Akhirnya iOS 12 Developer Beta sudah dirilis, dan buat kamu yang penasaran seperti apa iOS 12 serta apa saja fitur barunya, tonton video review iOS 12 Indonesia tentang performa iOS 12 dan fitur baru iOS 12 selengkapnya!

Video Review iOS 12 Indonesia

Performa iOS 12

Hal pertama yang kerasa beda banget di iOS 12 adalah performa. Ini adalah developer beta gaes, tetapi performanya terasa lebih mulus daripada iOS 11 Final. Buka aplikasi lebih cepat, mau ngetik keyboard muncul lebih cepat, opsi share juga tampil lebih cepat, dan kamera juga terasa lebih responsif.

Artinya performa iOS 12 lebih cepat dan responsif daripada iOS 11, dan mengingat ini masih developer beta gaes, kamu bisa expect performa yang lebih mulus lagi di iOS 12 versi final nanti.

ARKit 2, USDZ, dsb

Review iOS 12 Indonesia — 10 Fitur Baru iOS 12

Kedua gaes, ada banyak banget yang baru di ranah augmented reality. Pertama, iOS 12 sekarang support file AR baru dengan format USDZ. Jadi misalkan kamu buka halaman web nih gaes yang ada file USDZ nya, baik itu animasi atau 3d graphics, kamu bisa buka, lalu lihat dalam perspektif 3D.

Kamu bahkan bisa letakkan objek tersebut di dunia nyata gaes dan melihatnya langsung real-life melalui AR.

Selanjutnya ada aplikasi baru, ini keren banget, bernama Measure. Jadi pake ini kamu bisa mengukur panjang obyek dengan memanfaatkan AR. Kerennya aplikasi ini bakal getar kalo detect ujung-ujung obyek, jadi benar-benar memudahkan banget untuk menempatkan titik pengukuran.

Notifikasi

Review iOS 12 Indonesia — 10 Fitur Baru iOS 12

Langsung menuju ke notifikasi gaes. Notifikasi sekarang ditampilkan dalam bentuk group seperti ini, jadi dikumpulkan jadi satu untuk setiap aplikasi.

Kamu tinggal tap untuk melihat semua isi group notification, show less untuk menutupnya lagi.

Kamu bisa menghapus semua notifikasi dalam satu group dengan swipe kesamping, atau cukup menggunakan tombol silang di sebelah atas ini.

Dan setiap notifikasi atau group notifikasi, sekarang bisa kamu atur, mau di deliver quietly atau dimatikan sekaligus. Deliver quietly artinya notifikasi tetap muncul di notification badge dan di notification center, tetapi tidak dimunculkan di lockscreen, popup banner, getar, dan tidak memunculkan suara notifikasi.

Do Not Disturb

Review iOS 12 Indonesia — 10 Fitur Baru iOS 12

Kemudian gaes fitur Do Not Disturb juga dirombak. Sekarang Do not disturb bisa kamu atur untuk aktif berapa lama, mau satu jam, sampai waktu tertentu, sampai meninggalkan lokasi tertentu, kamu juga bisa atur jadwal aktif secara otomatis jam berapa.

Dan sekarang ada mode Do Not Disturb baru, yaitu Bedtime Mode atau mode tidur. Jadi kalo kamu aktifkan maka notifikasi di Lock Screen tidak akan ditampilkan, hanya tampilan hitam seperti ini, jadi kamu bisa tidur nyenyak sampai pagi tanpa tertarik buka iPhone setelah kebangun baca notifikasi.

Screen Time

Review iOS 12 Indonesia — 10 Fitur Baru iOS 12

Dan fitur baru selanjutnya, ada screen time. Jadi di screen time ini gaes, bakal ditampilkan report bagaimana kamu menghabiskan waktu di smartphone, aplikasi apa saja yang kamu gunakan, dan berapa lama menggunakannya.

Tetapi karena saya masih baru install iOS 12, jadi belum ada data report yang ditampilkan disini. Jadi nanti akan saya update lagi reviewnya setelah pemakaian seminggu penuh.

Dan disini gaes ada fitur Downtime, yang bisa kamu atur aktif jam berapa saja, dan begitu aktif maka hanya aplikasi yang kamu atur saja yang bisa kamu akses.

Ada juga App Limits untuk membatasi berapa lama aplikasi tertentu atau kategori aplikasi tertentu bisa kamu akses setiap harinya.

Lalu ada juga always allow apps untuk mengatur aplikasi yang bebas dipakai tanpa batas.

Dan kamu juga bisa membatasi konten apa saja yang bisa diakses.

