Home Mac Mac Kehabisan Free Storage? Yuk Cek File Apa Saja Yang Membuat Storage...

Mac Kehabisan Free Storage? Yuk Cek File Apa Saja Yang Membuat Storage Penuh

Cara Cek dan Melihat File Besar di Mac dan MacBook

Penyimpanan bebas alias free storage adalah salah satu komponen yang penting untuk setiap komputer, termasuk juga Mac. Khususnya jika kamu memiliki MacBook dengan SSD 128GB akan sangat repot jika storage cepat habis.

Bahkan buat pengguna SSD 256GB juga sama saja, merasa penyimpanan begitu cepat habis. Oleh karena itu, kamu butuh aplikasi atau software untuk bisa melihat file apa saja yang berukuran besar dan menghabiskan storage Mac.

Salah satu software yang bisa membantu kamu untuk melihat dan mencari file besar yang tersimpan di Mac dan MacBook adalah CleanMyMac. Aplikasi pembersih terbaik di OS X dan macOS ini memiliki fitur untuk mencari large file dan old file yang sangat bagus.

Tentu saja kamu bisa download CleanMyMac dari situs MacPaw. Jika kamu pengguna Setapp Beta, kamu bisa download gratis CleanMyMac melalui Setapp.

Baca Juga :

Untuk mencari file besar apa saja yang menghabiskan memori penyimpanan Mac dan MacBook kamu, bukan saja fitur Scan Large & Old Files di CleanMyMac. Fungsi dari fitur ini tentu saja untuk melakukan scan atau memindai seluruh isi SSD Mac kamu.

Cara Cek dan Melihat File Besar di Mac dan MacBook

Jika CleanMyMac menemukan adanya file besar yang memakan dan menghabiskan memori penyimpanan atau storage, maka aplikasi bisa langsung menampilkannya dan memberikan kamu pilihan untuk menghapus file berukuran besar tersebut.

Pastikan kamu sudah memilih untuk memindai atau scan seluruh SSD kamu ya untuk bisa mencari dan menemukan file besar apa saja yang menghabiskan storage kamu. Secara default, kamu tidak perlu melakukan apapun karena pengaturan default sudah mengatur pemindaian ke seluruh Direktori.

Tunggu hingga semua pemindaian selesai dan setelah itu kamu bisa melihat file apa saja menghabiskan storage Mac kamu. Setelah proses scan selesai, kamu diharuskan untuk melakukan Review file sebelum menghapus file di Large & Old Files tersebut.

Cara Cek dan Melihat File Besar di Mac dan MacBook

Kamu bisa memilih file apa saja yang ingin kamu hapus dengan melakukan cek di check box bagian kiri item. Pilih semua file yang kamu tahu tidak akan kamu gunakan lagi untuk waktu yang lama.

Cara Cek dan Melihat File Besar di Mac dan MacBook

Sangat disarankan jika kamu menghapus file yang kamu tahu saja. misalnya saja file video, movie, atau film. File tersebut biasanya berukuran besar dan memakan banyak sekali free storage komputer dan laptop.

Sangat disarankan untuk menyimpan semua dokumen kerja di penyimpanan awan seperti iCloud dan OneDrive, file multimedia seperti Movie dan Musik cukup streaming saja dari iTunes atau simpan file offline tersebut di media penyimpanan eksternal seperti flashdisk atau hardisk eksternal.

Jika kamu berniat untuk menghapus file besar tersebut, tinggal kamu klik saja tombol Remove di bawah untuk segera menghapus file besar tersebut dan sesegera mungkin menambah free storage Mac dan MacBook kamu.

Bagaimana? Sudah coba?

Share pengalaman kamu di kolom komentar ya, dan jangna lupa follow akun Twitter kita 😀

  Buka Bungkus Kartu Perdana Jaman Old!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Bukan Fanboy :v | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode