Mana yang Lebih Baik, Update iOS via OTA atau iTunes?

Update iOS untuk iPhone, iPad dan juga iPod Touch bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan cara download langsung dari perangkat, atau yang lebih dikenal dengan nama Over the Air (OTA) atau juga update iOS dari iTunes di PC dan laptop.

Kedua metode dan cara update iOS ini tentu punya perbedaan, kelebihan dan juga kekurangan. Apa sajakah itu, dan sebaiknya saya pilih metode update iOS yang mana? Untuk lebih jelasnya mengenai perbedaan update OTA dengan iTunes, kamu bisa baca artikel berikut ini.

Baca Juga:

 

Update OTA Lebih Mudah

Harus diakui, update OTA memang jauh lebih mudah. Bagaimana tidak, kamu cukup siapkan koneksi internet saja untuk download, dan kalau sudah terdownload ya tinggal install saja. Tunggu sampai proses selesai.

Beda halnya update iOS dari iTunes. Kamu perlu komputer desktop untuk proses update iOS. Jika masih belum ada program iTunes, kamu harus download dan install iTunes dulu. Belum lagi kamu harus menyambungkan iPhone ke komputer. Ketika proses update iOS, pastikan koneksi iPhone ke komputer tidak terputus.

 

Update iTunes Lebih Aman?

Meskipun update iTunes lebih merepotkan, namun update iTunes ini kabarnya menyimpan banyak sekali kelebihan. Salah satunya adalah lebih aman dari sisi proses update iOS.

Ini karena update dari iTunes selalu memperbarui keseluruhan iOS, sedangkan update OTA hanya semacam patch untuk mendapatkan update terbaru. Hal ini bisa dilihat dari ukuran update iOS di iTunes yang selalu besar, bisa hingga bergiga-giga. Sedangkan update OTA ukurannya relatif kecil dan bervariasi.

Selain itu, perbedaan dari update iTunes juga selalu diikuti oleh proses backup otomatis. Jadi misalnya saja perangkat iOS mengalami masalah setelah update iOS, maka kamu tidak perlu khawatir akan backup, karena semua sudah dibackup secara otomatis.

Selain itu, proses update dengan OTA membutuhkan koneksi Wi-Fi yang stabil. Jika koneksi Wi-Fi melambat atau bahkan terputus, ada kemungkinan proses download juga akan terhenti, sehingga menyebabkan file corrupt. Namun kasus ini jarang terjadi. Berbeda dengan proses update dari iTunes, karena download dari PC dan jika terjadi file corrupt, belum akan berdampak pada perangkat iOS milikmu.

Kelebihan update iOS dari iTunes yang lainnya adalah proses update yang juga diikuti proses pengisian daya baterai. Hampir bisa dipastikan, proses update iOS yang lama kamu tidak akan kehabisan daya baterai.

Kelemahan proses update iOS dari iTunes ini terletak pada PC atau laptop yang kamu gunakan. Jika tiba-tiba listrik mati atau laptop mati kehabisan baterai, tentu saja update akan terganggu. Inilah salah satu hal yang menjadi keunggulan update OTA, karena tidak membutuhkan bantuan PC atau laptop.

 

Kesimpulan

Kalau tujuanmu adalah untuk update iOS saja, tentu saja kamu bebas memilih untuk update melalui OTA atau dari iTunes di komputer. Tidak ada perbedaan yang berarti antara OTA dengan iTunes. Kalau saya pribadi, lebih suka update via OTA karena saya tidak pasti selalu berada di depan komputer. Dengan update OTA, cukup tap download untuk memulai proses pengunduhan, dan jika sudah siap, tinggal install saja.

Namun ada kalanya tidak ada koneksi internet dari Wi-Fi. Yang ada hanya koneksi internet dari kabel ethernet, tentu saja jika kepepet, saya bisa memilih opsi update dari iTunes dengan koneksi internet dari kabel ethernet saya tancapkan di komputer untuk download iOS.

Bagaimana? Kamu lebih suka download iOS dari iTunes apa cukup OTA saja?

  Apa itu Black Friday..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.