iPhone Akan Gunakan Teknologi Kamera Google Pixel

Tren kamera ganda memang akhir-akhir ini semakin menyeruak. Apple juga tidak ketinggalan dengan merancang iPhone 7 Plus yang dilengkapi dengan kamera ganda. Bahkan beberapa vendor menyematkan kamera lebih dari dua.

Beberapa alasan para pembuat smartphone menyematkan kamera ganda adalah untuk memberikan fitur-fitur tertentu yang tidak bisa didapatkan dengan satu kamera. Salah satunya adalah Apple yang memberikan fitur Portrait Mode di iPhone 7 Plus, iPhone 8 Plus, dan iPhone X.

Fitur Portrait Mode ini membuat background dari objek menjadi buram, sementara objek utama yang ada di latar depan menjadi fokus. Efek ini sudah sangat umum di kamera DSLR, tetapi di smartphone fitur ini masih belum terlalu lama beredar.

Nah, smartphone andalan dari Google yaitu Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL mampu menghadirkan efek bokeh seperti itu, namun tetap dengan menggunakan satu kamera saja. Teknologi ini kabarnya akan diadopsi oleh iPhone generasi terbaru. Apple kini sedang bereksperimen mengenai teknologi kamera lensa tunggal yang bisa serupa dengan dual lensa.

Teknologi tersebut akan diberi nama “Image Sensing with In-Pixel Depth Sensing”, yang memungkinkan sebuah sensor kamera bisa meniru beberapa mode yang berbeda. Teknologi ini sudah ada di Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL.

Teknologi ini akan menempatkan dua photodetector dalam setiap piksel lalu sensor akan mendeteksi detail informasi yang memungkinkan kamera bisa membuat kembali berbagai macam efek.

Meskipun demikian, masih belum jelas apakah Apple akan mengimplementasikan fitur ini di kamera belakang atau kamera depan. Hingga kini, fitur Portrait Mode yang membutuhkan dual lensa kamera dianggap sebagai salah satu yang terbaik karena bisa menghasilkan efek bokeh yang halus.

via Phone Arena

  Fitur Baru di iOS 12 Beta 4  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.