Home iPhone Pakai “Dark Mode” Bikin Layar OLED iPhone X Hemat Baterai

Pakai “Dark Mode” Bikin Layar OLED iPhone X Hemat Baterai

Pakai Dark Mode Bikin Layar OLED iPhone X Hemat Baterai

Layar OLED memang sering diklaim lebih hemat baterai. Itu karena layar OLED tidak membutuhkan backlight, dan jika tidak ada warna yang ditampilkan, maka sel-sel layar OLED akan benar-benar mati.

Karena tidak membutuhkan backlight, maka secara teori layar OLED akan jauh lebih hemat baterai dari layar LED biasa. Namun bagaimana dengan layar OLED di iPhone X terbaru?

Baca Juga:

Dilansir dari Apple Insider , mereka melakukan ujicoba dengan menggunakan “Dark Mode” dengan Smart Invert Color. Dari hasil percobaan tersebut, iPhone X bisa lebih hemat baterai hingga 60% dalam 3 jam lamanya.

Setelah penggunaan lebih dari 3 jam, baterai di iPhone X dalam mode biasa hanya tersisa 28%. Jika menggunakan Smart Invert Color, baterai yang tersisa masih 85%. Jumlah yang cukup banyak.

Warna hitam yang ditampilkan dalam layar OLED memang mampu membuat penggunaan baterai lebih irit dari biasanya. Konsumsi baterai untuk pixel warna hitam di layar OLED mirip dengan mematikan layar. Dengan kata lain, sebagian layar akan dimatikan jika menampilkan tampilan yang benar-benar gelap.

Mode Smart Inver Color yang bekerja dengan cara membalik warna, misalnya warna hitam menjadi putih. Namun pada mode ini tidak membalikan warna gambar atau aplikasi yang mendukung. Cara ini diklaim mampu menjadi cara untuk bisa mendapatkan baterai lebih hemat dalam waktu singkat.

via Apple Insider

  Bikin Sendiri Bootable USB macOS!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Bukan Fanboy :v | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode