Home iPad Update iOS 11 Bikin Perangkat iPhone Lawas Lambat?

Update iOS 11 Bikin Perangkat iPhone Lawas Lambat?

Update iOS 11 Bikin Perangkat iPhone Lawas Lambat?

Perusahaan benchmark yang bernama Futuremark akhir-akhir ini merilis catatan menarik. Apple dianggap secara bertahap membuat kinerja iPhone lawas menjadi lebih lambat ketika dirilis update iOS baru. Yang terbaru ini adalah update iOS 11.

Klaim atas Apple yang diam-diam sengaja membuat perangkat iOS lawas di setiap update baru tersebut memang sudah viral semenjak iOS 11 terbaru dirilis resmi ke publik. Pencarian Google mengenai “iPhone Slow” naik secara signifikan.

Baca Juga:

Dimulai dari awal tahun 2016, Futuremark telah mengumpulkan lebih dari 100.000 benchmark untuk setiap tujuh iPhone yang berbeda. Data-data tersebut digunakan untuk menciptakan informasi mengenai perbandingan performa iPhone.

Perangkat pertama yang diuji adalah iPhone 5S, sebagai iPhone paling lawas yang kompatibel dengan iOS 11. Dirilis pada tahun 2013, iPhone 5S menjadi smartphone pertama dengan prosesor 64-bit.

Futuremark menggunakan pengujian 3DMark Sling Shot Extreme Graphic dan menghitung semua benchmark dari iPhone 5S tersebut.

Dalam hasil benchmark iPhone 5S tersebut, kinerja iPhone 5S tidak mengalami perubahan yang signifikan. Kinerja tersebut dihitung dari April 2016 hingga September 2017, atau dari iOS 9 ke iOS 11.

Update iOS 11 Bikin Perangkat iPhone Lawas Lambat?

Pengujian kedua juga menunjukkan hasil yang tidak jauh berbeda. iPhone 5S memiliki kinerja yang cukup konsisten dari iOS 9 hingga iOS 11.

Update iOS 11 Bikin Perangkat iPhone Lawas Lambat?

Beberapa iPhone seperti iPhone 6, iPhone 6S, dan iPhone 7 juga diuji dengan pengujian yang sama, dan hasil lengkapnya bisa kamu lihat di dalam gambar di bawah ini.

Update iOS 11 Bikin Perangkat iPhone Lawas Lambat?

Beberapa iPhone tersebut memang mengalami perubahan kinerja, namun perubahan tersebut tidak konstan menurun. Kadang naik kadang turun, dan perbedaannya juga tidak terlalu signifikan.

Penurunan kinerja iPhone lawas sebenarnya cukup wajar, mengingat iOS terbaru membawa banyak fitur baru dan tentu saja membutuhkan baterai yang lebih besar.

Bagaimana menurutmu? Kamu merasakan perbedaan kinerja iPhone di iOS 11 terbaru ini?

via Futuremark

  Review Microsoft Edge di iOS & Android  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Mahasiswa | Sedang Belajar Menguasai Swift Development | Pengen Gabung Bareng Apple Genius Bar | Please Apple, Hire Me! | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #iniKode #pleasePekaDong