Report penggunaan iPhone dan juga pembatasan ini bisa dimanfaatkan juga oleh orang tua, jadi kamu bisa tahu aktivitas penggunaan iPhone oleh anak dan melakukan pembatasan akses aplikasi atau konten sesuai keinginan.

Dan fitur ini gaes tersinkronisasi di iPhone ataupun iPad.

Photos

Review iOS 12 Indonesia — 10 Fitur Baru iOS 12

Beralih ke aplikasi Photos, ada beberapa fitur baru. Pertama ada tab For You, yang menampilkan kurasi foto berdasarkan waktu, tempat, atau momen. Kemudian kalau dibuka, bakal dimunculkan detailnya, seperti foto pilihan, kontak dan orang didalamnya, tempat lokasi pengambilannya, dsb.

Lalu di Photo Search, sekarang ada search suggestion, berdasarkan foto, orang, tempat, dan event. Jadi misal kamu klik people ya, maka akan ditampilkan foto yang berisi orang tersebut, momen, serta tempatnya.

Kemudian ada juga fitur Share suggestion, jadi kamu bisa share foto dengan teman yang ada di foto tersebut. iOS 12 otomatis mendeteksi wajah dan mengumpulkan foto yang berisi orang tersebut, untuk kemudian bisa kamu kirimkan, dan begitu foto terkirim, teman kamu bakal dapat suggestion juga untuk share foto kamu yang ada disana.

Siri

Review iOS 12 Indonesia — 10 Fitur Baru iOS 12

Perubahan besar juga ada di Siri. Sekarang kamu bisa bikin shortcut action sendiri di Siri, dengan custom command, untuk memerintah Siri mengakses custom action aplikasi tertentu. Developer nantinya juga bisa menambahkan shortcut action ke aplikasinya, sehingga Siri ini gaes bisa lebih bermanfaat dengan adanya fitur Shortcut ini.

Facetime

Beralih ke Facetime, sekarang Facetime bisa kamu pake untuk Group Call hingga 32 orang sekaligus. Tetapi karena untuk group call semua harus sudah pake iOS 12, dan tidak ada banyak teman saya yang berani upgrade ke iOS 12 developer beta, jadi saya belum bisa coba langsung.

Tetapi dari demo Apple, group call ini support animoji dan memoji — serta terintegrasi langsung didalam imessages. Artinya kamu bisa berpindah ke group call Facetime dari group chat di iMessages.

Dan orang yang ngomong di Group call gaes, tile nya bakal jadi lebih besar untuk membuatnya semakin standout.

Aplikasi Baru

Review iOS 12 Indonesia — 10 Fitur Baru iOS 12

Selain fitur tersebut gaes, masih ada berbagai aplikasi baru seperti iBooks yang sekarang diubah namanya menjadi Apple Books dengan tampilan dan store baru.

Lalu voice memo dirombak dan dirilis juga ke iPad. Apple News juga dirombak, sayangnya region Indonesia tidak bisa menikmatinya.

Memoji

Review iOS 12 Indonesia — 10 Fitur Baru iOS 12

Nah sekarang kita beralih ke fitur yang eksklusif hanya di iPhone X karena memang fitur ini butuh TrueDepth sensor yang tidak dimiliki iPhone seri lainnya saat ini.

Pertama ada Memoji. Kalo kamu perhatikan di Samsung Galaxy S9 dan S9+ ada AR emoji, dimana kamu bisa bikin emoji yang mirip wajah sendiri. Nah di iOS 12, Apple juga menghadirkan fitur serupa yang Apple sebut sebagai Memoji.

Bedanya gaes, Memoji ini tampil bagus dan tidak se-creepy AR Emoji yang banyak mendapatkan kritik karena tampilannya.

Lalu ada juga Animoji baru yaitu Ghost, Koala, Tiger, serta T-Rex, dan animoji sekarang bisa mendeteksi gerakan lidah.

Selain itu di iMessages gaes, kalo kamu kirim foto, kini ada efek yang bisa kamu tambahkan. Kamu bisa menambahkan filter efek, teks, sticker — dan kalau kamu pengguna iPhone X, Memoji dan Animoji juga bisa ditambahkan disini.

Review iOS 12 Indonesia — 10 Fitur Baru iOS 12

Nah itulah dia gaes review iOS 12 beserta detail fitur baru yang ada di developer beta.

Dan Review macOS terbaru bakal MacPoin rilis sebentar lagi, jadi pastikan kunjungi terus MacPoin.com untuk info terbaru seputar iPhone, Mac, dan perangkat Apple lainnya.