iOS 12 sebentar lagi resmi dirilis, dan sebelum update, ada 5 hal penting yang sebaiknya kamu lakukan. Berikut ini adalah 5 persiapan update iOS 12 yang sebaiknya tidak kamu lewatkan. (Baca juga: 10 Fitur Baru iOS 12 yang Wajib Kamu Tahu)

1. Pastikan Mendukung iOS 12

Hal pertama yang perlu kamu lakukan tentu saja memastikan Apple Device yang kamu miliki mendukung dan kebagian update iOS 12. Karena semua tips lain yang bakal dibagikan disini bakal percuma kalo perangkat kamu tidak mendukung iOS 12.

Untuk iPhone, mulai dari seri iPhone 5s sampai iPhone X ikut kebagian update. Untuk iPad, mulai dari iPad mini 2 sampai iPad Pro generasi kedua turut kebagian juga — sedangkan untuk iPod Touch hanya generasi 6 saja yang kebagian.

2. Membuat Arsip Backup

Hal kedua yang perlu kamu lakukan sebelum update iOS 12 adalah membuat arsip backup iPhone. Ini hal wajib dan jangan sampai kamu lewatkan, karena data backup iOS 12 tidak bisa direstore ke iOS 11 — begitu juga sebaliknya.

Jadi, dengan membuat arsip backup sebelum update, kamu bisa restore data seandainya karena suatu hal, memutuskan untuk downgrade lagi ke iOS 11.

Untuk membuat arsip backup iPhone di Mac, kamu tinggal ikuti panduan ini. (Baca: Cara Backup iPone dan Membuat Arsip Backup)

Sedangkan untuk membuat arsip backup iPhone di Windows, kamu bisa tonton video ini — tepat pada menit ke 1:22.

Backup ini bisa kamu pakai untuk restore data kapanpun kamu memutuskan balik lagi ke iOS 11.

3. Siapkan Storage

Hal ketiga yang perlu kamu lakukan adalah menyiapkan storage yang cukup, supaya proses update berjalan lancar dan iPhone nggak sampe kehabisan storage saat proses update berlangsung. Untuk amannya kamu bisa siapkan 3 sampai 5GB free storage di iPhone kamu — lebih juga boleh.

Kamu bisa bersih-bersih storage iPhone melalui Settings > General > iPhone Storage > lalu scroll dikit di bagian aplikasi, kamu bisa lihat aplikasi apa aja yang paling ngabisin storage > tap aja > pilih Offload App.

5 Persiapan Update iOS 12 yang Perlu Kamu Lakukan

Ini artinya storage yang dipakai oleh aplikasi bakal dikosongkan, tetapi data dan dokumen terkait aplikasi tersebut tetap disimpan. Jadi sesudah update nanti kamu bisa reinstall app tanpa kehilangan semua pengaturannya.

Kamu juga bisa pindahkan foto dan video dari iPhone ke laptop untuk sementara — kalo memang terpaksa storage masih kepenuhan. Untuk melakukannya kamu bisa gunakan tool Image Capture, untuk memindahkan dan menghapus media dari iPhone. (Baca: Cara Memindahkan Semua Foto di iPhone ke Mac dengan Cepat)

4. Koneksi Internet & Kuota

Keempat, kamu perlu siapkan koneksi internet stabil dengan kuota yang cukup. Biasanya besar file update iOS berkisar di angka 2GB — jadi pastikan kuota kamu lebih dari itu. Kalo kamu update OTA, kamu wajib menyiapkan koneksi WiFi, karena iPhone tidak mengijinkan update iOS dengan menggunakan cellular data. Kamu bebas mau pakai modem WiFi atau sekedar tethering dari smartphone lain, asal tidak menggunakan cellular data langsung dari iPhone yang akan diupdate.

5. Siapkan Passcode & Apple ID

Kelima, pastikan kamu sudah siap dengan semua detail yang diperlukan — seperti Passcode dan Apple ID. Keduanya bakal sering diminta sepanjang proses update berlangsung. Kalo kamu lupa passcode, kamu bisa hilangkan saja dengan cara yang sudah pernah saya bagi sebelumnya — atau kalau kamu lupa password Apple ID, kamu bisa reset dengan mudah. Semua detail linknya bisa kamu cek di deskripsi.

Kalo 5 persiapan diatas sudah kamu lakukan, maka kamu sudah siap untuk update ke iOS 12, begitu resmi dirilis nanti.

Sampaikan di kolom komentar kalo kamu punya pertanyaan ataupun saran, sampai bertemu di panduan Apple lainnya.