Home iPhone Cara Mengunci dan Mematikan Rotasi Otomatis iPhone

Cara Mengunci dan Mematikan Rotasi Otomatis iPhone

Cara Mengunci dan Mematikan Rotasi Otomatis iPhone

Masih ingat dengan smartphone zaman dulu yang baru pertama kali memiliki fitur auto-rotate alias rotasi otomatis di layar smartphone? Ya, fitur auto rotate yang memanfaatkan accelerometer itu dulu terbilang unik. Memutar layar smartphone 90 derajat, dan tampilan orientasi layar ikut berubah.

Tentu saja iPhone tidak mau ketinggalan. Smartphone Apple ini sudah memberikan fitur rotasi otomatis di iPhone generasi pertama sejak awal. Meskipun mampu menampilkan rotasi otomatis, tentu banyak pengguna yang ingin mematikan fitur rotasi layar iPhone ini.

Baca Juga: 

Kamu bisa mengunci layar iPhone atau rotasi otomatis dan juga mematikan rotasi otomatis di iPhone dan iPad. Apalagi semenjak iOS memiliki fitur Control Center, mematikan dan menyalakan rotasi otomatis iPhone begitu mudah.

Beberapa langkah mudah berikut ini bisa kamu lakukan untuk mematikan dan menyalakan rotasi otomatis di iPhone dan iPad dari Control Center iOS.

  1. Langsung saja kamu buka Control Center iOS di iPhone dan iPad kamu. Cara membuka pilihan Control Center juga sangat mudah, cukup swipe dari bawah ke atas dan Control Center sudah bisa kamu buka.
    Cara Mengunci dan Mematikan Rotasi Otomatis iPhone
  2. Di bagian kanan atas adalah Toggle untuk mengunci rotasi iPhone. jika ikon ini tidak berwarna merah, maka rotasi otomatis iPhone menyala. NB: iOS 10 memiliki tampilan Control Center yang sedikit berbeda.
  3. Untuk mengunci rotasi otomatis dan juga mematikan rotasi di iPhone, tap saja ikon Rotasi di kanan atas. Ikon akan berubah menjadi merah dan artinya rotasi iPhone sudah terkunci.
    Cara Mengunci dan Mematikan Rotasi Otomatis iPhone
  4. Untuk mengaktifkan rotasi di iPhone kembali, tap saja ikon Rotasi itu lagi hingga tidak berwarna merah. Selesai.

Dengan mengunci rotasi iPhone seperti itu, maka kamu tidak akan bisa mengubah orientasi tampilan iPhone tersebut karena rotasi sudah terkunci. Misalnya saja dengan membuat iPhone ke orientasi landscape, maka iPhone akan terus menampilkan tampilan landscape.

Bisa juga jika memang niat kamu untuk menonaktifkan rotasi iPhone adalah dengan tetap berada di orientasi portrait. IPhone akan tetap menampilkan tampilan portrait meskipun iPhone diputar dengan ampilan landscape.

Oh iya, tips dan trik tersebut juga berlaku untuk iPad. Jadi jika kamu mempunyai iPad dan menggunakan iOS versi baru, iOS 10 misalnya, kamu bisa mengunci layar orientasi iPad dan juga mematikan rotasi layar otomatis iPad.

Bagaimana? Sudah coba? Berhasil mengunci layar iPhone atau layar iPad?

Share pengalaman kamu di kolom komentar ya, dan jangan lupa follow akun Twitter kita 😀

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong