Home Basic Cara Print Screen Mac dan MacBook ke Clipboard

Cara Print Screen Mac dan MacBook ke Clipboard

Cara Print Screen Mac dan MacBook ke Clipboard

Melakukan screenshot atau print screen Mac akan disimpan ke desktop secara default. Misal kamu sedang bekerja dengan Microsoft Word, kamu tentu saja tidak bisa langsung copy paste dari clipboard. Kamu harus menyalin gambar dari desktop ke dokumen.

Ada kalanya kamu ingin melakukan screenshot atau print screen di Mac tanpa menyimpan dulu ke desktop. Jadi ketika kamu melakukan print screen, kamu langsung melakukan paste dari clipboard tanpa harus menyimpan gambar tersebut ke clipboard.

Kamu bisa mengambil print screen di Mac OS X atau macOS ke clipboard tanpa menyimpan ke desktop Mac lebih dulu. Kamu bisa langsung menggunakan gambar screenshot tersebut ke program atau dokumen yang bisa mengakses clipboard.

Baca Juga:

Untuk kamu yang ingin tahu cara print screen Mac ke clipboard tanpa harus menyimpan hasil screenshot ke desktop, kamu bisa ikuti tutorial mudah berikut ini.

  1. Pastikan kamu sudah berada di tampilan yang akan kamu screenshot. Entah apakah itu satu layar penuh, satu jendela, dan lain sebagainya.
  2. Pilih salah satu shortcut keyboard Mac ini.
  3. Untuk mengambil screenshot satu layar penuh, tekan shortcut keyboard Cmd + Shift + Control + 3.
    Cara Print Screen Mac dan MacBook ke Clipboard
  4. Untuk mengambil print screen di area tertentu, tekan keyboard shortcut Cmd + Shift + Control + 4.
    Cara Print Screen Mac dan MacBook ke Clipboard
  5. Untuk mengambil print screen satu jendela program, tekan keyboard shortcut Cmd + Shift + Control + Space + 4.
  6. Kamu tinggal lakukan paste ke aplikasi atau program Mac seperti Word atau Pages. Kamu tidak akan menemukan gambar tersebut di desktop Mac.

Kelebihan mengambil screenshot ke clipboard adalah kamu tidak perlu khawatir desktop kamu berantakan karena terlalu banyak gambar hasil print screen atau screenshot. Kamu cukup gunakan gambar sesuai keperluan dan langsung digunakan tanpa perlu menyimpannya.

Kelemahan dan kekurangan dari cara print screen ke clipboard seperti ini tentu saja kamu tidak akan bisa menggunakan gambar tersebut dalam bentuk PNG atau JPG secara langsung seperti kamu menggunakan hasil screenshot yang disimpan ke desktop Mac.

Bagaimana? Gampang kan? Sudah coba mengambil print screen Mac ke clipboard tanpa menyimpannya ke desktop Mac?

Share pengalaman kamu ke kolom komentar ya, dan jangan lupa follow akun Twitter kita 😀

  Bikin Sendiri Bootable USB macOS!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Bukan Fanboy :v | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode