Review Declutter: Bikin Desktop Mac Selalu Bersih dan Rapi

Jika ada satu bagian yang selalu kotor dan berantakan dari macOS, biasanya itu adalah Desktop. Hal ini karena Desktop menjadi lokasi default untuk screenshot — dan sebagian pengguna bahkan menjadikannya sebagai tempat sementara untuk meletakkan file, dokumen, dsb.

Desktop MacBook saya sendiri selalu penuh dengan screenshot, karena memang pekerjaan saya sehari-hari menuntut banyak sekali mengambil screenshot. Jadi kadang tanpa disadari buka desktop langsung amburadul — padahal baru aja kemarin dibersihkan.

Cara Agar Desktop Mac Tidak Penuh Screenshot dan File

Tetapi masalah tersebut langsung teratasi dengan aplikasi Declutter. Sejak pakai Declutter ini, tampilan Desktop MacBook saya selalu bersih dan rapi. Dan bagi kamu yang penasaran, berikut ini adalah review lengkap Declutter dari MacPoin.

Merapikan Desktop, Otomatis

Fungsi utama dari Declutter ini adalah merapikan desktop kamu secara otomatis. Begitu diinstall, defaultnya Declutter bakal menambahkan 4 folder di Desktop Mac kamu, yaitu Documents, Musics, Pictures, dan Video.

Review Declutter: Bikin Desktop Mac Selalu Bersih dan Rapi

Nah, yang dilakukan oleh Declutter adalah mengelompokkan file yang ada di desktop kedalam folder tersebut secara otomatis. Jadi jika kamu mengambil screenshot dan tersimpan di Desktop, maka dalam beberapa waktu sekali semua screenshot tersebut akan otomatis dipindahkan ke folder Pictures sehingga Desktop kembali bersih.

Bikin Folder dan Rule Sendiri

Oke. Declutter memang bisa melakukan tugasnya dengan baik secara default. Tetapi sebenarnya kamu bisa bebas mengkonfigurasi sesuka hati sesuai kebutuhan. Kamu bisa hapus folder default yang tidak kamu butuhkan.

Review Declutter: Bikin Desktop Mac Selalu Bersih dan Rapi

Atau bahkan membuat folder baru dengan rule yang kamu tentukan sendiri.

Kamu bisa menentukan warna folder, icon folder, dan yang terpenting adalah rule folder tersebut. Rule inilah yang menentukan apa yang bakal dilakukan oleh Declutter secara otomatis.

Sebagai contoh saya membuat folder Ebook, yang memberikan rule untuk memindahkan file ebook yagn tersimpan di Desktop dengan format .epub, .pdf, dan .mobi secara otomatis ke folder tersebut.

Review Declutter: Bikin Desktop Mac Selalu Bersih dan Rapi

Sebenarnya kamu bisa juga memberikan rule berdasarkan nama file, misalnya saja untuk file yang memiliki nama DSC kamu pindahkan ke folder Foto, dsb.

Pada intinya, Declutter ini sangat fleksibel dan bisa kamu custom sesuai kebutuhan.

Bisa Dikonfigurasi

Declutter berjalan otomatis setiap beberapa waktu sekali, dan ini bisa kamu atur melalui Settings. Defaultnya Declutter berjalan otomatis untuk mengeksekusi rule dan merapikan desktop dalam 1 jam sekali. Tetapi kamu bisa mengaturnya mulai dari 1 menit sekali sampai 8 jam sekali — tergantung seberapa sering desktop Mac kamu berantakan karena aktivitas sehari-hari.

Review Declutter: Bikin Desktop Mac Selalu Bersih dan Rapi

Ada juga tombol Declutter Now jika kamu mendapati Desktop berantakan, dan ingin merapikannya sekarang juga tanpa perlu menunggu eksekusi otomatis Declutter.

Kekurangan Declutter

Satu hal yang saya rasa kurang dari Declutter adalah kemulusan tampilannya. Tampilan icon di Menu Bar Mac terlihat nge-blur. Untungnya saja pakai Bartender sehingga bisa saya sembunyikan agar icon tersebut tidak tampil di Menu Bar terus menerus.

Selain itu jika ada opsi tampilan folder lainnya (disamping opsi warna dan icon folder yang sudah ada), tentu Declutter bakal lebih baik lagi.

Selain dua hal ini, secara fungsi Declutter melakukan tugasnya untuk membersihkan dan merapikan Desktop Mac dengan sangat baik.

Tips Memakai Declutter

Agar bisa menjalankan tugasnya dengan baik, kamu perlu atur agar Declutter berjalan otomatis setiap kali login Mac.

Review Declutter: Bikin Desktop Mac Selalu Bersih dan Rapi

Hapus juga folder yang tidak perlu dan tambahkan folder serta rule lain yang kamu butuhkan.

Untuk eksekusi rule, tidak perlu kamu atur terlalu sering. Cukup sesuaikan dengan tingkat aktivitas kamu dalam ngeberantakin Desktop Mac. Saya sendiri memilih 1 jam sekali (default), karena biasanya memang Desktop berantakan setelah 1 jam penggunaan (mengambil screenshot postingan blog, dsb).

Kesimpulan

Review Declutter: Bikin Desktop Mac Selalu Bersih dan Rapi

Overall, Declutter mampu melakukan tugasnya dengan sangat baik. Semenjak pakai aplikasi ini Desktop MacBook saya jadi rapi dan bersih — secara otomatis. Tidak perlu lagi menyembunyikan icon Desktop, ataupun merapikannya secara manual. Jadi buat kamu yang ingin tampilan Desktop Mac selalu bersih dan rapi, Declutter ini Recommended untuk kamu miliki.

Download Declutter

Declutter bisa kamu dapatkan dari App Store dengan bandrol harga 149 ribu rupiah — atau jika kamu pengguna Setapp, Declutter juga bisa kamu download langsung dari Setapp.

Sudah mencoba Declutter..?? Silakan sampaikan ulasan kamu di kolom komentar.

  Tanya Jawab iOS 12  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.