Home Editorial 5 Aplikasi Blogger Terbaik untuk Mac yang Wajib Dimiliki

5 Aplikasi Blogger Terbaik untuk Mac yang Wajib Dimiliki

5 Aplikasi Blogger Terbaik untuk Mac yang Wajib Dimiliki

MacBook seringkali menjadi pilihan bagi para pekerja kreatif, tidak terkecuali juga bagi para blogger. Kualitas hardware premium; baterai awet; desain ringan, tipis, dan ringkas; serta platform macOS yang stabil dengan pilihan aplikasi blogger melimpah sering dijadikan sebagai alasan. Banyaknya pilihan aplikasi blogger untuk macOS terkadang membuat bingung, khususnya bagi kamu yang baru memulai karir di bidang blogging. Untuk itu di artikel ini saya akan memberikan daftar 5 aplikasi blogger untuk Mac yang menjadi andalan di aktivitas blogging saya setiap hari saat menggunakan MacBook.

 

1. Aplikasi untuk Menulis: iA Writer

5 Aplikasi Blogger Terbaik untuk Mac yang Wajib Dimiliki

Sebagai blogger, tentu aktivitas utama ngeblog adalah menulis konten. Untuk itu aplikasi word processor (aplikasi untuk menulis) wajib untuk dimiliki. Setelah mencoba berbagai macam aplikasi menulis di Mac mulai dari Ulysses, Bear, dsb — pilihan saya jatuh kepada iA Writer.

iA Writer menjadi pilihan utama saya karena beberapa alasan:

  1. Sekali bayar, tidak mengharuskan berlangganan bulanan atau tahunan.
  2. Memudahkan fokus menulis dengan menghilangkan berbagai distraksi.
  3. Bisa menggabungkan beberapa file artikel menjadi satu dokumen.
  4. Punya manajemen file dan folder baik.
  5. Mendukung markdown yang menjadi format favorit saya untuk menulis artikel.

Sebenarnya saya sempat menggunakan Ulysses dalam waktu lama, tetapi fleksibilitas iA Writer dalam mengkombinasikan beberapa file menjadi satu — serta kemudahan dalam memasukkan / manajemen gambar ke artikel — membuat saya beralih ke iA Writer. Saya semakin teguh menggunakan iA Writer begitu Ulysses memutuskan beralih dari sistem sekali bayar menjadi berlanggananan. (Baca: Aplikasi Populer Ulysses Kini Mengharuskan Kamu Berlangganan)

Download iA Writer disini

Alternatif aplikasi untuk menulis blog di Mac:

 

2. Aplikasi Screenshot: MonoSnap

5 Aplikasi Blogger Terbaik untuk Mac yang Wajib Dimiliki

Aktivitas penting lain bagi seorang blogger adalah mengambil screenshot. Apalagi kalo blog kamu banyak berisi tutorial atau panduan yang mengajarkan suatu hal kepada pembaca. Untuk keperluan mengambil screenshot di Mac, saya mengandalkan aplikasi Screenshot untuk Mac yaitu MonoSnap.

MonoSnap memungkinkan kamu mengambil screenshot full screen ataupun area, kemudian langsung disuguhi dengan editor untuk menambahkan berbagai anotasi di screenshot tersebut, misalnya saja tanda panah, teks, blur, dsb.

Download MonoSnap disini

Alternatif aplikasi untuk mengambil screenshot di Macs:

  • Memakai screenshot tool bawaan macOS
  • LightShot

Berbagai cara mengambil screenshot di Mac sudah pernah MacPoin ulas di artikel sebelumnya. (Baca: 6 Cara Mengambil Screenshot di Mac)

 

3. Aplikasi Watermark: PhotoScape X

5 Aplikasi Blogger Terbaik untuk Mac yang Wajib Dimiliki

Agar gambar di blog kamu lebih brandable dan tidak jadi favorit dari copasser (blogger nakal yang hobi copy paste artikel dari blog lain untuk dipasang di blog nya tanpa memberikan credit apapun), menambahkan watermark di gambar sangat penting untuk dilakukan. Oleh karena itu kamu perlu memiliki aplikasi watermark untuk Mac, dan pilihan saya jatuh kepada PhotoScape X.

Dengan PhotoScape X kamu bisa menambahkan watermark di Mac, baik satu gambar ataupun langsung menambahkan watermark di banyak gambar sekaligus. Selain itu kamu juga bisa melakukan batch editing seperti mengatur contrast, brightness, resize, dsb.

Download PhotoScape X disini

Panduan bagaimana cara menambahkan watermark di Mac menggunakan PhotoScape X sudah pernah MacPoin ulas di artikel sebelumnya. (Baca: Cara Menambahkan Watermark ke Banyak Gambar Sekaligus di Mac)

Alternatif aplikasi untuk menambahkan watermark di Mac:

 

4. Aplikasi Mind Map: XMind

5 Aplikasi Blogger Terbaik untuk Mac yang Wajib Dimiliki

Agar tidak kehabisan tema, saya seringkali memanfaatkan mind map untuk brainstorming. Jadi setiap tema besar akan saya bagi ke sub tema yang lebih kecil, lalu dibagi lagi ke sub tema yang lebih kecil lagi, hingga ke deretan ide artikel yang ingin ditulis. Untuk membuat mind map di Mac, XMind menjadi aplikasi mind map terbaik pilihan saya.

Download XMind disini

Alternatif aplikasi Mind Map untuk Mac:

 

5. Aplikasi To-Do List: Things

5 Aplikasi Blogger Terbaik untuk Mac yang Wajib Dimiliki

Menjadi blogger itu mudah, tetapi menjadi blogger konsisten — itu yang sulit! Agar bisa tetap konsisten, memiliki rencana harian yang berisi daftar task yang perlu diselesaikan setiap hari adalah hal wajib. Untuk itu kamu memerlukan aplikasi to-do list di Mac, dan dari sekian banyak aplikasi to-do list Mac yang pernah saya coba, Things menjadi pilihan aplikasi to-do list terbaik untuk Mac yang pernah saya gunakan.

Sebenarnya secara fitur Things tidak jauh berbeda dengan aplikasi lain seperti Todoist misalnya, hanya saja sistemnya adalah sekali beli (dan ini menjadi metode pembayaran favorit saya, dibandingkan dengan berlangganan bulanan / tahunan).

Download Things disini

Alternatif aplikasi To-do List untuk Mac:

Itulah ulasan sekaligus link download aplikasi blogger terbaik yang saya gunakan setiap hari saat blogging di Mac. Jika kamu punya aplikasi andalan lain untuk aktivitas blogging, langsung saja bagikan di kolom komentar.

  Cara Format Flashdisk / Hardisk di Mac  

Productivity addict. Geek by nature. Cross platform tech author.