Home Basic Cara Mengatasi iPhone Tidak Ada Sinyal dan Layanan

Cara Mengatasi iPhone Tidak Ada Sinyal dan Layanan

Cara Mengatasi iPhone Tidak Ada Sinyal dan Layanan

Beberapa masalah iPhone akhir-akhir ini adalah iPhone menunjukkan sinyal hilang atau jaringan iPhone tidak ada layanan, sinyal no service, dan searching terus-menerus. Masalah juga timbul setelah melakukan update iOS di iPhone. Apa benar upgrade iOS menyebabkan sinyal iPhone hilang?

Masalah sinyal iPhone hilang dan jaringan tidak ada layanan tersebut bisa jadi disebabkan beberapa faktor. Salah satunya adalah kesalahan software. Jika ada kesalahan software di sistem operasi iOS, maka cara memperbaiki masalah sinyal iPhone ini cukup mudah.

Baca Juga:

Beberapa iPhone model lawas seperti iPhone 5 dan iPhone 4 sering mengalami masalah sinyal iPhone hilang. Bar sinyal hanya menunjukkan tulisan No Service dan tidak ada sinyal bar seperti biasa.

Tentu saja beragam fitur yang butuh sinyal seluler seperti paket data, panggilan telepon, dan SMS tidak bisa digunakan. Fitur tersebut butuh jaringan seluler dan tidak akan bekerja jika tidak ada sinyal di iPhone kamu.

Kamu bisa memperbaiki sinyal iPhone yang hilang dan mengatasi masalah jaringan dengan beberapa tips dan trik berikut ini.

 

Kualitas Sinyal Operator Seluler

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan cek sinyal operator seluler di daerah kamu. Bisa jadi sinyal dan jaringan operator memang sedang jelek, dan kebetulan ketika setelah update iOS di iPhone kamu.

Cara Mengatasi iPhone Tidak Ada Sinyal dan Layanan

Cara cek kualitas sinyal operator adalah dengan melihat sinyal nomor lain yang menggunakan operator yang sama. Kamu bisa mencoba cara lain yang mungkin lebih bisa dipercaya dengan memindahkan kartu SIM yang kamu gunakan ke smartphone lain.

Jika tidak ada sinyal, berarti kualitas jaringan operator yang sedang jelek. Jika ada sinyal yang muncul dan bisa menggunakan panggilan telepon, SMS, dan paket data maka kemungkinan memang masalah jaringan di iPhone kamu.

 

Restart iPhone

Coba kamu restart iPhone kamu untuk mencoba mengatasi masalah jaringan di iPhone. Cara restart iPhone juga sangat mudah. Cukup matikan iPhone, tunggu beberapa saat, lalu nyalakan iPhone kembali.

Jika sinyal iPhone masih hilang atau tetap saja tidak ada sinyal di iPhone, maka ada kemungkinan ada kesalahan di software. Kamu bisa lanjut ke langkah selanjutnya untuk mencoba mengatasi masalah jaringan iPhone ini.

 

Reset Jaringan iPhone

Jika memang murni masalah jaringan, maka kamu seharusnya bisa memperbaiki masalah sinyal iPhone ini dengan reset jaringan. Kamu bisa reset jaringan iPhone dengan membaca tutorial mudah di artikel ini. Baca: Cara Reset Network iPhone dan iPad.

Reset jaringan akan membuat pengaturan jaringan kamu diatur ulang seperti pengaturan pabrikan. Jika setelah reset jaringan dan sinyal iPhone masih hilang dan hanya muncul No Service, maka kamu mungkin bisa lanjut ke langkah berikutnya di bawah ini.

 

Reset iPhone

Kamu bisa mencoba untuk mereset iPhone kamu dan membuat iPhone kamu seperti baru. Ya, seluruh sistem operasi iOS akan direset dan diatur ulang. Kelemahannya adalah semua data kamu akan hilang. Baca: Cara Reset iPhone dan iPad.

Sebelum kamu melanjutkan untuk reset iPhone, kamu bisa backup dulu data-data penting kamu di iPhone kamu agar semua data yang terhapus bisa kamu kembalikan lagi. Baca: Cara Backup iPhone dan iPad.

 

Restore iPhone

Restore iPhone ini memiliki fungsi yang sama dengan reset iPhone. efek yang ditimbilkan juga sama, yaitu membuat iPhone menjadi seperti baru dan menghapus semua data yang ada di dalam iPhone kamu.

Bedanya, proses restore akan melakukan download iOS langsung dari server Apple dan melakukan install ulang iPhone. Sebelum restore juga sebaiknya kamu backup dulu iPhone kamu. Baca: Cara Restore iPhone dan iPad.

 

Ada Kerusakan, Bawa ke Service Center iPhone

Jika beragam cara di atas tidak membuahkan hasil, maka satu-satunya cara ya bawa saja ke service center untuk mendapatkan perbaikan. Mungkin memang ada kerusakan dan harus mengganti komponen yang berhubungan dengan jaringan. Baca: Cara Mencari Service Center Apple di Indonesia

Bagaimana? Sudah coba semuanya? Apakah sinya di iPhone masih hilang dan masih No service?

Share pengalaman kamu di kolom komentar ya, dan jangan lupa follow akun Twitter kita ­čśÇ

  Bikin Sendiri Bootable USB macOS!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Bukan Fanboy :v | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode