Home Basic Cara Mengetahui Negara Asal iPhone dari Nomor Kode

Cara Mengetahui Negara Asal iPhone dari Nomor Kode

Cara Mengetahui Negara Asal iPhone dari Nomor Kode

Perangkat mobile pasti memiliki beberapa nomor dan kode tertentu untuk mendefinisikan sesuatu. Kamu bisa cek asal iPhone lewat IMEI atau serial. Selain ada nomor serial dan juga IMEI, ternyata kita bisa mengetahui dari mana asal negara iPhone tersebut dengan kode tertentu.

Setiap iPhone merupakan produk yang dijual resmi di satu negara saja. Tidak heran jika garansi iPhone yang asli hanya berlaku di satu negara dan tidak berlaku di negara lain. Ketika kamu beli iPhone, pastikan kamu membeli iPhone yang memang dijual di negara Indonesia.

Jika kamu ragu, kamu bisa cek kode negara asal iPhone kamu apakah kode tersebut untuk negara Indonesia atau untuk negara lain. jika iPhone yang kamu beli adalah iPhone resmi, maka seharusnya kode negara yang tertera adalah negara Indonesia.

Baca Juga:

Bagaimana cara kita mengetahui kode regional negara asal iPhone tersebut? Kode regional tersebut ada di kotak penjualan iPhone kamu. Kamu bisa cek di bagian belakang atau bawah kotak iPhone.

Selain itu, kamu juga bisa melihatnya langsung di dalam sistem iOS kamu dengan cara mengunjungi menu Setting – General – About lalu cari kode tersebut di bagian baris yang bernama Model.

KODE PROVIDER
PA/A XL
ID/A Telkomsel
FE/A ISAT

 

Jika kamu melihat salah satu dari kode tersebut, maka iPhone yang kamu miliki adalah iPhone dengan garansi asli Indonesia. Contoh gampangnya adalah kode iPhone yang ada di bawah ini.

IPhone ini memiliki kode MF353PA/A yang berarti termasuk dalam kode negara asal iPhone dari Indonesia karena memiliki kode PA/A di belakangnya. Itu artinya iPhone yang ada di bawah ini memang asli dan resmi dijual di Indonesia dan bisa klaim garansi di Indonesia.

Cara Mengetahui Negara Asal iPhone dari Nomor Kode

Untuk lebih lengkapnya, kamu bsia lihat kode-kode negara lain seperti pada tabel berikut ini. (Sumber: The iPhone Wiki)

CODE REGION
AB Egypt, Jordan, Saudi Arabia, United Arab Emirates
B Ireland, UK, also used for some replacement phones
BR Brazil (Assembled in Brazil)
BZ Brazil (Assembled in China)
C Canada
CH China
CZ Czech Republic
D Germany
DN Austria, Germany, Netherlands
E Mexico
EE Estonia
FB France, Luxembourg
FD Austria, Liechtenstein, Switzerland
GR Greece
HN India
IP Italy
HB Israel
J Japan
KN Norway
KS Finland, Sweden
LA Colombia, Ecuador, El Salvador, Guatemala, Honduras, Peru
LE Argentina
LL USA
LZ Chile, Paraguay, Uruguay
MG Hungary
MY Malaysia
NF Belgium, France, Luxembourg
PL Poland
PO Portugal
PP Philippines
RO Romania
RS Russia
SL Slovakia
SO South Africa
T Italy
TA Taiwan
TU Turkey
X Australia, New Zealand
Y Spain
ZA Singapore
ZP Hong Kong, Macau

Beberapa kode iPhone yang cukup terkenal beredar di masyarakat adalah kode J atau JA yang merupakan iPhone Jepang, AB yang merupakan iPhone dari negara Arab, dan lain sebagainya.

Bagaimana? Kode asal iPhone kamu berasal dari negara apa?

  Cara Format Flashdisk / Hardisk di Mac  

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong