Kode Program iBoot di iOS Bocor ke Publik

iBoot adalah salah satu komponen yang ada di sistem operasi iOS. Platform iOS sendiri adalah platform yang tertutup dan kode sumbernya tidak tersedia untuk khalayak umum.

Namun dalam beberapa waktu yang lalu kode program iBoot sempat bocor ke publik. Akhirnya Apple buka suara, bahwa yang bocor ke publik tersebut adalah iBoot dari iOS 9.

Baca Juga:

Apple sudah mengirimkan peringatan kepada pihak GitHub, repository di mana kode program tersebut dibagikan ke publik, untuk menghapus seluruh konten yang menampilkan kode program iBoot iOS 9 yang sempat bocor. Kini halaman tersebut sudah hilang dari GitHub dan sudah tidak bisa lagi disalahgunakan.

Meskipun sempat bocor, pengguna tidak perlu khawatir. Apple mengklaim bahwa fitur keamanan di iOS tidak hanya pada kode program saja. Lagipula, versi yang bocor adalah iOS 9, versi 2 generasi di bawah iOS 11 yang merupakan iOS terbaru saat ini.

Sekedar informasi, platform iOS 11 kini sudah diadopsi oleh 65% perangkat iPhone, iPad dan iPod Touch di dunia. Sementara untuk versi lain, yaitu iOS 10 ada pada kisaran 28%, serta versi lain yang lebih lawas berada di kisaran 7% saja.

via MacRumors