Home Basic 11 Tips Cara Menghemat Kuota Data iPhone yang Boros

11 Tips Cara Menghemat Kuota Data iPhone yang Boros

11 Tips Cara Menghemat Kuota Data iPhone yang Boros

Apakah iPhone boros kuota internet? Mungkin kamu merasa kuota paket data di iPhone kamu cepat habis dengan sendirinya ketika kamu menggunakan iPhone. Namun apakah benar iPhone boros kuota paket data? Apakah ada cara menghemat kuota paket data?

Tentu saja kamu bisa menghemat pemakaian paket data yang ada. Dengan demikian, penggunaan paket data akan lebih hemat dan tidak cepat habis. Cara hemat kuota paket data di iPhone sebenarnya juga tidak terlalu sulit.

Untuk kamu yang ingin tahu cara hemat penggunaan data iOS, kamu bisa mengikuti tutorial cara menghemat kuota data internet di iPhone di bawah ini.

 

Matikan Paket Data Saat Tidak Digunakan

Cara termudah untuk menghemat penggunaan kuota data iPhone adalah dengan mematikan paket data iPhone ketika sedang tidak digunakan. Contohnya adalah ketika kamu berada di dalam sebuah rapat, di perjalanan, dan lain sebagainya.

11 Tips Cara Menghemat Kuota Data iPhone yang Boros

Cara mematikan paket data di iPhone juga sangat mudah. Kamu cukup masuk ke menuΒ  Settings – Cellular dan matikan paket data iPhone kamu dari sana. Setelah paket data mati, kamu bisa aman tanpa perlu lagi khawatir pemakaian data menjadi boros.

Lalu bagaimana jika ingin menghemat kuota data namun tidak ingin mematikan data iPhone? Tenang, kamu masih bisa menggunakan beberapa tips dan trik menghemat kuota data internet iPhone di bawah ini.

 

Batasi Aplikasi Yang Menggunakan Paket Data

Kamu bisa membatasi penggunaan aplikasi iPhone yang menggunakan data. Beragam aplikasi iPhone yang boros data internet seperti Youtube mungkin akan lebih baik jika kamu akses langsung dengan sambungan Wifi yang gratis.

11 Tips Cara Menghemat Kuota Data iPhone yang Boros

Beberapa aplikasi yang berhubungan dengan multimedia seperti Youtube, Spotify, Apple Music, dan lain-lain memang sering menyebabkan boros kuota internet. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk download file multimedia tersebut agar kamu bisa akses secara offline.

Youtube, Spotify, dan Apple Music sudah menyediakan fitur untuk download dan putar offline. Dengan mengakses secara offline, kamu bisa hemat kuota data dan pemakaian data tidak akan boros.

 

Matikan Fitur Location

Fitur lokasi yang memanfaatkan GPS biasanya juga membutuhkan aliran data agar bisa melakukan transfer data dengan optimal. Bahkan ketika menggunakan aplikasi lain yang tidak ada hubungannya dengan peta atau navigasi, fitur lokasi bisa saja menyala.

11 Tips Cara Menghemat Kuota Data iPhone yang Boros

Beberapa aplikasi chat dan sosial media seperti BBM, Facebook, dan lain-lain bisa mengakses fitur lokasi bahkan ketika kamu tidak membuka aplikasi. tentu saja ini bisa berpotensi membuat penggunaan kuota internet iPhone menjadi boros.

Kamu bisa menghemat kuota data internet iPhone dengan cara mematikan fitur lokasi di aplikasi yang sekiranya tidak perlu fitur ini. Selain itu, kamu juga bisa meningkatkan privasi karena tidak membagikan lokasi kamu ke publik. Baca: Aplikasi iOS Peta Terbaik di iPhone.

 

Matikan Background App Refresh

Fitur Background App Refresh ini juga memiliki fungsi yang cukup bermanfaat. Aplikasi yang memiliki akses Background App Refresh ini akan memiliki kemampuan untuk mengupdate segala informasi di latar belakang ketika aplikasi tidak sedang dibuka.

11 Tips Cara Menghemat Kuota Data iPhone yang Boros

Namun bukan berarti tidak ada efek sampingnya. Tentu saja karena selalu update informasi di latar belakang, iPhone akan lebih banyak menggunakan data internet dan menyebabkan paket data kamu lebih cepat habis.

Solusinya tentu saja mematikan Background App Refresh ini. Kamu juga bisa mematikan Background App Refresh hanya untuk aplikasi tertentu saja yang kamu rasa membuat penggunaan kuota internet menjadi boros. Baca: Apa Itu Background App Refresh dan Manfaatnya.

 

Matikan Download Otomatis Menggunakan Paket Data

IOS memiliki fitur unik yang memudahkan kita untuk mendapatkan beragam konten yang sudah kita beli ke semua perangkat iOS yang kita miliki. Ya, fitur download otomatis bisa menjadi solusi yang praktis dan mudah.

11 Tips Cara Menghemat Kuota Data iPhone yang Boros

Namun akan lebih baik jika fitur download otomatis tersebut tidak menggunakan paket data. Apalagi jika secara tidak sengaja iPhone melakukan download file dengan ukuran yang sangat besar.

Jika menggunakan paket data tentu kuota internet kamu akan boros dan cepat habis. Untuk menghemat kuota data, matikan saja download otomatis atau matikan akses download otomatis ketika tidak tersambung ke Wifi. Baca: Cara Mematikan Download Otomatis Update Aplikasi iOS.

 

Gunakan Wifi

Solusi terbaik yang bisa kamu lakukan untuk tetap menggunakan semua fungsi internet tanpa harus khawatir paket data cepat habis adalah dengan menggunakan wifi. Ya, jenis koneksi internet dengan menggunakan Wifi ini sudah sangat marak sekarang.

11 Tips Cara Menghemat Kuota Data iPhone yang Boros

Bukan cuma Wifi yang berbayar atau Wifi gratis di beberapa tempat, sekarang juga sudah banyak sekali dijual mini router yang bisa memancarkan sinyal Wifi. Produk ini sih lebih umum disebut dengan Mifi.

Wifi bisa menjadi alternatif untuk menghemat kuota paket data iPhone agar tidak boros. Namun alangkah lebih baik jika Wifi yang kamu gunakan juga merupakan Wifi gratis dan unlimited. Baca: Mitos Seputar Wifi yang Harus Kamu Tahu.

 

Matikan Streaming Musik Dengan Kuota Data

Mau mendengarkan musik dengan streaming dan tanpa harus menghabiskan memori storage iPhone? Kamu bisa streaming layanan musik seperti Apple Music, JOOX, Spotify, dan lain sebagainya.

11 Tips Cara Menghemat Kuota Data iPhone yang Boros

Namun tentu saja kamu tidak boleh menggunakan paket data internet jika tidak ingin kuota data menjadi boros dan cepat habis. Salah satu cara terbaik untuk streaming musik tanpa harus kehabisan kuota paket data iPhone adalah dengan streaming melalui Wifi.

Alternatif lain, kamu bisa download musik atau lagu ke iPhone ketika kamu sedang berada di area Wifi. Dengan download lagu ke iPhone, kamu akan bisa memainkan musik atau lagu di iPhone tanpa harus online. Baca: Aplikasi iOS Layanan Musik Offline Untuk iPhone.

 

Matikan iCloud Photo Gallery

ICloud Photo library memungkinkan kamu untuk terus melakukan sinkronisasi foto dan video yang ada di iPhone kamu ke layanan penyimpanan iCloud. Kelebihannya adalah kamu akan bisa mengakses semua foto dan video yang kamu simpan ke semua perangkat Apple kamu.

11 Tips Cara Menghemat Kuota Data iPhone yang Boros

Kelemahan dan kekurangan iCloud Photo Library adalah fitur ini membuat kouta internet iPhone menjadi boros dan cepat habis. Dengan mematikan iCloud Photo Gallery, kamu akan menghemat kuota iPhone lebih banyak. Baca: Ini Dia Fitur iCloud Photo Gallery dan Stream My Photo Baru di iOS

 

Gunakan Browser Hemat Data

Kamu suka browsing dengan iPhone? Kamu butuh aplikasi web browser yang lebih hemat data. Ada cukup banyak aplikasi browser iPhone, namun yang paling saya suka adalah Opera Mini. Baca: Opera, Browser Hemat Data di iPhone dan iPad.

11 Tips Cara Menghemat Kuota Data iPhone yang Boros

Kelebihan Opera Mini ini tentu saja jauh lebih hemat dalam hal penggunaan data. Kamu bisa browsing dengan hemat tanpa harus mengorbankan banyak sisi kualitas halaman web. Mau lebih hemat lagi? Tentu saja bisa dengan cara memaksimalkan penghematan data iPhone.

 

Gunakan iTunes Agar Hemat Download Aplikasi

Kamu sering update aplikasi iOS di iPhone atau iPad? Kamu bisa mencoba untuk download aplikasi iOS tersebut sekali saja menggunakan iTunes yang ada di komputer PC atau laptop dan bisa kamu install di iPhone dan iPad.

Dengan download aplikasi iOS ke iTunes yang ada di PC atau laptop, tentu saja kamu cukup download sekali saja dan bisa kamu gunakan beberapa kali. Jelas ini bisa menghemat kuota data internet untuk download aplikasi. Baca: Cara Hemat Kuota Paket Data Dengan Download Aplikasi iOS di iTunes.

 

Matikan Paket Data

Masih kurang puas dengan tips dan trik cara menghemat kuota data di iPhone yang ada di artikel ini? Cara terbaik yang bisa kamu gunakan untuk menghemat data iPhone adalah dengan mematikan paket data internet. Ya, iPhone tidak akan lagi menggunakan paket data apapun.

Bagaimana? Ada tips dan trik lain yang bisa menghemat kuota iPhone?

Share pengalaman kamu di kolom komentar ya, dan jangan lupa follow akun Twitter kita πŸ˜€

  Buka Bungkus Kartu Perdana Jaman Old!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Bukan Fanboy :v | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode