Home iPad Apa Itu Background App Refresh dan Apa Manfaatnya?

Apa Itu Background App Refresh dan Apa Manfaatnya?

Apa Itu Background App Refresh dan Apa Manfaatnya?

Ketika pertama kali iOS dirilis, kamu hanya akan mendapati aplikasi yang tidak bisa berjalan di background. Namun sejak iOS 7, semua aplikasi bisa didesain untuk bisa berjalan di background. Keren? Mungkin. Namun kita sebagai pengguna tidak diberikan keleluasaan untuk mengendalikan aplikasi apa saja yang diperbolehkan untuk bekerja di latar belakang.

Nah, beberapa waktu sesudahnya Apple merilis opsi Background App Refresh yang ada di menu Setting. Tujuannya adalah agar kita bisa memilih aplikasi mana saja yang boleh berjalan di latar belakang. Sebenarnya, apa itu Background App Refresh?

Background App Refresh adalah fitur yang emmungkinkan apliakasi untuk memperbarui beraga informasi saat berjalan di background. Fitur ini hanya aktif jika aplikasi yang berjalan di background tersebut statusnya active bukan suspended atau inactive. Contohnya adalah jika kamu pakai aplikasi LINE, begitu ada puluhan atau ratusan chat, kamu bisa langsung melihat chat tersebut ketika dibuka, tanpa perlu loading apapun lagi.

Konsekuensinya? Tentu saja baterai akan lebih cepat habis. Selain itu karena terus-menerus melakukan update, paket data yang dipakai juga lebih besar. Hal ini menyebabkan pemborosan kuota saja jika kamu tidak menggunakan Wifi gratis.

Kamu bisa mengaktifkan atau menonaktifkan fitur Background App Refresh dengan beberapa langkah berikut ini :

  1. Masuk ke Setting – General – Background App Refresh.
  2. Kamu bisa pilih aplikasi mana saja yang diperbolehkan. Atau jika kamu mau, kamu bisa mematikan background App Refresh secara penuh.
    Apa Itu Background App Refresh dan Apa Manfaatnya?
  3. Saran kita sih, untuk aplikasi chatting seperti LINE, Messenger, BBM, Facebook dll dinonaktifkan saja. Untuk aplikasi seperti Google Maps, HERE WeGo, Skype dinyalakan saja agar proses navigasi dan panggilan tetap terjaga.

Bagaimana? Apakah kamu merasa Background App Refresh itu penting?

  Review Microsoft Edge di iOS & Android  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Bukan Fanboy :v | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode