Home Mac Tips Merawat Baterai MacBook Agar Awet dan Tahan Lama

Tips Merawat Baterai MacBook Agar Awet dan Tahan Lama

Tips Merawat Baterai MacBook Agar Awet dan Tahan Lama

Baterai MacBook memang terkenal memiliki kualitas yang bagus. Ditambah lagi dengan adanya integrasi yang baik antara software dan hardware membuat baterai MacBook bisa sangat awet, tahan lama, dan memiliki masa pakai baterai yang panjang.

Jangan lupa, baterai MacBook tetap memiliki umur yang terbatas. Kamu tidak akan pernah bisa mempertahankan usia atau memperpanjang umur baterai MacBook yang semakin kamu gunakan maka akan semakin aus dan usang.

Meskipun demikian, kamu masih bisa mencegah percepatan proses usang dan aus tersebut agar baterai MacBook tetap bisa bertahan lama dan lebih awet. Ingat! Kamu hanya bisa mengurangi dampak kerusakan karena aus dan usang saja, kamu tidak bisa memperpanjang usia baterai.

Sudah cukup banyak kok tips dan trik yang bisa kamu gunakan untuk membuat baterai MacBook tetap awet dan tahan lama. Merawat baterai MacBook sebenarnya tidak terlalu sulit. Kamu tetap bisa merawat baterai MacBook dengan mudah.

 

Jangan Sampai Baterai MacBook Habis

Satu tips mudah namun cukup sulit untuk orang-orang yang tidak bisa sabar adalah tetap menjaga agar baterai MacBook tidak habis. Dengan mengosongkan baterai MacBook, maka baterai akan menjadi lebih cepat rusak.

Sebaiknya kamu langsung mengisi baterai macboom ketika sudah menunjukkan 20% hingga 30%. Sangat dianjurkan untuk langsung charge baterai jika baterai kamu sudah menampilkan peringatan Baterai Lemah.

Jika kamu tidak bisa charge baterai karena listrik mati atau karena tidak bawa charger baterai, ketika baterai sudah lemah langsung kamu matikan saja MacBook kamu. Lebih baik MacBook dimatikan dalam keadaan baterai lemah daripada MacBook mati dalam keadaan baterai habis, atau bahkan baterai kosong.

 

Hindari Overcharge

Kamu sering mendengar bahwa baterai dan charger sekarang bisa memutus arus listrik ketika baterai sudah penuh. Apakah kamu percaya? Percaya atau tidak percaya sih sebenarnya boleh-boleh saja. Hanya saja, coba kamu pikirkan.

Untuk apa juga kamu terus-menerus menancapkan charger ke baterai yang sudah penuh. Membuat baterai lebih sehat? Jelas tidak mungkin! Buang-buang listrik, energi, dan membuat tagihan listrik meningkat? Itu pasti!

Jadi sebenarnya meskipun memang benar arus listrik bisa terputus ketika baterai sudah terisi penuh, tetap tidak ada manfaat yang kamu dapatkan dengan terus menancapkan charger di baterai yang sudah penuh terisi.

Justru dengan langsung mencabut charger ketika baterai sudah penuh, akan mengurangi jumlah cycle count yang tidak perlu. Baterai menjadi lebih sehat, dan tidak ada energi yang terbuang percuma.

 

Jaga MacBook Agar Terhindar Dari Panas Berlebih

Satu lagi cara mudah namun sulit untuk diterapkan dalam kehidupan nyata. Jangan sampai MacBook kamu mengalami overheat atau terlalu panas. Bahkan jika terasa cukup panas, itu juga bisa lebih cepat merusak baterai.

Sebisa mungkin jangan sampai MacBook menjadi terlalu panas. Panas bisa merusak sel-sel baterai dan membuat baterai lebih cepat rusak. Baca: Cara Mengatasi Mac dan MacBook Agar Tidak Cepat Panas.

 

Coba Kalibrasi Baterai MacBook

Jika baterai MacBook kamu terasa lebih cepat habis dari biasanya, kamu bisa mencoba untuk melakukan kalibrasi baterai MacBook. Dengan melakukan kalibrasi baterai MacBook, maka baterai MacBook akan direset dan bisa bekerja normal seperti sedia kala.

Buat kamu yang mau melakukan kalibrasi baterai MacBook, bisa baca artikel yang satu ini. Baca: Cara Kalibrasi Baterai MacBook.

Bagaimana? Sudah coba tips dan trik di atas?

Share pengalaman kamu di kolom komentar ya, dan jangan lupa follow akun Twitter kita 😀

  Buka Bungkus Kartu Perdana Jaman Old!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Bukan Fanboy :v | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode