Home iPhone 3 Cara Mudah Cek Keaslian iPhone

3 Cara Mudah Cek Keaslian iPhone

iPhone 6

Beli iPhone asli mah gampang banget. Tinggal ke toko Apple Authorized Service Provider seperti iBox, Story-I, Infinite, dan lain-lain. Semua iPhone yang dijual di sana pasti asli, original, dan bergaransi. PASTI! Tapi ya itu, harganya yang lebih mahal dibandingkan dengan harga jual di toko lain. Alternatif terbaik, kamu bisa beli iPhone bekas namun masih berkualitas.

Memiliki iPhone yang murah tentu saja menjadi impian banyak orang. Namun jangan pernah terkecoh dengan harganya yang murah. Bisa jadi iPhone itu bukan iPhone asli, tapi iPhone gadungan. Sebenarnya kamu bisa mengecek keaslian iPhone dengan sangat mudah. Berikut ini adalah 3 catra untuk megecek keaslian dari iPhone.

Baca Juga:

Cek App Store

Sistem operasi iOS hanya digunakan oleh produk mobile keluaran Apple saja. Jadi, iOS tidak akan pernah bisa digunakan di perangkat keluaran non-Apple. Jika kamu beli iPhone asli, pasti OS nya iOS. Jika palsu, maka pasti bukan iOS. Itu sudah pasti. Cara cek paling mudah untuk mengecek keaslian iOS adalah dengan membuka App Store. Jika kamu buka App Store dan ternyata yang terbuka adalah Play Store atau Store lain selain App Store, maka jelas iPhone itu bukan iPhone asli.

3 Cara Mudah Cek Keaslian iPhone

Kelebihan cara cek iPhone asli menggunakan metode ini adalah bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Cukup buka App Store, kalau yang terbuka App Store berarti iPhonenya asli. Kalau yang terbuka bukan App Store berarti iPhonenya tidak asli. Kelemahan dari cara ini adalah tidak bisa mendeteksi apakah iPhone ini merupakan barang dengan pembelian valid, resmi Indonesia atau bukan, dll.

 

Cek iTunes di Mac/PC

3 Cara Mudah Cek Keaslian iPhone

Cara mudah lainnya adalah dengan mengeceknya di iTunes. Apa yang harus kamu lakukan? cukup colokkan iPhone ke Mac via kabel data, atau install iTunes di komputer atau PC Windows kamu. Jika saat tersambung ke PC, iTunes bisa mendeteksinya, maka iPhone adalah asli. Karena perangkat selain perangkat iOS tidak bisa dideteksi di iTunes. Hanya iPhone, iPad, dan iPod Touch yang asli yang bisa dideteksi di iTunes.

3 Cara Mudah Cek Keaslian iPhone

Ketika kamu colokkan ke iTunes, kamu akan bisa melihat beragam informasi seperti nomor telepon, nomor seri, IMEI, dan lain-lain. Sederhana kan? Kelemahan dari metode iTunes sendiri adalah sama dengan metode App Store. Kamu tidak bisa melihat lain seperti apakah iPhone kamu dibeli dengan cara yang benar, masa garansi, dan lain-lain.

 

Cek Nomor IMEI/Serial

Cara mudah lain namun paling powerful adalah cek IMEI atau nomor serial. Meskipun serial dan IMEI bisa saja menipu, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar kamu bisa membedakan iPhone yang asli dan yang palsu.

IMEI iPhone terpampang di tiga titik, yaitu di dalam sistem iOS, di belakang iPhone, dan di box kemasan iPhone. Pastikan IMEI yang tertera di ketiga tempat tersebut sama. Setelah yakin sama, langsung saja buka situs web Apple ini

Cara Cek Apakah Produk Apple Milikmu Legal

Masukkan IMEI atau Serial kamu, jika terdeteksi maka jangan senang dulu. Kamu bisa lihat informasi lainnya seperti pembelian valid. Jika pembelian valid tidak tercentang, bisa saja iPhone kamu merupakan hasil curian, barang ilegal, dan lain sebagainya.

Kamu juga bisa cek masa garansi kamu di situs itu. bukan cuma iOS, tapi produk Mac juga bisa dicek di sana. Baca: Cara Cek Garansi dan Keaslian iPhone, iPad, dan Mac.

Bagaimana? Sudah tahu kan cara cek keaslian iPhone kamu? Apakah iPhone kamu asli atau iPhone palsu? Hehe

Share pengalaman kamu di kolom kometar ya dan jangan lupa follow akun Twitter kita 😀

  Review Microsoft Edge di iOS & Android  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Bukan Fanboy :v | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode