Minggu lalu MacPoin sempat review berbagai fitur baru di iOS 12, kalo kamu belum nonton, silakan tonton video review iOS 12 disini:

Di review tersebut ada banyak banget pertanyaan yang masuk, dan untuk menjawab berbagai pertanyaan seputar iOS 12 tersebut, berikut ini adalah video Tanya Jawab iOS 12 yang MacPoin upload di channel Kepoin Tekno.

NB: Pastikan subscribe channel Kepoin Tekno untuk info terbaru seputar teknologi, termasuk berbagai video seputar Apple dari MacPoin.

 

Buat kamu yang lebih suka membaca daripada menonton video, berikut ini MacPoin sertakan tanya jawab iOS 12 dalam bentuk artikelnya.

1. Kenapa kok tidak muncul notif update iOS 12 di iPhone?

iOS yang MacPoin review kemaren adalah iOS 12 Developer Beta. Jadi untuk dapetin updatenya, kamu harus install Developer Beta Profile terlebih dahulu.

Legalnya, Developer Beta Profile ini bisa kamu dapatkan dengan Apple Developer Account yang berbayar $99 per tahun.

Tapi kalo kamu Googling, sebenarnya kamu bisa nemu beberapa link Developer Beta Profile yang diupload oleh pihak tertentu, dan kamu bisa install untuk mendapatkan update iOS 12 Developer Beta ini.

Tapi MacPoin nggak recommend kamu buat install iOS developer beta, karena masih ada banyak bugs. Dan buat kamu yang udah ngebet pengen nyoba nih — minimal saya sarankan menunggu iOS 12 Public Beta, dan cara installnya nanti akan MacPoin jelaskan di video selanjutnya.

Sedangkan buat pengguna umum untuk pemakaian harian, sebaiknya menunggu iOS 12 Final — yang kemungkinan bakal dirilis bulan September nanti. Jadi stay tuned aja.

2. NFC gimana, udah bisa buat cek e-money belum?

Sebenarnya sejak di iPhone 6, Apple sudah menyertakan chip NFC. Hanya saja sampai sekarang masih dikunci untuk keperluan Apple Pay saja — yang tentunya useless di Indonesia. Nah di iOS 12 ini, Apple memang dikabarkan bakal memberikan akses penuh kepada developer untuk bisa memanfaatkan chip NFC ini. Artinya, NFC di iPhone bakal bisa dipakai untuk keperluan lain selain Apple Pay.

Kembali ke pertanyaan, saat ini masih belum bisa cek e-money di iOS 12 Developer Beta. Kalau memang akses NFC jadi dibuka oleh Apple, nanti tentu tergantung dari developer juga, apakah bakal merilis aplikasi cek saldo e-Money ke App Store ataukah tidak. Kalau saat ini, belum ada aplikasi cek saldo e-Money yang terlihat di App Store.

3. iPhone 6s bisa gak, iPhone 5s bisa gak? dsb

Semua iPhone mulai dari iPhone 5s sampai iPhone terbaru saat ini bakal kebagian update iOS 12. Jadi kalo iPhone kamu adalah iPhone 5s — atau yang lebih baru, jangan khawatir, kamu pasti kebagian iOS 12 ini.

4. Baterainya Boros Gak, performa gimana, bakal lag seperti iOS 11?

Karena sekarang masih pake developer beta, belum bisa dijadikan patokan performa untuk iOS 12 versi finalnya nanti. Tetapi dari developer beta ini, baterai nggak boros, normal-normal aja. Performa lancar, bahkan di iPhone 5s terasa lebih lancar daripada iOS 11 final. Dan MacPoin meyakini bahwa di versi finalnya nanti iOS 12 bakal punya performa yang lebih baik dari iOS 11 final saat ini.

5. Apakah semua iPhone kebagian fitur baru iOS 12?

Tidak. Semua fitur yang berhubungan dengan ARKit seperti aplikasi Measure misalnya, tidak bisa dinikmati di iPhone 5s, iPhone 6 dan 6 Plus karena tidak support ARKit.

Sedangkan fitur yang membutuhkan truedepth sensor, seperti Animoji dan Memoji tidak bisa dinikmati di seri iPhone selain iPhone X — karena memang cuman iPhone X yang dilengkapi truedepth sensor.

Untuk fitur lainnya seperti group notification, do not disturb baru, dan yang lainnya, bisa kamu nikmati di semua seri iPhone yang disupport iOS 12.

6. Bisa install iOS 12 di Xiaomi gak?

Jelas tidak bisa, karena iOS 12 ini diperuntukkan bagi iPad dan iPhone. Kalo Xiaomi ada MIUI 10 yang juga bakal dirilis dalam bulan-bulan kedepan ini.

7. Apa aja bug di iOS 12?

Ada beberapa bug di iOS 12 Developer Beta, beberapa yang saya temui misalnya sering gagal login Twitter, ini jadi berimbas ke berbagai akun aplikasi lain yang memanfaatkan Twitter login. Kemudian saat ada call WA tidak muncul tombol untuk menerima call.

Dan beberapa audience juga report bug lain seperti masalah sinkronisasi di iTunes, serta force close FB messenger.

Jadi sekali lagi sebaiknya tunggu iOS 12 final kalo pengen dipake untuk keperluan harian.

8. Bisa nggak loncat update langsung ke iOS 12 tanpa ke iOS 11.4 terbaru dulu?

Bisa. Nanti kalo iOS 12 Final udah dirilis, kamu bisa langsung loncat ke update iOS 12 terbaru.

9. iPhone 5s dapet aplikasi Measure gak?

Untuk iPhone yang tidak support ARKit seperti iPhone 5s, iPhone 6 dan 6 Plus, tidak mendapatkan fitur baru yang membutuhkan ARKit, termasuk aplikasi Measure.

Tapi kalo sekedar untuk membuka konten USDZ bisa, cuman tetep terbatas hanya di browser saja dan tidak bisa ditampilkan ke dunia nyata dalam bentuk AR.

10. Dari iOS 12 Beta bisa balik ke iOS 11 Final ga?

Bisa. Kamu bisa balik lagi dengan erase dan restore iPhone. Tapi sebelum install iOS 12 Beta pastikan kamu sudah bikin arsip Backup. Jadi setelah downgrade, kamu bisa restore data dari backup tersebut.

Ini penting karena backup yang dibuat di iOS 12 Beta tidak bisa direstore di iOS 11 Final. Baca cara membuat arsip backup iPhone yang sudah pernah MacPoin bagikan sebelumnya.

11. Dari iOS 12 Beta apakah bisa dapat iOS 12 Final.

Bisa dapat, nanti begitu versi final dirilis, kamu tinggal update aja lalu uninstall Beta Profile, supaya kedepannya tidak dapet update beta lagi.

12. Apakah iOS 12 dilengkapi Always on Display seperti di rumor?

Tidak. Tidak ada Always on Display di iOS 12 seperti di beberapa desain konsep yang pernah beredar. Always on Display ini bagus sih, tapi mengingat mayoritas iPhone pake layar LCD — maka bakal menguras baterai kalau ditambahkan Always on Display.

Mungkin fitur seperti ini baru ditambahkan Apple setelah mayoritas lini iPhone menggunakan layar OLED seperti di iPhone X.

Nah itulah dia jawaban atas 12 pertanyaan yang mewakili hampir semua pertanyaan yang masuk seputar iOS 12 di video review iOS 12 sebelumnya.

Kalau kamu masih punya pertanyaan seputar iOS 12, silakan sampaikan aja di kolom komentar, karena kalo masih banyak pertanyaan, kedepannya bakal MacPoin buat video tanya jawab iOS 12 Part 2.