4 Penyebab iPhone Sering Restart Sendiri Tiba-Tiba

Apakah iPhone kamu sering restart sendiri? Tentu saja ada penyebab mengapa iPhone tersebut sering mati lalu menyala sendiri tanpa keinginan.

Ada cukup banyak penyebab mengapa iPhone sering sekali tiba-tiba restart sendiri secara acak. Bukan cuma restart sendiri, bahkan iPhone kadang mati total secara tiba-tiba dan tidak mau dihidupkan lagi hingga beberapa saat.

Dalam banyak kasus iPhone sering restart / mati sendiri secara tiba-tiba banyak dialami oleh pengguna iPhone lawas. Tetapi memang tidak menutup kemungkinan iPhone seri terbaru juga mengalaminya. Berikut ini adalah 4 penyebab iPhone sering restart sendiri secara acak

 UPDATE: iPhone dan iPad Mati Mendadak setelah tanggal 2 Desember 2017 kemarin? Bisa jadi kamu korban bug crash loop di iOS 11.1.2. Baca artikel ini untuk memperbaikinya: Cara Mengatasi iPhone Crash Loop (Restart Terus Menerus) 

 

Kerusakan Hardware

Penyebab yang hampir pasti mengapa iPhone sering restart sendiri adalah adanya kerusakan hardware. Ya jelas karena iPhone tersebut sudah usang secara usia dan teknologi. Jadi jangan heran jika iPhone sering mati dan menyala secara mendadak.

4 Penyebab iPhone Sering Restart Sendiri Tiba-Tiba

Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah membawanya ke service center iPhone terdekat. Kamu bisa menemukan service center iPhone resmi di Indonesia di sini. Baca: Inilah Service Center Apple Resmi di Indonesia.

 

Permasalahan iOS

Masalah sistem operasi iOS juga bisa menyebabkan iPhone sering restart sendiri. Entah itu sekedar bug di iOS seperti kasus bug crash loop yang sedang hot, atau terjadinya error karena suatu hal. (Baca juga: Cara Mengatasi iPhone Crash Loop — Restart Terus Menerus)

Jika penyebab iPhone restart sendiri adalah karena masalah iOS, maka kamu bisa coba lakukan update iOS, reset iOS, atau restore iPhone dengan factory reset. Kamu bisa melakukannya melalui iTunes atau langsung dari iPhone itu sendiri.

 

Aplikasi Konflik

Bisa jadi hanya karena aplikasi tertentu iPhone menjadi sering restart. Ya, ada beberapa aplikasi yang mengalami konflik sehingga harus memaksa iOS untuk memulai ulang dari awal.

Solusinya adalah dengan cara menghapus aplikasi yang konflik tersebut. Tidak tahu aplikasi mana saja yang menyebabkan masalah? kamu bisa hapus semua aplikasi dan mengembalikan iOS seperti baru dengan reset iOS. Baca: Cara Reset iPhone dan iPad.

 

Jailbreak atau Virus

Kamu pengguna iPhone jailbreak? Ada kemungkinan masalah datang di sini. Ya, dengan melakukan jailbreak, maka kamu akan membuka semua proteksi yang melindungi iPhone kamu.

4 Penyebab iPhone Sering Restart Sendiri Tiba-Tiba

Mungkin efek yang kamu rasakan dari jailbreak adalah mendapatkan keleluasaan melakukan beragam tweak iPhone, namun jangan lupa juga kalau kamu membuka banyak sekali celah untuk disusupi virus.

Solusinya, kamu bisa menghapus jailbreak yang ada di iPhone kamu, atau yang lebih dikenal dengan nama unjailbreak iPhone.

Bagaimana? Kamu sudah coba mengatasi masalah iPhone sering restart tiba-tiba?

Share pengalaman kamu di kolom komentar ya, dan jangan lupa follow akun Twitter kita 😀

  Review Aplikasi Streaming Piala Dunia 2018  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.