Kabar gembira buat kamu pengguna iPhone karena iOS 12 Final sudah dirilis serentak untuk semua seri iPhone yang disupport, mulai dari iPhone 5s sampai iPhone yang paling baru. Dan buat kamu yang pengen update, ada 3 cara update iPhone ke iOS 12 Final (cara update iOS 11 ke iOS 12 Final) — dan di video ini bakal saya jelaskan masing-masing caranya beserta kelebihan dan kekurangannya, serta sebaiknya pilih yang mana.

NB: Pastikan subscribe channel Kepoin Tekno untuk tips dan info tekno terupdate setiap hari.


Buat kamu yang lebih suka membaca daripada nonton cara update iOS 11 ke iOS 12 Final diatas, berikut ini MacPoin sertakan versi artikelnya.

Tidak semua pengguna iPhone tahu kalo ada 3 cara update iPhone ke iOS terbaru, dan sebelum update kamu wajib banget melakukan persiapan yang sudah MacPoin bagikan sebelumnya. (Baca: 5 Persiapan Update iOS 12 yang Perlu Kamu Lakukan)

Update OTA

Cara pertama sekaligus cara yang paling populer adalah update melalui OTA. Cara ini simple banget, nggak butuh PC ataupun Mac, langsung bisa update dari iPhone, Tapi kamu harus terhubung dengan koneksi Wi-Fi. Nggak bisa langsung update pake cellular data.

Caranya kamu tinggal buka aja Settings > General > Software Update > dan tunggu ada update iOS 12 Final muncul disitu > langsung aja tap Download and Install.

Kamu tinggal ikuti aja wizard nya, dan iPhone bakal langsung terupdate ke iOS 12 Final.

Update via iTunes

Cara kedua, ini cara yang kurang begitu populer, yaitu update iPhone melalui iTunes. Jadi kalo iPhone kamu hubungkan ke PC atau Laptop, begitu iTunes terbuka kamu bakal disuguhi popup untuk update ke iOS 12 Final. Kamu bisa klik aja Download and Update.

Tapi kalo popup ini nggak muncul, nggak perlu khawatir, karena kamu tinggal klik aja icon iPhone kecil di iTunes. Lalu klik aja Update. Dan proses update bakal berlangsung, kamu tinggal tunggu aja sampe proses update selesai.

IPSW

Cara ketiga, ini adalah cara favorit saya, yaitu update iPhone pake file IPSW. Update ini butuh iTunes, jadi butuh PC ataupun Mac, dan terkesan ribet.

Tapi sebenarnya ada banyak kelebihan kalo kamu update pake IPSW. Pertama, kalo kamu punya lebih dari satu iPhone dengan seri yang sama, cukup download file IPSW sekali aja untuk semua iPhone yang sama. Jadi kuota bakal lebih hemat kalo iPhone kamu ada banyak. (Misal iPhone adik kamu sama dengan iPhone kamu, atau iPhone temen kamu, dsb)

Dan kedua, kalo kamu nggak ada koneksi WiFi di rumah, dan nggak ada hape lain untuk tethering WiFi, maka kamu bisa download file IPSW ini pake tethering dari seluler iPhone, dan setelah terdownload, baru deh iPhone kamu update pake file IPSW ini.

Ketiga, kamu bisa downgrade atau upgrade dengan leluasa tanpa harus download ulang, selama kamu simpan file IPSW nya dan statusnya masih signed.

Untuk update iPhone ke iOS 12 Final pake file IPSW, kamu tinggal buka aja situs IPSW.me, lalu biar nggak salah download, klik Identify My iOS Device, di form masukkan aja model number, ini ada di bagian belakang iPhone, dan klik Find my device.

iPhone bakal langsung teridentifikasi, dan klik aja Download Latest untuk download file IPSW iOS 12 Final terbaru.

Kalo proses download udah selesai, kamu tinggal buka iTunes. Tekan tahan tombol Option kalo di Mac, atau tombol Shift kalo di Windows, dan klik Update. Browse aja file IPSW yang sudah didownload tadi, dan klik Open.

Klik update untuk konfirmasi, dan ikuti saja setiap prosesnya.

Dari ketiga cara diatas, semuanya sama, begitu proses update selesai kamu hanya perlu melakukan setup, seperti masukkan passcode, Apple ID, dan sebagainya, dan selesai. iPhone kamu sekarang sudah di iOS 12 Final.

Buat kamu yang sudah update, bagikan aja pengalaman kamu tentang iOS 12 di kolom komentar, Apakah kamu puas dengan update ini atau mungkin lebih suka bertahan di iOS 11.

Dan sampai disini dulu video kali ini, pantengin terus MacPoin untuk tips dan info Apple terupdate setiap hari, dan sampai bertemu di info Apple menarik lainnya.