Home iPad 11 Panduan dan Tips Membeli iPhone Bekas Berkualitas

11 Panduan dan Tips Membeli iPhone Bekas Berkualitas

11 Panduan dan Tips Membeli iPhone Bekas Berkualitas

iPhone adalah salah satu smartphone yang diinginkan oleh banyak orang. Namun karena dijual dengan banderol harga mahal, maka membeli iPhone bekas atau iPhone seken adalah solusi untuk mendapatkan iPhone dengan harga lebih murah.

Membeli iPhone bekas yang punya harga murah namun masih memiliki kualitas yang masih bagus memang gampang-gampang susah. Namun jika berhasil mendapatkan barang seken dengan kualitas bagus, tentu saja menjadi suatu keuntungan.

Baca Juga:

Untuk kamu yang berencara untuk beli iPhone bekas yang murah namun ingin dapat barang dengan kualitas bagus, 11 panduan dan tips beli iPhone seken ini bisa kamu coba.

 

Cek Harga Pasaran

Jangan pernah tergoda dengan iPhone seken yang harganya terlalu murah. Ya, meskipun iPhone bekas punya harga yang lebih murah dari iPhone baru, namun bukan berarti ada perbedaan harga yang sangat besar.

Misalnya saja iPhone 5S di 2017 harga baru sekitar 3 jutaan, maka harga bekas iPhone 5S yang masih berkualitas bagus ya sekitar 2.5 jutaan. Jika harganya jauh lebih murah, misal 1 jutaan, maka kualitasnya kemungkinan memang sudah buruk.

Untuk harga pasaran sih kamu bisa cek di toko-toko online yang menjual iPhone bekas. Tinggal ketik model iPhone apa yang kamu inginkan, filter ke harga barang bekas, dan kamu bisa lihat sendiri.

 

Sebisa Mungkin Beli COD Ketimbang Online

Membeli iPhone bekas memang jauh lebih baik jika beli secara langsung dan bertemu langsung dengan sang penjual iPhone. Apalagi jika sang penjual belum kita kenal.

Sudah banyak kasus beli iPhone online yang kena tipu karena tidak mendapatkan barang seperti yang terlihat di deskripsi. Masih baik kalau dia menerima pengembalian uang, kalau tidak?

Namun bukan berarti saya melarang membeli iPhone bekas secara online. Alangkah baiknya lebih berhati-hati agar tidak kena tipu. Kamu bisa baca artikel berikut ini untuk tips membeli iPhone online -> Baca: Tips Membeli iPhone Online

 

Cek Keaslian iPhone

Percuma mendapatkan iPhone dengan kondisi terbaik tapi ternyata barang tersebut adalah barang palsu, alias tidak asli. Lalu bagaimana cara mengetahui apakah iPhone tersebut asli atau palsu?

Ada banyak cara untuk melihat dan memeriksa apakah suatu produk tersebut asli atau tidak. Tidak terkecuali dengan iPhone. Kamu bisa baca tips cara mengecek keaslian iPhone di artikel ini -> Baca: Cara Cek Keaslian iPhone

 

Cek iCloud dan Apple ID

Satu hal yang cukup sering dilupakan oleh calon pembeli iPhone bekas adalah memeriksa apakah masih ada Apple ID dan juga iCloud dari pemilik sebelumnya. Jika masih ada, tentu saja kamu harus menghapus Apple ID dan iCloud dari iPhone tersebut.

Biasanya iPhone yang masih ada Apple ID atau iCloud di dalamnya adalah iPhone curian. Jika memang benar orang tersebut ingin menjual iPhone, harusnya orang tersebut harus menghapus Apple ID dan iCloud sebelum menjual.

Kamu bisa cek apakah iPhone bekas yang akan kamu beli tersebut adalah iPhone curian atau bukan, dengan tips yang ada di artikel ini -> Baca: Cara Cek Apakah iPhone Hasil Curian atau Bukan

 

Pastikan iPhone Resmi Indonesia

iPhone bekas yang akan kamu beli juga harus iPhone yang dulu memang dijual resmi untuk pasar Indonesia. iPhone Indonesia tentu saja akan lebih cocok dengan kompabilitas jaringan seluler yang ada di Indonesia.

Bukan cuma kompabilitas dengan jaringan operator seluler, namun juga adanya perbedaan fitur di setiap iPhone luar negeri. Kamu bisa baca selengkapnya di sini -> Baca: Perbedaan Fitur iPhone Luar Negeri

 

Cek Kondisi Fisik iPhone

iPhone bekas pasti sudah pernah dipakai oleh pemilik sebelumnya. Kita tidak pernah tahu seperti apa pemilik sebelumnya dalam memperlakukan iPhone tersebut.

Cek sampai detail apakah ada dent atau goresan di bodi iPhone, khususnya di bagian pojok-pojok. Jika ada dent, kemungkinan pernah jatuh, atau terbentur benda keras.

Jika memang terlalu banyak goresan dan lecet, kamu bisa sedikit komplain dan meminta penurunan harga. Namun hal itu tentu saja terserah kamu, apakah kamu mau beli iPhone tersebut atau tidak.

 

Cek Kelengkapan Paket Penjualan

Setiap iPhone hadir dengan paket penjualan yang dikemas dalam satu kotak. Untuk mengetahui isi lengkap dari kotak paket penjualan, kamu bisa lihat situs resmi Apple.

11 Panduan dan Tips Membeli iPhone Bekas Berkualitas
via Apple

Pada umumnya, di setiap iPhone pasti disertakan beberapa aksesoris seperti EarPods, adapter power charger, kabel data Lightning, beberapa panduan singkat, dan tidak ketinggalan stiker Apple eksklusif.

 

Periksa Semua Fitur iPhone Bekerja

Barang seken tentu saja kualitasnya sudah menurun dari waktu ke waktu, namun bukan berarti barang bekas pasti punya kerusakan. Banyak kok iPhone bekas yang semua fiturnya masih bisa bekerja dengan baik.

Beberapa fitur yang wajib kamu cek adalah kamera, Wi-Fi, bluetooth, kartu SIM, speaker, microphone, touchscreen, hingga pengisian baterai. Pokoknya cek semua sampai benar-benar yakin.

 

Uji Coba Kartu SIM, Telepon dan SMS

Sebagai salah satu produk telepon seluler, jangan lupa kalau iPhone tetap punya fungsi untuk menggunakan jaringan operator seluler. Ketika COD, bawa kartu SIM milikmu dan uji apakah iPhone bisa bekerja dengan SIM tersebut.

Meskipun cukup jarang ada kasus, namun iPhone luar negeri belum tentu juga kompatibel dengan kartu SIM di Indonesia. Jangan lupa juga untuk menguji fitur telepon dan SMS di iPhone tersebut.

 

Cek Kesehatan Baterai

Karena menggunakan baterai yang tidak dirancang untuk dilepas pasang oleh pengguna, mempertimbangkan kualitas baterai iPhone juga sangat penting. Hal ini karena baterai iPhone tetap punya usia meskipun kondisi bodi iPhone masih bagus.

11 Panduan dan Tips Membeli iPhone Bekas Berkualitas

Kualitas dan umur baterai biasanya diukur dalam beberapa indikator, seperti jumlah Cycle Count baterai atau level wear. Untuk mengecek kualitas baterai iPhone, kamu bisa coba pakai aplikasi Battery Life -> Baca: Cek Kualitas Baterai iPhone dengan Battery Life.

 

Minta Garansi

Membeli iPhone bekas tentu saja tidak akan mendapatkan garansi resmi dari Apple, jika garansi resmi sudah habis. Beruntung jika kamu membeli iPhone bekas namun masih ada garansi resmi Apple. Baca: Cara Cek Garansi iPhone dan iPad Langsung dari Apple.

Namun sebagai pembeli, kamu berhak mendapatkan garansi personal dari sang penjual. Biasanya garansi 1 minggu sudah cukup, namun kalau bisa minta garansi 1 bulan, atau lebih lama lebih bagus.

Bagaimana? Kamu punya tips membeli iPhone bekas lain yang bisa ditambahkan?

Bagikan pendapatmu di kolom komentar ya, dan jangan lupa follow akun Twitter MacPoin 😀

  Review Microsoft Edge di iOS & Android  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Bukan Fanboy :v | Follow @ajisaputrars dan Follow @MacPoin_ID di Twitter yah :* | Masih Single #kode