Akhirnya Multitasking 3D Touch Akan Kembali di iOS 11

Menjelang acara WWDC yang digosipkan akan berlangsung pada tanggal 12 September mendatang, semakin banyak bocoran dan spekulasi terkait iPhone yang akan dirilis oleh Apple. Kali ini dari analis Barclays, Blayne Curtis. Dia mengungkapkan melalui sebuah catatan kepada investor bahwa iPhone 2019 yang menggunakan layar OLED nanti tidak akan mendukung 3D Touch, fitur sensitif tekanan Apple yang menjadi salah satu pembeda saat Apple pertama kali meluncurkannya di tahun 2015.

Analis yang juga populer sebagai ‘orang dalam’ Apple, Ming-Chi Kuo, juga mengungkap bahwa model iPhone baru ini akan memiliki layar LCD yang lebih murah, namun tidak akan menyertakan fitur 3D Touch. Fitur yang pertama kali dikenal saat meluncurkan iPhone 6S ini akan dihapus secara total dari semua iPhone tahun depan. Kenapa hal ini dilakukan? Kemungkinan karena 3D Touch tidak begitu dimanfaatkan oleh para pengguna Apple.

Macrumors yang mendapatkan laporan lengkap dari catatan Barclay mengungkap, “Tidak adanya 3D Touch pada iPhone 6,1 inci merupakan hal yang masuk akal, memberikan harapan bahwa ini pada dasarnya akan menjadi iPhone X dengan harga lebih murah. Tapi masih belum jelas alasan mengapa fitur ini akan dihapus dari model OLED yang lebih mahal tahun depan. Sebagai ‘fitur tersembunyi’, kelihatannya Apple tidak menganggap bahwa fitur ini penting.”

Prediksi tentang 3D Touch ini merupakan hasil penelitian analis dari Barclay tersebut saat melakukan perjalanan ke Asia beberapa minggu lalu guna mewawancarai perusahaan-perusahaan yang bekerja sama dengan Apple, terutama di bagian rantai pasokannya.

Dalam berita Apple lainnya, Curtis juga menyatakan kepada para investor bahwa pengguna dapat juga menantikan AirPod baru tahun ini, serta versi HomePod yang lebih murah tahun depan. Menurut TheVerge yang mengutip pernyataan Ming-Chi Kuo, rumor bahwa iPhone yang akan dirilis selanjutnya akan mendukung Apple Pencil juga kurang dapat dipertanggungjawabkan karena masih belum ada tanda-tanda ke arah itu. Namun Barclay, sebaliknya menyatakan bahwa meskipun belum pasti, ada kemungkinan bahwa iPhone mendatang akan support Apple Pencil.

TheVerge mengungkap dalam sebuah artikelnya bahwa “Masih ada pembahasan mengenai kemungkinan bahwa iPhone baru akan hadir dalam ukuran lebih besar. Kuo menyatakan bahwa Apple mempertimbangkannya ulang karena ukuran yang lebih besar ini memberikan pengalaman pengguna yang tidak begitu baik.”

Tentu saja semua rumor tentang iPhone ini baru akan terungkap pada acara yang akan dilaksanakan 12 September mendatang di Steve Jobs Theater.

 

 

Sumber: BGR

  3 Cara Update iPhone ke iOS 12 Final  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.