Pada saat ini, mungkin memang sudah jelas bahwa Apple Watch adalah “Raja” di dunia smartwatch. Tapi bukan itu saja, data baru dari penelitian IDC mengungkap bahwa ‘kekuasaan’ Apple Watch bisa lebih lama lagi karena kuartal kedua ini posisi Apple Watch semakin menguat.

Laporan Worldwide Quarterly Wearable Device Tracker dari IDC menunjukkan bahwa Apple berada di urutan teratas dengan mengirimkan 4,7 juta unit Apple Watch dalam kuartal ini. Pesaing terdekatnya, Xiaomi, memang menunjukkan peningkatan dengan mengirimkan 4,2 juta unit wearable, namun mereka hanya menguasai 15% pasar (dan perlu diingat bahwa Xiaomi memiliki margin keuntungan yang sangat tipis, jadi keuntungan mereka tentu saja tidak seberapa dibandingkan dengan Apple).

Pesaing berikutnya, Fitbit, pada kuartal ini mampu mengirimkan 2,7 unit smartwatch, turun dibandingkan kuartal sebelumnya yang mencapai 3,4 juta unit. Huawei mengalami pertumbuhan yang signifikan meskipun dalam statistik hanya berhasil menjual hampir 2 juta wearable di periode kuartal ini.

Menurut para analis, Apple mendapatkan traksi yang kuat dari konsumen sejak merilis Apple Watch Series 3 yang memiliki jaringan LTE sendiri. Meskipun demikian, Apple Watch Series 1 tetap menjadi perangkat wearable terlaris Apple, yang bahkan masih menunjukkan penjualan yang kuat hingga saat ini. Ramon Llamas, direktur penelitian tim wearable IDC mengungkap bahwa “Pengguna saat ini menginginkan adanya lebih banyak hal yang bisa dilakukan oleh perangkat wearable miliknya. Sebuah smartwatch tentu saja memenuhi syarat untuk melakukan itu.”

Dalam acara yang akan digelar Apple tanggal 12 September mendatang, Apple Watch generasi selanjutnya menjadi salah satu daya tarik konsumen. Banyak penggemar yang ingin menyaksikan inovasi Apple di bidang ini. Dengan arus animo penggemar yang kuat, serta pencatatan penjualan dominan dan margin keuntungan tinggi yang terus menerus stabil. Hampir pasti bahwa Apple kemungkinan sudah ‘membunuh’ kompetitor di bidang ini. Apple Watch nampaknya akan tetap menjadi wearable paling laris dalam beberapa tahun ke depan!

 

Sumber: BGR

  Aplikasi Favorit Tahun 2018  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.