Home iPhone 6 Aplikasi Keren iPhone Yang Tidak Ada di Android

6 Aplikasi Keren iPhone Yang Tidak Ada di Android

Ini Dia Perubahan App Store di Masa Mendatang

Beruntunglah pengguna sistem operasi iOS. Banyak sekali aplikasi eksklusif yang ada di App Store dan tidak dimiliki oleh Store lainnya.

Hal ini terbilang sangat wajar karena App Store jauh lebih menguntungkan di sisi developer. Jika kamu developer, tentu saja kamu akan memprioritaskan menjual ke toko yang lebih menguntungkan kan?

Meskipun developer lokal Indonesia lebih memprioritaskan platform Android karena pengguna Android di Indonesia jauh lebih besar ketimbang iOS, kebanyakan developer kelas dunia malah sebaliknya.

Mereka memilih memprioritaskan iOS karena platform ini terbukti jauh lebih menguntungkan. Daripada penasaran, ini dia aplikasi eksklusif iOS yang belum ada di Android (setidaknya hingga tulisan ini dibuat 6 September 2016) :

Camera+

Harus diakui memang, aplikasi kamera iPhone memang sangat jelek. Yang kamu dapatkan cuma aplikasi standar yang hanya memungkinkan kamu untuk berganti mode seperti foto, video, foto persegi, video slow motion,video time-lapse, dan lain-lain.

Untuk foto, tidak akan pernah kamu temui aplikasi yang punya kontrol manual seperti white balance, ISO, Shutter speed, dan lain-lain.

Review Camera+ Aplikasi Kamera Terbaik Untuk iPhone

Apple memang sengaja membuat aplikasi kamera sedemikian rupa, untuk mencipkatakn ruang bagi developer iOS untuk mengembangkan aplikasi pihak ketiga yang jauh lebih baik. Salah satu aplikasi pihak ketiga untuk kamera adalah Camera+.

Aplikasi ini bisa diblang salah satu yang terbaik untuk iOS. Beragam kontrol manual bisa disajikan dengan tampilan yang sederhana.

Untuk link download dan review selengkapnya tentang Camera+, bisa kamu baca di artikel ini -> Review Aplikasi Camera+ di iPhone

Adobe Photoshop Sketch

Bahkan aplikasi dari perusahaan terkenal dan populer sekelas Adobe juga kadang pilih-pilih platform hehehe. Adobe Photoshop Sketch adalah salah satu aplikasi kreatif yang memungkinkan kita untuk berekspresi dengan cara menggambar, melukis, dan lain-lain.

Meskipun bisa digunakan di iPhone, tentu saja aplikasi ini akan terasa sangat maksimal jika digunakan di iPad Pro dengan Apple Pencilnya.

6 Aplikasi Keren iPhone Yang Tidak Ada di Android

Kepopuleran iPad Pro mendorong Adobe untuk membuat aplikasi kreatif ini. Sebenarnya bukan cuma Adobe Photoshop Sketch saja, tapi ada Adobe Photoshop Fix dan beberapa aplikasi lain yang masih eksklusif di iOS.

Apakah akan dirilis untuk platform lain? Entahlah. Yang jelas, pengguna iOS selalu dimanjakan oleh aplikasi luar biasa.

Download – Adobe Photoshop Sketch

 

Infinity Blade

Game super ini sudah hadir dalam hingga 3 seri. Seri terakhir, Infinity Blade III beberapa bulan lalu mendapatkan promo gratis dan bisa diunduh sesuka hati. Game ini sudah meraup banyak sekali keuntungan dan tercatat sebagai salah satu game yang sangat sukses. Kesuksesan ini bisa saja terlihat luar biasa, karena mereka hanya menjual game tersebut di App Store saja.

6 Aplikasi Keren iPhone Yang Tidak Ada di Android

Ya, mereka sama sekali tidak menampakkan hasrat sedikitpun untuk merilis game tersebut di platform lain. Secara grafis, game ini sangat luar biasa. Salah satu game kelas berat yang ukurannya bergiga-giga. Namun user experiencenya juga sangat bagus. Game ini cukup simple sehingga hampir semua orang bisa memainkannya.

Download – Infinity Blade (Trilogy)

 

Tweetbot

Aplikasi client Twitter terbaik saat ini apa ya? Aplikasi client Twitter yang paling populer apa ya? Secara teori, aplikasi Twitter terbaik ya pasti aplikasi buatan Twitter langsung, karena mereka adalah pihak pertama. Namun kenyataannya tidak demikian. Aplikasi terbaik untuk Twitter bukanlah aplikasi pihak pertama, namun aplikasi pihak ketiga, yaitu Tweetbot buatan Tabots.

6 Aplikasi Keren iPhone Yang Tidak Ada di Android

Tweetbot memuat banyak sekali fitur yang tidak dimiliki oleh aplikasi Twitter pihak pertama maupun pihak ketiga lainnya seperti statistik, aktivitas, dan fitur-fitur lainnya. Meskipun pihak Twitter telah membeli Tweetdeck dan meningkatkan fitur aplikasi Twitter mereka, Tweetbot sudah melekat di hati para penggunanya. Oh iya, Tweetbot hanya ada di iOS dan OS X saja.

Download – Tweetbot

 

iMovie

Aplikasi edit video apa yang terbaik? Kebanyakan sih menjawab Adobe Premiere, Adobe After Effect, dan lain-lain. Itu kan di PC atau Mac. Bagaimana dengan perangkat mobile? Well, sejauh ini iMovie adalah salah satu aplikasi gratis yang terbaik di kelas perangkat mobile.

6 Aplikasi Keren iPhone Yang Tidak Ada di Android

iMovie adalah aplikasi kreatif buatan Apple yang tentu saja hanya eksklusif di produk Apple saja. IOS dan OS X adalah dua platform sasarannya. Meskipun gratis dan berformat mobile, kualitasnya bisa diperhitungkan kok. Versi OS X lebih keren lagi. Di OS X semua sudah tersedia, tinggal pakai. Enak kan?

Download – iMovie (tersedia gratis di seri iPhone tertentu saja, normal Rp 75.000)

 

GarageBand

Kamu anak musik? Siapa sih yang gak mau aplikasi editor dan kompose musik? Tentu saja kamu bisa mendapatkan aplikasi gratis terbaik seperti GarageBand. GarageBand ini sudah ada versi mobilenya lho. Kualitasnya sih nggak kalah sama versi OS X. Kamu bisa edit dan compose musik sesuka hati.

6 Aplikasi Keren iPhone Yang Tidak Ada di Android

Mau? Kalau kamu mau, ya mau nggak mau harus pakai iOS, entah itu iPhone atau iPad. Mending pakai iPad saja agar punya layar lebih lebar. Butuh aplikasi yang lebih baik? Coba GarageBand di OS X. Masih kurang? Bisa beli Logic Pro X, yang merupakan versi profesional dan berbayar dari GarageBand. Keren kan?

Download – GarageBand (tersedia gratis di seri iPhone tertentu saja, normal Rp 75.000)

Sebenarnya masih banyak lagi aplikasi eksklusif iOS yang tidak ada di platform lain. Ada juga yang berubah dari eksklusif iOS hingga akhirnya merilis ke platform lain.

Misalnya saja Instagram yang beberapa tahun kemudian merilis aplikasi ke Android, lalu ke Windows Phone. Ada juga Stellar yang lama nangkring di iOS akhirnya dirilis ke Android juga.

Bagaimana? Ada aplikasi lain?

  Review Microsoft Edge di iOS & Android  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Bukan Fanboy :v | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode