Home Mac Cara Kalibrasi Baterai MacBook Agar Lebih Akurat

Cara Kalibrasi Baterai MacBook Agar Lebih Akurat

Cara Kalibrasi Baterai MacBook Agar Lebih Akurat

Baterai MacBook memang punya kualitas yang sangar bagus. Ditambah lagi dengan dukungan perangkat keras dan perangkat lunak lain yang memang didesain oleh Apple membuat penggunaan energi baterai menjadi sangat hemat dan efisien.

Namun ada kalanya baterai MacBook tidak menunjukkan kapasitas yang sebenarnya. Masalah seperti ini sebenarnya cukup wajar dialami oleh perangkat elektronik yang menggunakan baterai. Oleh karena itu, dibutuhkan kalibrasi baterai MacBook.

Baca Juga:

Manfaat kalibrasi baterai MacBook adalah membuat penghitungan kapasitas baterai MacBook menjadi akurat dan tepat seperti semula. Misal kapasitas baterai asli adalah masih 80% namun di ikon baterai hanya menampilkan sisa baterai sudah 50%. Jelas informasi baterai Mac ini tidak akurat.

Jika sudah seperti ini, kalibrasi bisa menjadi solusi yang layak kamu coba. Dengan melakukan kalibrasi baterai MacBook, maka baterai MacBook dan software OS X atau macOS akan kembali diatur ulang sehingga akan membuat hasil lebih akurat.

Sekali lagi, kalibrasi tidak ada hubungannya dengan memperpanjang umur baterai atau membuat baterai menjadi awet. Kalibrasi hanya membantu baterai dan software untuk bisa membaca dan menampilkan informasi baterai lebih akurat saja dan memperbaiki beberapa kesalahan kecil lain.

Untuk mengetahui cara kalibrasi baterai MacBook, kamu bisa melakukan tutorial dalam beberapa langkah mudah berikut ini.

  1. Pastikan MacBook kamu dalam keadaan baterai kosong. Kamu bisa menggunakan MacBook kamu untuk bermain game hingga MacBook mati dengan sendirinya karena kehabisan baterai.
  2. Pastikan MacBook yang sudah mati kehabisan baterai tersebut tidak bisa menyala. Jika kamu nyalakan MacBook yang kehabisan baterai, maka akan muncul ikon baterai habis berikut ini.
  3. Biarkan beberapa jam MacBook dalam keadaan baterai habis. Kalau saya sih saya habiskan baterai di malam hari hingga pagi hari.
  4. Setelah mati total selama beberapa jam, charge baterai MacBook sampai penuh. Ketika proses charging, usahakan jangan kamu nyalakan MacBook kamu. Jika menyala otomatis, maka biarkan saja MacBook kamu dan jangan kamu gunakan hingga baterai penuh.
    Cara Kalibrasi Baterai MacBook Agar Lebih Akurat
  5. Jika sudah 100% atau ikon MagSafe sudah berwarna hijau, tetap charge beberapa saat. Jika saya sih saya charge MacBook hingga 1 jam ke depan.
  6. Setelah itu, segera lepas charger MagSafe dari MacBook.
  7. Proses kalibrasi baterai MacBook sudah selesai.

Ingat! Proses kalibrasi ini sebenarnya bukan sebuah keharusan. Juga, kalibrasi hanya akan membantu baterai agar menampilkan informasi yang lebih akurat saja. Jadi kalibrasi baterai tidak ada hubungannya dengan membuat baterai menjadi awet.

Jika kamu ingin membuat baterai MacBook menjadi lebih awet dan tahan lama, kamu bisa baca artikel ini untuk cara merawat baterai MacBook yang baik dan benar.

Bagaimana? Sudah coba kalibrasi baterai MacBook di atas?

Share pengalaman kamu di kolom komentar ya, dan jangan luap follow akun Twitter kita 😀

  Bikin Sendiri Bootable USB macOS!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Bukan Fanboy :v | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode