Apple Siap Bikin Universal App Untuk iOS dan macOS

Aplikasi universal yang bisa berjalan di banyak platform mungkin memang bukan hal yang baru. Microsoft sudah mempopulerkan aplikasi UWP (Universal Windows Platform) yang bisa berjalan di smartphone, tablet, hingga komputer desktop. Akankah Apple melakukan hal yang sama?

Dilansir dari Bloomberg, Apple kabarnya siap mengimplementasikan aplikasi universal yang bisa berjalan di iPhone, iPad, dan juga Mac. Jadi satu aplikasi yang bisa berjalan di banyak perangkat dengan user experience yang tidak jauh berbeda pula.

Baca Juga:

Selama ini, developer memang memungkinkan untuk merilis aplikasi iOS untuk iPhone, iPad dan iPod Touch dalam satu project aplikasi. Namun untuk versi Mac, developer harus membuat aplikasinya secara terpisah.

Tentu saja hal ini menjadi peluang baru untuk developer aplikasi. Dengan membuat aplikasi untuk semua perangkat, membuat kerja sang developer menjadi jauh lebih cepat, dan lebih hemat resource.

Apple kabarnya akan segera merilis SDK baru tahun depan. Kemungkinan besar akan diperkenalkan saat WWDC dan dirilis tidak lama setelah rilis iOS dan macOS terbaru. SDK ini juga kemungkinan besar hanya akan kompatibel dengan iOS dan macOS terbaru. Jadi kamu masih harus sedikit bersabar lagi.

Masih belum ada informasi resmi mengenai perangkat apa saja yang akan dapat update iOS dan macOS terbaru. Semoga saja iPhone dan iPad dengan RAM 1GB masih bisa mendapatkan update iOS baru ini, meskipun mungkin tidak bisa merasakan semua fitur secara penuh.

Bagaimana menurutmu?

via Bloomberg

  VPN Gratis Unlimited  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.