Home Basic 6 Tips Cara Memperbaiki iPhone Tidak Mau Nge-Charge

6 Tips Cara Memperbaiki iPhone Tidak Mau Nge-Charge

Tips Cara Memperbaiki iPhone Tidak Mau Nge-Charge

iPhone adalah smartphone buatan Apple yang hadir dengan beragam kelebihan dan keunggulan tersendiri yang membuatnya berbeda dengan smartphone lain. Namun apakah iPhone tidak pernah punya masalah?

Mungkin kamu pernah mengalami masalah iPhone tidak bisa charge baterai. Ya, kadang iPhone mengalami masalah charging baterai yang membuat iPhone tidak bisa mengisi baterainya. Apakah ada solusi dan cara mengatasi masalah iPhone tidak mau dicharge ini?

Baca Juga: 

Untuk kamu yang mengalami masalah serupa, mungkin kamu bisa mengikuti beberapa tips dan tutorial mudah di bawah ini.

 

Coba Chargernya ke iPhone Lain

Kamu pasti penasaran apakah chargernya bekerja atau tidak kan? Kamu bisa coba chargernya ke iPhone lain. Ya, hal ini bisa memastikan apakah ada kerusakan di charger atau tidak.

Kalau iPhone lain tetap tidak bisa charge, ada kemungkinan masalah pada charger tersebut dan kamu harus ganti chargernya. Jika iPhone lain bisa dicharge dengan charger tersebut, maka ada masalah pada iPhone yang tidak mau charge tersebut.

 

Coba Ganti Charger

Mengganti charger adalah cara yang bisa kamu lakukan berikutnya. Mungkin charger yang kamu gunakan tidak original sehingga kemungkinan besar tidak bisa digunakan untuk charge baterai iPhone.

Tips Cara Memperbaiki iPhone Tidak Mau Nge-Charge

Pastikan untuk tetap menggunakan charger yang asli karena charger original bekerja dengan kinerja terbaik dan paling sesuai tentu saja bisa menjaga proses charging baterai sekaligus menjaga kondisi baterai.

 

Gunakan Sumber Listrik Terbaik

Untuk hasil terbaik, selalu gunakan sumber listrik dari stop kontak, dan jangan terlalu mengandalkan sumber listrik dari powerbank atau dari laptop. Sumber listrik tersebut tidak selalu menghasilkan daya yang sesuai.

Sumber listrik yang disarankan oleh Apple tentu saja langsung dari stop kontak. Pastikan juga untuk tetap menggunakan adapter dan kabel yang asli dan original dari Apple. Jika dari pihak ketiga, pastikan sudah sesuai dengan standar Apple.

 

Restart iPhone

Tidak selamanya iPhone yang tidak mau charge baterai ini karena masalah hardware atau masalah charger saja. Mungkin saja iPhone tersebut sebenarnya nge-charge tetapi tidak menampilkan informasi charging tersebut.

Kamu bisa mencoba untuk merestart iPhone tersebut. Cukup matikan iPhone seperti biasa lalu nyalakan iPhone kembali dan coba charge baterainya apakah masih tidak mau ngecas atau sudah bisa.

 

Reset iPhone Jika Masih Cukup Baterai

Sudah restart iPhone tetapi masih tidak bisa charge baterai? Jika baterai masih cukup, kamu bisa coba reset iPhone kamu. Dengan melakukan reset iPhone, semua data akan terhapus dan iPhone akan kembali seperti baru lagi.

Untuk tutorial cara reset iPhone, kamu bisa baca artikel ini. Baca: Tutorial Cara Reset iPhone dan iPad. Namun jika kamu ingin data tidak hilang, kamu bisa backup data iPhone terlebih dahulu. Baca: Cara Backup Data iPhone dan iPad.

 

Mungkin Ada Yang Rusak

Jika beberapa langkah di atas masih tidak bisa charge, maka kemungkinan besar memang ada yang rusak dan mau tidak mau harus diperbaiki ke service center untuk diganti beberapa komponen dalam iPhone kamu.

Kamu bisa cek service center Apple di Indonesia dengan tutorial mudah berikut ini. Baca: Cara Mencari Service Center Apple di Indonesia.

Bagaimana? Sudah berhasil memperbaiki iPhone yang tidak mau nge-charge?

Share pengalaman kamu di kolom komentar ya, dan jangan lupa follow akun Twitter kita juga ya 😀

  Video: Review Smartband Zeblaze Zeband Plus  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong