5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan dengan Tombol Home iPhone

Setelah dirilisnya iPhone X, banyak orang menganggap bahwa tombol Home adalah teknologi jadul. Padahal tombol Home iPhone yang hanya berjumlah satu ini memiliki kegunaan sangat banyak. Siapa sangka hanya dengan satu tombol saja, kamu bisa melakukan banyak hal di iPhone. Berikut ini adalah 7 hal yang bisa kamu lakukan dengan tombol Home iPhone.

1. Masuk iPhone dengan Fingerprint

Sudah pasti kamu tahu kegunaan utama dari tombol home di iPhone 5s keatas, yaitu sebagai sensor sidik jari untuk masuk ke iPhone melalui Touch ID. Cukup tempelkan saja jari di tombol home, dan jika sidik jarinya sudah terdaftar kamu akan langsung dibawa masuk ke iPhone melalui Touch ID.

2. Menuju Home

Hal kedua yang bisa kamu lakukan dengan tombol home, tentu saja menuju ke Home. Saat membuka aplikasi, untuk kembali ke Home kamu tinggal tekan saja tombol Home.

3. Multitasking dan Berpindah Antara Aplikasi

Untuk melihat semua aplikasi yang berjalan di mulitasking manager, sekaligus untuk berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain, cukup tekan dua kali tombol home di iPhone. Multitasking manager akan muncul dan kamu tinggal pilih mau membuka aplikasi apa — atau menutup aplikasi lainnya.

4. Mengakses Siri

Tekan tahan tombol Home dan Siri akan muncul. Dari situ kamu bisa langsung bertanya ataupun memerintah Siri.

5. Shortcut Tiga Klik

Normalnya tombol Home hanya mengenali satu atau dua klik saja, tetapi sebenarnya kamu bisa mengaturnya untuk mengenali tiga klik. Pengaturan ini bisa kamu lakukan di General -> Accessibility -> Accessibility Shortcut. Kamu bisa mengasosiasikan tiga klik tombol Home untuk berbagai fitur accessibility seperti:

  • AssistiveTouch
  • Classic Invert Colors
  • Color Filters
  • Reduce White Point
  • VoiceOver
  • Smart Invert Colors
  • Switch Control
  • VoiceOver
  • Zoom.

6. Memudahkan Pakai Satu Tangan

Berbeda dengan iPhone 5s yang ukurannya kecil dan mudah dioperasikan dengan satu tangan, sejak dirilisnya iPhone 6 hingga sekarang ukuran iPhone terbilang besar — terlebih untuk seri Plus yang seukuran phablet. Tapi tak perlu khawatir, cukup tap tombol Home dua kali (tap ya, bukan klik) — maka kamu bakal mengaktifkan fitur Reachability. Dengan ini posisi tampilan layar bakal berpindah kebawah sehingga memudahkan kamu mengoperasikan iPhone dengan satu tangan.

Tap tombol Home dua kali untuk mengaktifkan, tap dua kali juga untuk mengembalikannya seperti semula.

7. Tombol Canggih yang Bisa Diatur

Sejak di iPhone 7 hingga iPhone 8, tombol Home bukanlah sekedar tombol biasa. Tombol Home sebelumnya benar-benar tombol, tetapi sejak iPhone 7 — tombol Home ini bukan benar-benar tombol! Jadi sebenarnya yang kamu tekan bukanlah tombol, melainkan permukaan solid yang merespon tekanan kamu dengan getaran — sehingga menyerupai tombol.

Hal ini membuat tombol Home di iPhone 7 / 7 Plus dan iPhone 8 / 8 Plus merupakan tombol canggih yang bisa kamu atur sendiri tingkat getaran dan sebagainya.

  • Buka Settings -> General -> Home Button untuk mengatur seberapa kuat efek klik yang diberikan tombol Home.
  • Buka General -> Accessibility -> Home Button untuk mengatur seberapa cepat klik yang diperlukan untuk double atau triple klik.
  • Buka Settings -> General -> Accessibility -> Home Button -> dan aktifkan Rest Finger to Open agar kamu bisa membuka iPhone tanpa harus klik tombol Home (cukup letakkan jari diatasnya saja, kunci iPhone akan langsung terbuka).

Nah itulah dia gaes 7 fungsi dan kegunaan tombol Home iPhone. Meskipun iPhone X nampaknya bakal menjadi akhir dari keberadaan tombol Home di iPhone, tetapi satu tombol dengan banyak fungsi ini telah menjadi icon iPhone terkuat dalam beberapa tahun terakhir.

Punya hal lain yang bisa dilakukan oleh tombol Home di iPhone dan masih terlewatkan dari daftar diatas? Bagikan saja di kolom komentar.

  Fitur Baru di iOS 12 Beta 4  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.