Siapa sangka iPhone 5s jadul yang dirilis 5 tahun lalu ini masih tetap dapat update iOS 12. Tapi bagaimana performa iOS 12 di iPhone 5s? Lancar atau tidak? Dan fitur apa aja yang hilang, tonton review iOS 12 di iPhone 5s berikut ini:

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan info terbaru seputar teknologi, termasuk berbagai video dari MacPoin.

Performa iOS 12 di iPhone 5s

Performa iOS 12 di iPhone 5s lancar. Meskipun nggak semulus di iPhone 7 keatas, tapi buka aplikasi bisa berjalan cepat, melakukan pencarian cepat, pindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain juga lancar, bahkan kamera juga terasa responsif.

Jadi peningkatan performa iPhone melalui iOS 12 seperti yang dijanjikan Apple, bisa kamu rasakan juga di iPhone 5s.

Tapi di versi developer beta ini iPhone 5s jadi lebih cepat panas. Tapi sekali lagi ini masih developer beta, jadi hal seperti ini wajar terjadi. Kamu bisa expect masalah ini hilang di versi finalnya nanti.

Untuk keawetan baterai iPhone 5s di iOS 12 developer beta, normal-normal aja, nggak terasa boros seperti saat iOS 11 developer beta sebelumnya.

Fitur iOS 12 di iPhone 5s

Lalu ngomongin fitur, nggak semua fitur baru iOS 12 bisa kamu nikmati di iPhone 5s karena keterbatasan hardware.

Kamu bisa cek semua fitur utama iOS 12 di video review Kepoin Tekno sebelumnya.

Mayoritas fitur utama seperti group notifikasi dan manajemen notifikasi bisa kamu nikmati di iPhone 5S, Do not disturb yang baru juga bisa kamu nikmati, termasuk juga BedTime Mode.

Screen time yang menampilkan report penggunaan waktu di iPhone juga ada, lengkap dengan berbagai pengaturan seperti app limit, downtime, dan content restriction.

Di aplikasi Photos, fitur baru iOS 12 juga lengkap, mulai dari tab for you, search suggestion, sampai share suggestion.

Tidak ketinggalan juga fitur shortcut siri untuk membuat custom commands, dan juga Facetime yang bisa group call sampai 32 orang. Sama seperti di iOS 12 untuk iPhone seri lainnya.

Lalu ada satu fitur bermanfaat yang dihadirkan Apple ke iPhone 5s. Fitur ini sebelumnya hanya bisa dinikmati di iPhone yang punya 3D touch, tetapi kini bisa kamu nikmati di iPhone tanpa 3D touch, termasuk iPhone 5s ini.

Jadi di keyboard iPhone, kamu tinggal tap tahan spasi, dan kamu bisa menggerakkan kursor dan mengubah keyboard layaknya touchpad. Dengan begini kamu bisa bebas mengarahkan kursor kemana saja dengan mudah dan cepat.

Lalu fitur apa saja yang nggak ada di iPhone 5s?

Pertama, dari koleksi aplikasi baru. Aplikasi Measure yang digunakan untuk mengukur panjang object tidak ada di iPhone 5s. Aplikasi ini memanfaatkan AR sehingga kamu tidak bisa menikmatinya di iPhone ini.

Dengan begitu, fitur pengukur kemiringan yang di iPhone baru sudah digabung di aplikasi Measure, di iPhone 5s, karena aplikasi tersebut tidak ada, fitur pengukur kemiringan tetap menyatu di aplikasi compass.

Kedua, di iMessages, kalau kamu kirim foto, tidak ada fitur efek untuk menambahkan filter, sticker, teks, dsb. Jadi kamu hanya bisa mengirimkan foto biasa tanpa efek apapun.

Ketiga, iPhone 5s ini memang mendukung konten USDZ. Artinya kalo ada konten USDZ entah itu animasi atau obyek 3D di web misalnya, kamu tetap bisa melihatnya dalam perspektif 3D. Tapi yang tidak ada adalah fitur AR. Obyek 3D ini tidak bisa kamu hadirkan ke dunia nyata melalui Augmented Reality, karena iPhone 5s memang tidak mendukung fitur ini.

Terakhir tentu fitur baru iOS seperti Memoji dan Animoji baru tidak ada di iPhone 5s, karena fitur ini memang eksklusif di iPhone X yang punya TrueDepth camera.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya gaes, iOS 12 di iPhone 5s, performa lancar, mayoritas fitur utama ada — kecuali fitur yang melibatkan AR dan truedepth camera.

Tetapi sangat mengagumkan bagaimana Apple tetap memberikan update OS terbaru untuk smartphone yang mereka rilis 5 tahun sebelumnya. Jelas ini sulit ditandingi oleh brand-brand lainnya.

Ingat, saat ini iOS 12 masih dalam fase Developer Beta. Beberapa aplikasi masih ada yang tidak support dengan iOS 12 Developer Beta ini, jadi sebaiknya kamu tidak install dulu di iPhone utama kamu — kecuali jika memang sudah tidak sabar untuk mencicipinya langsung dengan mengabaikan segala permasalahan yang masih ada.