Home Basic Cara Mengaktifkan Night Shift di Mac dan MacBook

Cara Mengaktifkan Night Shift di Mac dan MacBook

Cara Mengaktifkan Night Shift di Mac dan MacBook

Pengguna iPhone dan iPad dengan iOS 9 dan iOS 10? Kamu pasti sudah bisa menggunakan fitur Night Shift. Bagaimana dengan pengguna Mac dan MacBook? Apakah Mac OS X atau macOS bisa menggunakan Night Shift?

Ya, Mac dan MacBook bisa menggunakan Night Shift tanpa perlu aplikasi tambahan lagi. Namun Night Shift di Mac hanya bisa digunakan di Mac dan MacBook yang sudah menggunakan macOS Sierra 10.12.4 terbaru saja. OS X dan macOS Sierra lawas masih belum bisa mengaktifkan Night Shift.

Jadi sebelum mencari tahu cara mengaktifkan Night Shift Mac atau MacBook, kamu harus update dulu Mac dan MacBook ke macOS Sierra 10.12.4 dulu. Setelah itu, kamu bisa menggunakan Night Shift tanpa perlu aplikasi tambahan lagi.

Baca Juga:

Untuk kamu yang ingin menggunakan Night Shift di Mac dan MacBook, kamu bisa mengikuti tutorial cara mengaktifkan Night Shift berikut ini.

  1. Pastikan Mac dan MacBook sudah update ke macOS Sierra 10.12.4. Fitur Night Shift tidak akan muncul jika kamu masih belum upgrade OS X atau macOS kamu ke versi macOS Sierra 10.12.4.
  2. Buka notification center di Mac atau MacBook kamu. Kamu bisa membuka notification center Mac dengan klik ikon Notification di pojok kanan menu bar Mac.
  3. Tarik scroll dari atas ke bawah untuk menampilkan Night Shift. Kamu akan melihat pengaturan lain seperti Do Not Disturb.
  4. Jika Night Shift tidak muncul berarti macOS Sierra kamu belum update. Kamu harus download dan install update macOS Sierra 10.12.4.
    Cara Mengaktifkan Night Shift di Mac dan MacBook
  5. Kamu tinggal mengaktifkan Night Shift langsung dari Notification Center Mac.
  6. Ketika Night Shift aktif, layar akan berubah menjadi kekuningan. Jangan panik, karena memang fungsi Night Shift adalah membuat layar menghasilkan warna yang lebih hangat.
  7. Kamu juga bisa mematikan Night Shift Mac langsung dari Notification Center juga.

Mengaktifkan Night Shift membuat layar Mac dan MacBook menjadi kekuningan. Memang itu tujuannya. Dengan mengubah warna menjadi lebih kekuningan alias lebih hangat, akan mengurangi radiasi sinar biru.

Cahaya biru yang berasal dari layar perangkat elektronik di malam hari dikatakan mampu mempengaruhi pola tidur kita dan menyebabkan beberapa permasalahan tidur seperti insomnia.

Dengan mengurangi paparan cahaya biru, maka secara teori juga akan meminimalisir segala permasalahan yang disebabkan oleh radiasi cahaya biru yang mengenai mata dan tubuh kita.

Bagaimana? Sudah coba?

Share pengalaman kamu di kolom komentar ya, dan jangan lupa follow akun Twitter kita 😀

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong