Ada banyak banget hal yang terjadi di dunia Apple dalam seminggu terakhir, dan disini MacPoin merangkum 6 headline Apple yang jadi trending minggu ini.

NB: Pastikan subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan info menarik teknologi, termasuk berbagai video dari MacPoin.

1. iPhone Dual SIM Murah

Headline Apple pertama datang dari analis KGI Securities, Ming Chi Kuo yang selama ini prediksinya cukup akurat. Sebelumnya Ming Chi Kuo memprediksi bahwa tahun ini Apple bakal merilis 3 varian iPhone baru — dan kali ini ada kabar yang cukup mengejutkan bahwa iPhone varian 6.1 Inch LCD bakal terdiri dari dua model, yaitu Single SIM dan Dual SIM.

iPhone 6.1 inch LCD Single SIM bakal dijual seharga 7,6 sampai 9 jutaan rupuah — sedangkan versi Dual SIM bakal dijual 9 jutaan sampai 10.4 jutaan rupiah.

Meskipun harga ini masih terlihat mahal jika dibanding smartphone kebanyakan, tetapi untuk iPhone yang dibandrol harga mulai 7,6 jutaan — sudah terbilang murah jika dibanding versi sebelumnya.

2. macOS Dark Mode

Headline Apple Kedua datang dari macOS, dari analisa source code WebKit yang dilakukan Guilherme Rambo, versi terbaru macOS selanjutnya yaitu macOS 10.14 diprediksi bakal memiliki Dark Mode.

Saat ini memang macOS sudah memiliki Dark Mode, tetapi sekedar berefek di menu bar dan dock saja. Jika benar bakal diimplementasikan Apple, maka macOS 10.14 nanti bakal memiliki dark mode yang menggelapkan nyaris seluruh bagian macOS secara menyeluruh.

Sebenarnya Dark Mode juga merupakan fitur yang banyak dinanti pengguna iPhone, tetapi sayangnya kode serupa tidak terlihat di iOS 12 — jadi nampaknya fitur ini akan absen di iOS terbaru nanti.

3. iPhone SE 2

Headline Apple ketiga datang dari iPhone SE 2, dimana menurut bocoran case maker — iPhone SE 2 bakal dirilis bulan depan, dengan layar 4 inch, dan desain tetap seperti iPhone 5s. Chip diupgrade dari A9 ke A10 seperti yang dipakai oleh iPhone 7, tetapi ada satu hal menarik, meskipun memakai desain tetap seperti iPhone 5s, tetapi iPhone SE 2 tidak lagi dilengkapi dengan headphone jack.

4. iOS 12

Headline Apple keempat datang dari iPhone 5s. Meskipun terbilang lawas, tetapi iPhone 5s bakal tetap mendapatkan update iOS 12. Hal ini terindikasi dari kode WebKit yang memiliki referensi ke iOS 12 yang ditemukan oleh MacGeneration.

Jika memang mendapatkan iOS 12, maka iPhone 5s bakal mendapatkan update mayor hingga satu tahun lebih lama dari update mayor yang pernah diterima oleh iPhone 4s dan iPhone 5.

5. Samsung vs iPhone

Headline Apple kelima datang dari rivalitas Samsung dan Apple. Berdasarkan rating Consumer Reports, smartphone dengan rating tertinggi diraih oleh Samsung Galaxy S9 dan S9+ — sedangkan iPhone 8 Plus dan iPhone 8 berada di urutan keenam dan ketujuh. Andalan Apple iPhone X malah berada di urutan kedelapan versi consumer reports.

iPhone X sebenarnya berada di urutan teratas untuk rating kamera, tetapi kalah di beberapa area lain seperti drop test, drop test, hingga ketersediaan headphone jack.

Selain itu di sisi lain, di kuarter pertama tahun 2018 ini Samsung unggul dalam jumlah aktivasi smartphone, menjadi brand paling populer di US dengan 39% aktivasi — dibanding Apple yang berada di urutan terpopuler kedua dengan 31% aktivasi.

Tetapi untuk urusan loyalitas pelanggan, iPhone masih mengungguli samsung dengan 90% loyalitas — dibandingkan samsung yang hanya 70% loyalitas saja.

6. Daisy

Headline Apple terakhir datang dari robot terbaru buatan Apple. Di tahun 2016 lalu Apple memperkenalkan Liam, robot yang digunakan Apple membongkar komponen iPhone untuk di-daur ulang. Kali ini mereka baru saja memperkenalkan robot baru yang lebih canggih dan lebih efisien daripada Liam, yaitu Daisy.

Daisy mampu membongkar 9 versi iPhone dengan kapasitas hingga 200 iPhone setiap jamnya. Tidak hanya sekedar membongkar, Daisy juga memisah dan memilah setiap komponen, sehingga Apple bisa mendaur ulang material yang dengan cara tradisional sulit untuk didaur ulang.

Saat ini masih hanya ada satu Daisy yang terletak di Austin, dan Apple berencana akan membuat 10 Robot Daisy untuk disebar di 10 lokasi Apple Distribution Center lainnya.

Nah itulah gaes enam headline apple yang terjadi dalam seminggu terakhir. Buat kamu yang punya pendapat seputar headline Apple ini, silakan sampaikan di kolom komentar.

Pastikan kunjungi terus MacPoin untuk info lengkap seputar iPhone, Mac, dan perangkat Apple lainnya.