Home iPad Waspadalah! Bug Tanggal di iOS 11.1.2 Menyebabkan Crash Loop pada iPhone Besok

Waspadalah! Bug Tanggal di iOS 11.1.2 Menyebabkan Crash Loop pada iPhone Besok

iPhone 7 dan iPhone 7 Plus (Generasi ke-10)

Sebuah bug terkait tanggal di iOS 11.1.2 nampaknya akan menyebabkan iPhone untuk crash terus menerus atau restart tanpa batas saat notifikasi lokal berbasis waktu diterima setelah 2 Desember 2017 pukul 12.15 a.m waktu AS atau besok untuk waktu Indonesia (GMT +7).

Kabar ini pertama kali dibahas di Twitter dan Reddit. Masalahnya nampaknya terkait pada notifikasi lokal dari aplikasi yang menawarkan pengingat harian atau berulang. Jika kamu kurang paham, yang dimaksud adalah: Jika kamu mengatur setting salah satu aplikasi milik kamu untuk memberikan notifikasi harian namun sifatnya lokal (tidak menggunakan server milik aplikasi tersebut), misalnya aplikasi Headspace (untuk meditasi) atau aplikasi lain yang memiliki notifikasi atau pemberitahuan bersifat lokal. Ini akan menyebabkan crash pada iPhone nantinya.

Di Reddit, para pengguna telah berhasil memperbaiki masalah ini dengan menonaktifkan pemberitahuan dan mematikan refresh aplikasi latar belakang. Saat ini staf support Apple nampaknya merekomendasikan pengubahan data secara manual ke waktu sebelum masalah tersebut timbul sebagai solusi sementara. Menginstal ulang aplikasi dan melakukan restart nampaknya tidak mengatasi permasalahan. Permasalahan tersebut kelihatannya hanya dialami oleh perangkat yang menjalankan iOS 11.1.2 — Perangkat yang saat ini berada di iOS 11.2 beta tidak terdampak.

Apple Stores di Australia, yang saat ini sudah ‘mengalami’ tanggal 2 Desember, menerima banyak laporan dari pelanggan yang mengalami masalah semacam ini.

Apple memang kelihatannya akan segera memperbaiki masalah ini melalui update iOS. Namun karena sudah terlanjur terjadi, maka ini akan menimbulkan kebingungan saat perangkat mulai restart dan restart lagi.

Jika kamu mengalami crash terus menerus, maka hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menonaktifkan notifikasi untuk aplikasi yang mengirimkan pengingat reguler. Memang akan sulit mencari aplikasi mana yang bertanggung jawab atas hal ini karena ada aplikasi yang terdampak, namun ada juga yang tidak. Jika ini tidak berhasil dan iPhone kamu tetap crash, maka solusi lain adalah mengatur tanggal ke sebelum 2 Desember sambil menanti perbaikan dari Apple.

Artikel ini penting agar diketahui para pengguna Apple lain! Ketik amin, klik like dan sebarkan! Jangan berhenti di kamu saja!

Update: Apple telah merilis iOS 11.2 yang sekaligus memperbaiki bug tersebut. Kamu bisa membaca berita serta review lengkapnya pada artikel Macpoin yang lebih baru.

 

via Macrumors

  Mengganti Baterai MacBook Pro Sendiri  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

I’m into introversion.. Totally!..