Home Basic 6 Cara Mengambil Screenshot di Mac dan MacBook

6 Cara Mengambil Screenshot di Mac dan MacBook

5 Cara Mengambil Screenshot di Mac dan MacBook

Mengambil screenshot atau print screen memang menjadi pekerjaan penting bagi beberapa orang. Untuk yang sering bekerja membuat artikel tutorial dan review seperti saya, sudah kewajiban untuk mengetahui cara screenshot beserta shortcut keyboard.

Komputer Mac atau MacBook menggunakan OS X atau macOS yang tentu saja memiliki cara screenshot atau cara print screen yang berbeda dengan Windows. Bahkan keyboard Mac juga berbeda dengan Windows sehingga wajar jika shortcut keyboard screenshot Mac berbeda.

Baca Juga:

Nah ada beberapa cara screenshot Mac yang harus kamu tahu, beserta dengan keyboard shortcut yang juga kamu harus tahu. Dengan mengetahui cara print screen Mac, kamu bisa menentukan cara mana yang terbaik untuk kamu coba untuk mengambil tangkapan layar komputer Mac OS X atau macOS kamu.

 

Screenshot Mac Layar Penuh

Cara screenshot yang satu ini bisa dibilang yang paling mudah. Kamu tidak perlu memikirkan area print screen atau screenshot karena hasil screenshot ini adalah satu layar penuh. Semua yang kamu lihat di layar Mac atau MacBook kamu adalah apa yang akan diambil dalam proses print screen atau screenshot.

5 Cara Mengambil Screenshot di Mac dan MacBook

Cara screenshot satu layar penuh juga sangat mudah. Cukup tekan shortcut Cmd + Shift + 3 saja. Kamu bisa mendengar suara jepretan layar yang berarti proses screenshot sudah selesai. Kamu bisa lihat hasil screenshot di Desktop Mac OS X atau macOS kamu.

 

Screenshot Sebagian Layar Mac

Mungkin kamu ingin mengambil gambar dari layar Mac sebagian saja. Ya, kamu bisa melakukannya tanpa harus mengambil satu layar penuh untuk kamu screenshot meskipun kamu bisa mengedit hasil screenshot tersebut.

5 Cara Mengambil Screenshot di Mac dan MacBook

Kamu bisa tekan shortcut Cmd + Shift + 4 saja. Kamu akan melihat ikon kursor mouse akan berubah menjadi selektor yang akan menyeleksi area yang akan kamu print screen. Cukup klik dan tahan, lalu drag di area yang ingin kamu print screen. Hasil screenshot akan disimpan di Desktop Mac.

 

Screenshot Satu Jendela Program Mac

Mengambil print screen secara manual satu jendela dengan seleksi cara di atas mungkin bisa, namun hasilnya tidak akan bisa serapi menggunakan shortcut screenshot Mac yang memang ditujukan untuk print screen satu jendela penuh.

5 Cara Mengambil Screenshot di Mac dan MacBook

Cukup siapkan jendela aplikais atau program yang akan kamu dengan cara membuka program tersebut, lalu tekan shortcut Cmd + Shift + 3 + Space (Spasi). Ikon kursor akan berubah menjadi ikon kamera yang akan memberikan pemberitahuan jendela mana yang akan kamu print screen. Hasil bisa kamu lihat di desktop Mac.

 

Screenshot ke Clipboard

Bagaimana cara screenshot Mac jika kamu tidak ingin langsung menyimpannya ke desktop tetapi ingin melakukan copy paste hasil screenshot langsung ke suatu program? Kamu harus menyimpan screenshot atau print screen Mac tersebut ke clipboard.

Cara screenshot Mac dan menyimpan ke clipboard sangat mudah. Kamu bisa baca artikel ini untuk cara print screen Mac ke Clipboard tanpa harus disimpan ke Desktop. Baca: Cara Screenshot Mac ke Clipboard Tanpa Disimpan ke Desktop

 

Screenshot Timer dengan Grab

Kamu bisa juga melakukan screenshot dengan timer, alias melakukan screenshot atau print screen secara otomatis dalam selang waktu tertentu. Kamu tidak perlu aplikasi tambahan, yang kamu butuhkan hanyalah aplikasi Grab yang sudah ada di OS X atau macOS kamu.

Untuk tutorial cara print screen Mac dengan Grab, kamu bisa baca tutorial lengkap cara screenshot dengan Grab di sini. Baca: Cara Screenshot Mac Dengan Timer Menggunakan Grab.

Bagaimana? Cara print screen Mac mana yang menjadi favorit kamu?

Share pengalaman kamu di kolom komentar ya, dan jangan lupa follow akun Twitter kita 😀

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong