Sebelumnya MacPoin sudah review berbagai fitur baru di iOS 12 beta 1, kalo kamu belum sempat nonton — langsung saja tonton video review iOS 12 dibawah ini:

Kali ini MacPoin akan lanjutkan dengan perubahan yang terlihat di iOS 12 Beta 2 — yang baru dirilis Apple kemarin. Bagi kamu yang sudah tidak sabar, berikut ini adalah video review berbagai fitur baru iOS 12 Beta 2 di iPhone.

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno untuk tips dan info terbaru seputar teknologi, termasuk berbagai video dari MacPoin.


Bagi kamu yang lebih suka membaca daripada nonton video, berikut ini MacPoin sertakan fitur baru iOS 12 Beta 2 dalam bentuk artikel:

1. Splash Screen

Pertama ada splash screen di beberapa aplikasi seperti voice memo dan juga screen time. Splash screen ini menampilkan highlight fitur baru di aplikasi tersebut.

2. Animasi

Animasi 3D touch di iOS 12 Beta 2 lebih mulus dan halus. Kamu bisa lihat di animasi notifikasi, spotlight, aplikasi, dsb.

3. Voice Memo

Pengaturan Voice Memo di iOS 12 Beta 2 kini lebih simple dan mudah dimengerti oleh pengguna awam, dibandingkan dengan saat masih di iOS 12 Beta 1.

4. Screen Time

Berlanjut ke screen time, ada cukup banyak perubahan yang ditanamkan Apple disini. Pertama, di iOS 12 Beta 2, screen time ini tidak aktif secara default. Jadi perlu kamu aktifkan ulang. Kedua, ada opsi untuk melihat screen time per device. Jadi kamu bisa melihat report aktivitas di satu device atau semua device.

Ketiga, opsi clear screen time data sekarang hilang. Selain itu, tampilan icon di Time Limit juga sedikit dirombak. Screentime juga menampilkan lebih banyak informasi waktu di masing-masing aplikasi.

5. Battery Graph

Grafik report baterai sekarang benar-benar baru, beda banget dengan yang ada di iOS 12 Beta 1 sebelumnya. Tampilannya lebih jelas dan mudah dibaca, lalu kamu bisa tap untuk melihat detail penggunaan baterai di waktu-waktu tertentu — atau double tap untuk melihat seharian penuh.

Tampilan baru ini benar-benar memudahkan kamu untuk melihat aplikasi apa yang menghabiskan baterai paling banyak di iPhone kamu.

6. App Store

Ada beberapa perubahan di App Store. Pertama kalo kamu lakukan pencarian, teks hasil pencarian sekarang lebih kecil dari sebelumnya.

Selain itu kalau kamu tap profile, sekarang ada opsi Personalization. Artinya App Store akan menampilkan rekomendasi aplikasi berdasarkan interaksi kamu dengan App Store, seperti aplikasi yang kamu install, rating yang kamu submit, dsb.

7. Photos

Berbeda dengan App Store, di Photos beberapa teks malah terlihat jadi lebih besar, misalkan saja di Media Types dan Album.

Lalu sekarang kamu bisa melakukan pencarian advanced, jadi misal kamu ketikkan 8 April, maka foto dan momen yang kamu ambil pada hari tersebut bakal ditampilkan.

8. Siri

Sekarang Siri Suggestion bisa kamu matikan per aplikasi. Jadi kamu bisa atur aplikasi mana yang Siri Suggestion nya aktif, dan mana yang tidak.

9. Popup Password Baru

Kalo kamu login ke akun yang passwordnya tersimpan di Keychain, popup password baru akan muncul. Popup ini besar, jelas, dan sangat memudahkan untuk auto login.

10. Icon Location

Icon location sekarang jadi lebih cantik dengan adanya lengkung di setiap sudutnya.

11. Panah Spotlight

Kalo kamu buka spotlight, sekarang ada tanda panah di shortcut aplikasi.

12. Chapter Podcast

Selanjutnya, ini buat kamu penggemar podcast. Apple Podcast sekarang menampilkan indicator player untuk chapter podcast yang sedang kamu mainkan.

13. Automatic Update

Ini buat kamu yang penasaran. Opsi automatic update yang muncul di iOS 12 beta 1 kemarin adalah opsi untuk install pending update. Jadi kalo kamu aktifkan opsi ini, maka jika ada pending update bakal langsung diinstall otomatis di malam hari saat kamu tidur.

14. Trackpad Spacebar

Selanjutnya, kalo kamu ingat di Beta 1 kemarin Apple menambahkan trackpad spacebar ke iPhone yang tidak dilengkapi 3D Touch. Di beta 2, ternyata fitur ini dihadirkan juga ke iPhone dengan 3D touch. Jadi kamu tinggal tap tahan saja tombol spasi, dan keyboard akan langsung berubah menjadi trackpad.

15. Icon Baru

Di panel share sekarang kamu bisa mendapati beberapa icon baru seperti di copy, print, create PDF, more, dsb.

16. Notifikasi

Kalo kamu perhatikan, panel notifikasi sekarang jadi lebih rapi. Tulisan Notification Center bakal berganti dengan detail group saat group notifikasi kamu buka. Lalu tombol close juga semakin besar, semakin memudahkan dalam menutup notifikasi.

Serta kalo kamu aktifkan fitur Bed Time di do not disturb, maka notifikasi yang masuk bakal dikelompokkan tersendiri dalam kategori During Bed Time.

17. Tombol Start Timer

Dan terakhir, di Control Center, kalo kamu perhatikan tombol start timer tidak lagi bulat, tetapi lebih memanjang. Ini membuat tombol Start Timer ini kurang begitu selaras dengan tampilan tombol lain yang masih menggunakan desain bulat.

Nah itulah dia perubahan yang terlihat di iOS 12 Developer Beta 2. Tentu masih ada banyak sekali perubahan minor didalamnya, dan kamu bisa sampaikan di kolom komentar, kalo kamu punya tambahan tips atau pertanyaan seputar iOS 12 Developer Beta 2 ini.