dirilis pada tahun 2012, sehingga sekarang umur sudah 5 tahun. Tidak pernah ada smartphone Android yang mendapatkan dukungan update OS hingga lebih dari 2 tahun. Apple bisa dibilang sangat baik dalam hal update iOS.

3 Alasan Mengapa iPhone 5 Tidak Support iOS 11
via CNET

Namun memberikan update seperti itu bukan perkara mudah. Diperlukan waktu dan usaha bagi para programmer dan engineer Apple. Belum lagi untuk membayar mereka. Sangat masuk akal jika Apple memutuskan untuk mematikan support iPhone 5 dengan alasan efisiensi dan penghematan sumber daya, dan juga hemat uang hehe.

Lalu bagaimana ini nasib pengguna iPhone 5? Toh sekarang masih ada iPhone 5S yang jelas lebih baru dan lebih canggih dari iPhone 5. iPhone 5S juga masih layak untuk dibeli di tahun 2017 ini. Baca: Apakah iPhone 5S Masih Layak Dibeli di 2017 ini?

Bagaimana? Sudah tahu kan kira-kira mengapa Apple tidak memberi support iOS 11 ke iPhone 5?

Bagikan pendapatmu di kolom komentar yuk, dan juga follow akun MacPoin ya 😀

  Review Keyboard Logitech K480  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Bukan Fanboy :v | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode