Lowcost Fanboy: Tips Jadi Fanboy Apple Gak Pake Mahal

Pengen jadi penggemar produk Apple tapi gak punya banyak uang? Tenang, kamu tetap bisa memiliki produk Apple impian dengan harga yang terbilang murah. Kamu bisa jadi fanboy Apple tanpa perlu keluar banyak uang.

Ada beberapa produk Apple yang sangat pantas untuk kamu beli. Semua produk Apple di sini adalah produk yang benar-benar masih layak untuk dibeli di tahun 2018 ini serta dibanderol dengan harga yang tidak terlalu mahal. Nah produk apa sajakah itu?

 

iPhone 5S / iPhone 6

Penggemar iPhone namun cuma punya dana terbatas? iPhone 5S adalah jawabannya. Sebagai sebuah iPhone dari tahun 2013, saya berani menyarankan iPhone 5S untuk kamu yang ingin jadi fanboy Apple namun gak punya banyak uang.

Salah satu alasannya adalah dukungan iOS 12. Apple memang terkenal sering memberikan dukungan ke berbagai produknya selama produk tersebut masih sanggup menerima update terbaru. Itu artinya hingga kini iPhone 5S tetap diurus oleh Apple dan sudah 5 tahun.

Kedua adalah harga iPhone 5S yang terbilang sangat murah. Tahun lalu saja iPhone 5S baru dijual dengan harga Rp 3 juta. Tahun ini jelas harga iPhone 5S sudah lebih murah lagi. Hanya saja, barang barunya tentu sudah semakin sulit didapatkan.

iPhone 5S terlalu kuno? Ya namanya aja juga lowcost fanboy, tentu tips ini cuma buat kamu yang punya dana terbatas. Kalau kamu punya dana lebih bisa ambil iPhone 6. Hal ini juga karena produk baru iPhone 6 masih lumayan banyak tersedia di pasaran.

Lowcost Fanboy: Tips Jadi Fanboy Apple Gak Pake Mahal

Spesifikasi iPhone 6 memang tidak terlalu besar untuk ukuran smartphone jaman sekarang, namun setidaknya masih lebih baik dari iPhone 5S serta kamu bisa lebih mudah mendapatkan barang baru, ketimbang beli barang seken.

 

Mac Mini

Mac Mini adalah produk yang “wajib” kamu beli jika kamu benar-benar pengen punya Mac dengan dana yang sangat terbatas. Ya, Mac Mini adalah produk yang tepat untuk kamu. Kenapa saya merekomendasikan produk ini?

Pertama, harga yang terbilang sangat murah untuk sebuah produk baru yang masih gres. Ya, harga paling murah bisa kamu dapatkan dengan harga Rp 7 jutaan. Jika ada promo, kamu mungkin bisa mendapatkan Mac Mini dengan harga 6 jutaan.

Kedua adalah dukungan Apple yang masih berlanjut. Kamu tetap bisa menikmati update macOS terbaru dengan berbagai fitur terbaru. Mac Mini yang saya rekomendasikan ini adalah produk terbaru keluaran 2014. Apple memang hingga kini masih belum merilis versi yang lebih baru lagi, dan versi 2014 tersebut adalah yang terbaru.

Ketiga adalah spesifikasi yang lumayan. Dengan Intel Core i5, memori RAM 4GB, Storage 500GB, hingga Intel HD 5000 sebenarnya sudah cukup untuk merasakan sensasi macOS dengan harga murah. Namun tentu saja kamu tidak bisa terlalu berharap kinerjanya akan semulus Mac Mini lain yang dibanderol dengan harga lebih mahal.

Lowcost Fanboy: Tips Jadi Fanboy Apple Gak Pake Mahal

Khusus untuk komputer Mac ini, saya cuma bisa ngasih rekomendasi Mac Mini ini. Hal ini karena banderol harga Mac memang tidak bisa dibilang lowcost. Alternatif lain, kamu bisa beli barang seken yang masih bagus, tentu bisa lebih murah. Kalau kamu ada uang lebih, bisa beli MacBook Air 11 Inch yang harganya bisa Rp 8 jutaan, atau MacBook Air 13 inch yang paling murah bisa mencapai Rp 11 jutaan.

 

iPod Touch Generasi ke-6

Kamu penggemar iPod? Satu-satunya iPod yang saya sarankan adalah iPod Touch generasi ke-6. Alasannya adalah karena barang barunya masih bisa ditemui di pasaran.

Alasan kedua adalah iPod Touch ini masih didukung oleh Apple dengan tetap merilis iOS 12 ke iPod Touch generasi ke-6 ini. Kamu tetap akan bisa mendapatkan berbagai update fitur terbaru dari Apple untuk perangkat iOS.

Lowcost Fanboy: Tips Jadi Fanboy Apple Gak Pake Mahal

Harga iPod Touch generasi ke-6 ini juga terbilang sangat murah. Kamu bisa mendapatkannya dengan harga Rp 2.5 jutaan saja. Itu adalah produk baru ya, kalau beli produk bekas tentu bisa lebih murah lagi. Untuk spesifikasi prosesor dan memorinya sendiri mirip dengan iPhone 6. Keren kan?

 

iPad Air / iPad Mini 2

Kamu adalah penggemar iPad? Ada dua produk yang bisa saya sarankan ke kamu khusus buat kamu yang punya dana gak seberapa. Pertama adalah iPad Air generasi ke-1, dan yang kedua adalah iPad Mini 2.

Kedua iPad tersebut memang memiliki spesifikasi yang sangat mirip karena memang dirilis pada era yang sama. Dalam kasus ini, tergantung kamu pengen iPad berukuran kecil atau berukuran lebih besar. Untuk dukungannya sendiri kamu tak perlu khawatir karena masih mendapatkan update iOS 12 terbaru.

Untuk banderol harganya sendiri sudah ada di bawah 3 jutaan. Hanya saja sudah susah untuk mendapatkan produk barunya. Kemungkinan besar kamu cuma bisa mencari produk ini di kelas produk seken saja. Namun jangan khawatir, kamu tetap bisa mendapatkan produk bekas dengan kualitas tinggi.

Kalau mau, kamu bisa beli iPad generasi ke-6 yang sudah mendukung Apple Pencil. Harganya sendiri masih mahal, yaitu sekitar 6 jutaan. Maklum produknya masih belum lama dirilis di Indonesia. Namun sebenarnya harga 6 jutaan tergolong murah jika kita melihat spesifikasi yang ditawarkan.

 

Apple Watch Series 1

Penggemar Apple Watch jelas harus pilih Apple Watch Series 1. Dua alasan utama adalah, banderol harga yang jauh lebih murah ketimbang Series 2 dan Series 3 serta masih mendapatkan dukungan watchOS 5.

Lowcost Fanboy: Tips Jadi Fanboy Apple Gak Pake Mahal

Ingat ya! Apple Watch Series 1 ini adalah versi pembaruan dari versi awal Apple Watch, dan bukan Apple Watch generasi pertama (Apple Watch Original) yang sudah tidak mendapatkan dukungan watchOS 5 lagi. Pastikan dulu produk yang hendak kamu beli itu Apple Watch Series 1 atau Apple Watch Original agar tidak menyesal di kemudian hari.

 

Apple TV

Untuk kamu yang ngebet pengen punya Apple TV, saya sarankan untuk membeli Apple TV generasi ke-4. Meskipun belum mendukung 4K, namun yang penting masih mendapatkan dukungan update software tvOS 12 terbaru.

Lowcost Fanboy: Tips Jadi Fanboy Apple Gak Pake Mahal

Sebenarnya harga Apple TV generasi ke-5 alias Apple TV 4K juga terbilang gak terlalu mahal-mahal amat. Dengan harga sekitar Rp 3 jutaan, kamu sudah bisa mendapatkan Apple TV 4K. Namun jika dana benar-benar terbatas, tidak ada salahnya beli yang generasi ke-4 karena fitur yang dibawa di versi Apple TV 4K tidak terlalu banyak perbedaan, selain dukungan 4K HDR serta Dolby Sound saja.

Bagaimana? Masih ada produk Apple lain yang bisa dijadikan rekomendasi untuk para lowcost fanboy di sini?

Bagikan pendapatmu di kolom komentar ya, dan jangan lupa untuk follow akun Twitter MacPoin 😀

  Review TV 4K Paling Murah  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.