Home Basic 7 Ciri-Ciri Baterai iPhone Rusak dan Harus Diganti

7 Ciri-Ciri Baterai iPhone Rusak dan Harus Diganti

7 Ciri-Ciri Baterai iPhone Rusak dan Harus Diganti

Baterai adalah komponen paling penting agar bisa membuat iPhone kamu menyala dan bekerja. Hal ini karena bateria merupakan sumber energi untuk menyalakan iPhone dan untuk menghidupkan seluruh komponen iPhone agar bisa bekerja dengan baik dan benar.

Namun ada kalanya baterai iPhone terdapat tanda terasa tidak normal. Ya, baterai sudah tidak seperti dulu lagi. Apakah baterai iPhone sudah bocor dan rusak. Lalu seperti apa ciri-ciri tanda baterai iPhone yang rusak dan harus segera diganti?

Meskipun kamu merasakan baterai iPhone yang tidak normal seperti biasanya belum tentu baterai iPhone bocor atau rusak. Oleh karena itu, kamu harus paham terhadap beberapa ciri baterai iPhone yang sudah rusak.

Baca Juga: 

Menggunakan baterai iPhone yang sudah rusak atau istilahnya baterai bocor tentu saja tidak baik. Selain tidak bisa bekerja dengan benar dan mengganggu pekerjaan kamu, tentu saja bisa menyebabkan komponen iPhone lain menjadi rusak juga.

Oleh karena itu, kamu harus tahu apa saja ciri-ciri baterai iPhone yang rusak atau bocor sehingga kamu bisa mempertimbangkan untuk segera service baterai atau mengganti baterai iPhone baru.

Berikut ini adalah 7 ciri-ciri baterai iPhone yang sudah rusak bocor. Kamu harus sesegera mungkin mengganti baterai iPhone kamu jika menemukan semua tanda baterai rusak seperti di bawah ini.

 

Tanda Baterai iPhone Lebih Cepat Habis

Tanda paling mudah untuk menentukan apakah baterai iPhone rusak atau belum adalah dengan melihat apakah baterai iPhone cepat habis atau tidak. Jika baterai iPhone cepat habis, ada kemungkinan baterai iPhone sudah bocor.

7 Ciri-Ciri Baterai iPhone Rusak dan Harus Diganti

Bagaimana kamu tahu baterai iPhone cepat habis atau tidak? Kamu bisa lihat spesifikasi baterai lengkap di situs Apple. Misalnya saja baterai iPhone 7 di bawah ini. Jika kamu pengguna iPhone 7 dan merasa baterai iPhone 7 lebih cepat habis dari waktu normal, bisa jadi baterai sudah bocor. Baca: Cara Mudah Cek Baterai iPhone yang Rusak dan Bocor.

 

Persentase Baterai Berubah Tidak Normal

Baterai habis juga bisa dipengaruhi beragam faktor. Jadi tidak serta merta kamu bisa memutuskan apakah baterai iPhone bocor atau tidak hanya dari kecepatan baterai iPhone yang cepat habis.

7 Ciri-Ciri Baterai iPhone Rusak dan Harus Diganti

Salah satu indikator lain baterai iPhone sudah bocor dan harus segera diganti adalah indikator persentase baterai. Ya, level persentase baterai naik dan turun secara tidak wajar. Misalnya saja dalam satu menit habis 1 persen, atau habis 10 persen hanya dalam waktu 5 menit saja.

Untuk yang satu ini kamu bisa mencoba dulu untuk melakukan kalibrasi baterai iPhone. Ingat, kalibrasi baterai iPhone hanya bisa meningkatkan akurasi pembacaan baterai, bukan memperbaiki baterai. Baca: Cara Kalibrasi Baterai iPhone.

 

iPhone Sering Mati Sendiri

Jika iPhone sering mati sendiri padahal kapasitas baterai masih banyak atau bahkan masih penuh? Bisa jadi tanda baterai iPhone memang sudah bocor terlalu parah dan harus segera diganti. Jika tidak, akan menyebabkan kerusakan komponen iPhone lain. Baca: Cara Mengatasi iPhone Sering Mati Sendiri.

7 Ciri-Ciri Baterai iPhone Rusak dan Harus Diganti

Solusi lain yang bisa kamu coba adalah dengan melakukan kalibrasi baterai iPhone. Tutorial cara kalibrasi iPhone bisa kamu lihat di poin sebelumnya ya. Ingat! Kalibrasi baterai iPhone hanya akan meningkatkan tingkat akurasi pembacaan baterai oleh iPhone, tidak bisa memperbaiki baterai iPhone yang rusak.

 

Voltase Baterai dan Arus Listrik

Tegangan listrik atau voltase dan arus listrik di baterai iPhone harus normal. Berapa voltase baterai iPhone yang normal? Tegangan listrik baterai iPhone normal sekitar 4 Volt hingga 5 Volt.

Baterai iPhone yang rusak berapa tegangannya? Tentu saja lebih rendah dari biasanya. Apalagi jika tegangan iPhone bisa lebih dari 5V, sudah jelas baterai iPhone rusak dan harus segera diganti.

Mau tahu bagaimana cara melihat tegangan dan arus listrik baterai iPhone? Kamu bisa menggunakan Battery Life yang bisa kamu download gratis di App Store. Baca: Review Aplikasi Battery Life di iPhone.

 

Baterai Tidak Bisa Dicharge

Battery not charging ketika iPhone? Ada kemungkinan tanda baterai iPhone sudah bocor parah. Hal ini sangat jelas terlihat karena baterai iPhone tidak bisa diisi baterainya dan hampir tidak bisa digunakan lagi.

7 Ciri-Ciri Baterai iPhone Rusak dan Harus Diganti

Namun belum tentu juga sih jika baterai not charging itu berarti baterai sudah rusak atau bocor. Bisa jadi chargernya yang bermasalah sehingga memberikan arus dan tegangan listrik yang di bawah normal.

Jadi untuk kasus yang satu ini, lebih baik coba ganti charger iPhone dulu. Kamu bisa melihat artikel ini untuk cara mengatasi baterai yang not charging. Baca: Cara Mengatasi Baterai iPhone dan iPad Not Charging.

 

Baterai Menggembung

Mau tahu apakah tanda baterai iPhone kamu sudah rusak secara pasti? Jika baterai terlihat menggembung, sudah jelas kalau baterai iPhone sudah rusak dan harus segera diganti. Jika tidak, baterai bisa meledak dan tentu saja membuat iPhone juga ikut hancur.

7 Ciri-Ciri Baterai iPhone Rusak dan Harus Diganti

Tidak ada solusi untuk masalah baterai menggembung kecuali harus segera ganti baterai. Bukan cuma baterai yang sudah tidak bisa digunakan lagi, tetapi juga baterai bisa membahayakan kamu dan iPhonemu.

Untuk kamu yang ingin tahu harga dan biaya service baterai iPhone yang resmi dari Apple, kamu bisa baca artikel ini. Baca: Biaya dan Harga Service Ganti Baterai iPhone Resmi Original.

Bagaimana? Ada tips dan tanda baterai iPhone rusak lain?

Share ke kita lewat komentar ya. Jangan lupa follow akun Twitter kita 😀

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong